Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

depata.prasetyaAvatar border
TS
depata.prasetya
Kesenian Dan Mistis Di Indonesia





Apa kabar Para Pecinta Horrordimana pun kalian berada
Semoga mereka yang tak kasat mata selalu menemani kalian.



Berhubung beberapa hari yang lalu kita telah selesai dengan Asian Games, maka tema yang akan ane bawain masih ada hubungannya nih dengan Asian Games. Bukan olahraganya, tapi tentang Indonesia, yang menjadi tuan rumah Asian Games 2018 ini.

Bersyukur kita tinggal di Indonesia, karena banyak budaya yang sangat-sangat-sangat-sangat banyak di Indonesia. Bahkan ada beberapa hal milik Indonesia yang dinobatkan menjadi warisan budaya oleh UNESCO. Salah satunya adalah wayang kulit.

Namun tak sedikit juga budaya di Indonesia yang berkaitan dengan hal mistis. Tidak heran, karena di Indonesia sendiri memiliki banyak suku bangsa yang masih menganut tentang kepercayaan yang berhubungan dengan mistis.

Disini ane akan menjelaskan sedikit saja kesenian di Indonesia dan pasti semua orang juga tau yang “mungkin” berhubungan dengan mistis.


Jathilan



Ada yang menyebutnya Jathilan, ada juga yang menyebutnya Kuda Lumping. Kalau di desa ane menyebutnya dengan Jaran Eblek. Dari dulu sampai sekarang ane masih suka nonton Kuda Lumping yang ada di desa ane ini. Selain tariannya yang bagus, menggunakan atribut yang Indonesia banget, dan yang paling ane sukai yaitu waktu sang pemain Kuda Lumping itu sendiri kesurupan.

Boleh percaya atau tidak, Kuda Lumping memang konon masih mengandung unsur mistis. Yaitu pada saat sang pemain kesurupan. Biasanya para pemain yang kesurupan memakan kembang, beling, dll. Walaupun mengandung unsur mistis, Kuda Lumping merupakan bebudayaan asli Indonesia yang paling keren deh pokoknya (Menurut ane).


Reog Ponorogo



Yang satu ini pasti juga sudah banyak yang tau. Kesenian dari Jawa Timur ini memang sangat unik dan menarik. Sebuah Reog yang sangat besar dan dihiasi oleh puluhan bahkan ratusan bulu merak yang membuat penampilan Reog Ponorogo menjadi sesuatu yang unik.

Berat Reog nya sendiri bisa mencapai 50-60 Kg lho. Hal itulah yang konon menjadikan Reog sebagai kesenian yang berusnsur mistis. Kenapa bisa begitu ? Karena seseoang penari Reog harus bisa mengangkat Reog yang berukuran 50-60 Kg hanya dengan kekuatan giginya.


Bambu Gila



Kalau yang satu ini bisa dibilang sebuah permainan lah. Permainan yang satu ini sangat asik jika dimainkan bersama-sama. Yang menjadikan permainan ini mistis karena Bambu yang harus dipegang bersama-sama ini konon katanya bisa bergerak dengan sendirinya dan mengikuti arahan di “Pawang”.

Sebelum permainan berlangsung, biasanya “Sang Pawang” akan membacakan jampi-jampi dan meng-asapi bambu yang sudah dipegangi oleh beberapa orang. Setelah itu barulah bambu tersebut bergerak dengan sendirinya, seolah-olah bambu itu hidup.


Kesenian di Indonesia memang kereeeennn banget lah. Walaupun sebenarnya ada banyak yang belum disebutin. Sebagai negara dengan budaya terbanyak ane salut sama Indonesia.




Jika ada tambahan/koreksi dalam thread ini, Komen Dibawah. Dan jika GanSist punya cerita horror yang unik versi GanSist atau ada saran untuk next thread horror selanjutnya, Komen Dibawah





Sumber : Opini Pribadi







Diubah oleh depata.prasetya 24-02-2021 03:04
0
12.2K
142
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.