c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Lomba Ayam Terbang Di Situbondo


Burung terbang sudah biasa lalu bagaimana bila ada ayam yang terbang !! Nampaknya hal ini sangat menarik bukan. Bila kamu penasaran untuk melihat lomba ayam terbang, kamu bisa mengunjungi Situbondo tepatnya di pantai pasir putih Situbondo Jawa Timur.



Nama lomba ini adalah lomba ayam sap-sap, yang mempunyai arti "ayam yang terbang dari tengah laut menuju pantai". Memang ayam ini akan terbang dengan jarak yang lumayan jauh sekitar 300 meter dari tengah laut, dan ayam pun dilempar hingga mengepakkan sayapnya hingga menuju pantai.



Untuk itu para peserta biasanya memberikan ayam yang menjadi andalannya diberikan makan dan minum. Tak jarang hewan unggas itupun diberi pijatan ringan agar kuat terbang hingga garis finish, maklum saja kepakkan sayap sangat diperlukan untuk mereka terbang dari laut.

Setelah semuanya sudah siap ayam-ayam pesertapun dibawa para joki ke tengah laut dengan menggunakan perahu panitia. Kemudian ayam siap untuk diperlombakan dengan satu sesi ada lima ayam untuk terbang dari lautan lepas menuju pantai yang berjarak 300 meter. Perhitungan juaranya ayam yang paling cepat sampai di pantai itulah dia pemenangnya ya gan. Tak jarang juga ayam yang gagal menuju pantai dan mendarat di laut sudah pasti ayam itu gagal menang ya gan.



Nah bila juragan ingin mengikuti lomba, pilihlah ayam kampung betina yang beratnya ringan kemudian diperlukan waktu satu bulan untuk melatih ayam kampung betina tersebut. Pelatihan dilakukan dengan berbagai cara seperti ayunan, jantur, dan juga dilempar ke udara agar ayam bisa terbang dengan maksimal dan memenangkan perlombaan.



Sebenarnya lomba ayam sap-sap sendiri memang sudah menjadi tradisi bagi warga pesisir Pantai Pasir Putih Situbondo. Tak jarang, lomba yang digelar banyak disukai warga dan juga para traveller pastinya selain unik, lomba ayam terbang ini juga bisa menarik wisatawan. Bagaimana apakah agan tertarik mengunjungi pesisir pantai pasir putih Situbondo, siapkan jagoan agan untuk bersaing dengan peserta yang lain dan rasakan sensasi keseruannya ya gan tentunya kalau menang agan akan dapat piala.



Jangan lupa untuk menikmati kopi di tepi pantai sembari melihat mentari yang bersinar malu di ujung nirwana, monggo serupuutt gan.



c4punk@2018

https://m.liputan6.com/news/read/360...-lomba-terbang

Diubah oleh c4punk1950... 06-09-2018 12:02
1
10.9K
93
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.