ibeb316Avatar border
TS
ibeb316
Biopic Neil Armstrong 'First Man'


Damien Chazelle menyelesaikan film 'Whiplash' pada 2014 lalu. Film itu juga yang menempatkannya dalam peta proyek film 'First Man'.

Awalnya, Damien tak begitu tertarik dengan astronot Neil Armstrong atau bahkan sejarah NASA, tetapi setelah melihat biografi James R. Hansen, tentang manusia pertama yang menginjakkan kaki di bulan dan menggali beberapa film dokumenter untuk melihat apakah ada sebuah kisah yang ingin dia sampaikan di layar, semuanya berubah.

"Saya tak tahu apa yang membuat tertarik pada titik itu. Bagaimana saya menganggapnya begitu saja untuk sebuah kisah sukses yang kita kembangkan bersama orang-orang yang berjalan di bulan," ungkapnya.

Peraih Oscar berusia 33 tahun itu punya banyak pekerjaan rumah dalam filmnya.

"Bagaimana kita mendapatkan dari 1961 hingga 1969 dari nyaris masuk ke orbit untuk berjalan di bulan? Ukurannya 32 kali dari bumi, itu adalah kekuatan yang gila. Kita bisa melihat di sebuah plot dan itu mitologis. Tiba-tba seperti Orpheus pergi ke Hades. Kita akan pergi ke tempat di mana manusia tak seharusnya pergi dan segala sesuatu tentang dunia memberi tahu kita, bahwa ini bukanlah tempat yang seharusnya dikunjungi umat manusia. Dan mereka melakukannya."

Pada awal tahun 2014 lalu, produser Josh Singer terlibat pembuatan 'The Fifth Estate' hingga 'Spotlight' Tom McCarthy. Kini Singer terlibat penggarapan biografi Neil Armstrong ini.

"Cinta pertama Neil adalah pesawat, dia adalah seorang pria pendiam tetapi dia akan berbicara secara terbuka tentang X-15 dan ada beberapa penerbangan X-15 yang liar seperti yang kami gambarkan," tuturnya.

Dalam sketsa naskah, Singer selanjutnya memusatkan perhatian pada misi Gemini 8 sebagai titik tengah, di mana Armstrong dan sesama astronot, David Scott menyelesaikan tes di orbit sebelum semuanya menjadi kacau dan misi hampir membunuh mereka berdua. Melihat hal itu, tentu saja pendaratan Apollo 11 di bulan akan menjadi akhirnya.

Armstrong menjadi atipikal setelah mendapat kisah pilu ketika kehilangan putrinya, kemudian ia menemukan beberapa sukacita setelah kembali ke NASA di Houston.

Awal film itu memang akan menggambarkan salah satu penerbangan X-15 yang mengerikan dengan segala sesuatu di dalam wahana antariksa.

Lalu, setelah itu ada pendaratan di bulan yang menakjubkan. Mereka melakukan proses perekaman gambar bulan di tambang batu granit Atlanta dengan kamera IMAX 70mm.

"Ini adalah dunia sureal, bulan, seperti planet orang mati. Keheningan pertama dan kemudian ada musik yang mengubah semuanya. Itu jadi tak familier dari apa yang telah kita lihat," ungkapnya.

Menarik sekali ya cerita itu, meski katanya ketika menonton 'First Man' kita akan dibawa ke dalam sebuah propaganda kebanggaan Amerika untuk pencapaian itu. Meski bendera Amerika terlihat cukup jelas di bulan dalam adegan terakhir film, fakta bahwa tak ada dramatisasi yang sebenarnya, begitu memicu keresahan dari para kritikus.

Directed by Damien Chazelle
Writing Credits Josh Singer
Screenplay by James R. Hansen

Cast  
Claire Foy - Janet Armstrong
Ryan Gosling - Neil Armstrong
Pablo Schreiber - Jim Lovell
Christopher Abbott - Dave Scott
Ciarán Hinds- Gene Kranz


sumber berita
0
4.3K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Movies
Movies
19.9KThread17.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.