Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

banyakmikirAvatar border
TS
banyakmikir
Golkar Kembalikan Uang ke KPK, Eni Saragih: Itu Duit Munaslub


TEMPO.CO, Jakarta - Tersangka kasus suap PLTU Riau-1, Eni Saragih, mengatakan uang yang dikembalikan oleh pengurus partai Golkar ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merupakan uang pembiayaan Musyawarah Nasional Luar Biasa Golkar tahun lalu. "Uang itu bukti, jika uang Rp 2 miliar itu untuk Munaslub," kata Eni usai menjalani pemeriksaan di KPK, Jumat 7 September 2018.

Baca: Pengurus Golkar Kembalikan Uang Dugaan Suap PLTU Riau-1 ke KPK

Mantan Wakil Ketua Komisi Energi ini mengatakan yang menyerahkan uang tersebut merupakan salah satu panitia Munsalub. Menurut dia, uang tersebut akan diserahkan secara bertahap. Sebelumnya, KPK menerima pengembalian uang Rp 700 juta dari pengurus Partai Golkar.

"Benar, ada pengurus Golkar yang menyerahkan uang terkait kasus suap PLTU Riau-1," kata juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi, Febri Diansyah saat ditemui di kantornya, Jumat 7 September 2018. Menurut Febri, uang itu sudah dimasukan ke materi perkara. Febri enggan menjelaskan identitas politikus Golkar tersebut. Menurut Febri, penyidik akan menelusuri rekam jejak uang tersebut.


Dalam kasus suap ini, KPK telah menetapkan tiga tersangka, yaitu mantan Menteri Sosial Idrus Marham dan mantan Wakil Ketua Komisi Energi DPR Eni Saragih yang diduga menerima berupa hadiah atau janji dari tersangka lainnya, Johannes B. Kotjo, pemegang saham Blackgold Natural Resources Limited. Perusahaan tersebut merupakan salah satu perusahaan konsorsium yang akan mengerjakan proyek PLTU Riau-1.

KPK menduga Eni menerima suap total Rp 4,8 miliar dari Johannes untuk memuluskan proses penandatanganan pembangkit listrik di Riau itu. Sedangkan Idrus Marham diduga menggunakan pengaruhnya dalam proses proyek tersebut. Pemberian uang disinyalir untuk mempermudah penandatanganan kontrak kerja sama yang akan berlangsung setelah Blackgold menerima letter of intent (LOI) pada Januari lalu.

Baca juga: Golkar Bantah Ada Duit Suap Eni Saragih untuk Biaya Munaslub

Nah, dalam beberapa kesempatan, Eni Saragih mengatakan ada uang yang diduga mengalir ke Musyawarah Nasional Partai Golkar pada akhir 2017. Eni yang juga bendahara Munaslub tidak mau merincin penggunaan uang tersebut. Namun, tersangka suap PLTU Riau-1 ini memastikan uang tersebut berasal dari Kotjo. Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto berkali-kali membantah ada uang ke Munaslub Golkar.

https://nasional.tempo.co/read/1124584/golkar-kembalikan-uang-ke-kpk-eni-saragih-itu-duit-munaslub/full?view=ok

Coba kalo itu yg kena demokrat, PKS, PAN atau Gerindra...kubu sebelah dan panastak lgs koar2, tapi krn Golkar itu pro.......ahhh sudahlahhemoticon-Big Grin
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
2.2K
12
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.