okezahiraAvatar border
TS
okezahira
Asal Usul Aspal

Jangan Lupa Di Rate 5 Yaaaemoticon-Malu




Halo agan semua selamat datang, sebelum agan lihat THREAD ini  jangan lupa kunjungi HOT REVIEW dan SUKSES STORIES NYA di bawah ini DULU ya :





1. Istilah Sebutan "ASPAL"
Istilah aspal sendiri itu sebenarnya berasal dari bahasa Yunani kuno “asphaltos” dimana setelah itu bangsa Romawi mengubahnya menjadi “asphaltus” ribet juga yo namanya hehehe nah…dengan perkembangan yang ada, nama aspal sebelumnya telah di adaptasikan dalam bahasa Inggris menjadi “asphalt” jika di Indonesia sendiri “asphalt” kita terjemahkan dengan bahasa Aspal yang kita kenal sekarang ini.

2. Awal Mula Aspal Dimanfaatkan
Sebenarnya sejara pengguna’an aspal sendiri emang sudah dimulai sejak ribuan tahun sebelum masehi, dimana bangsa Sumeria dan Mesopotamia telah menggunakan aspal pertama kali sebagai pelapis untuk bak mandi ataupun kolam penampung air yang ada di istana ataupun kuil.

3. Kapan Sih Awal jalan Aspal Di Buat?

Spoiler for spoiler:


Sejarah penerapan aspal pada jalan sendiri dapat di telusuri kembali pada abad ke 18, dimana waktu itu seorang insinyur Inggris yang bernama John Metcalf harus membangung jalan di Yorkshire dengan panjang kurang lebih 300 kilo meteran. Komposit jalan sendiri merupakan material berupa batu besar yang di gunakan sebagai pondasi jalan, sedangkan setelah pondasi, di atasnya di lapisi dengan batu batu galian, sedangkan yang paling atas, telah di beri batu krikil sebagai penutup.

Dari metode John Metcalf tersebut telah di sempurnakan oleh Thomas Telford, dimana kala itu di tahun 1803-1821 Telfold telah membangun jalan di Skotlandia. Metode yang digunakan untuk jalan yang mempunyai panjang kurang lebih 1.500km ini merupakan penyempurna’an saja dari metode dari John Metcalf, dimana lapisan batu galian yang diterapkan Metcalf telah diganti Telfod dengan batu pecah.

Spoiler for spoiler:


4. Bahan baku Aspal apa sih ?
Minyak bumi mentah yang telah disedot dari perut bumi kemudian dimurnikan dengan cara dipanaskan. Hasil pemurnian minyak bumi bermacam-macam dan berbeda-beda kemurniannya, di antaranya gas petrolium, gasolin, dan minyak tanah. Sisa hasil pemurnian yang kemurniannya paling rendah kemudian diolah menjadi Aspal.

5. Aspal Mampu Memperbaiki Diri Sendiri
Ketika matahari bersinar terik, aspal akan mencair dan merekatkan kembali retakan-retakan kecil pada jalan. Dengan cara seperti itulah jalan beraspal memperbaiki dirinya sendiri, sehingga jalan itu dapat bertahan lama.

Oke gan sekian dari ane ya, jangan lupa ya kunjungi HOT REVIEW dan SUKSES STORIES di bawah ini buat lihat lihat cincin yang lain  :

 



 





sumber : http://cicakkreatip.com

www.myzahira.com
eja2112
eja2112 memberi reputasi
1
2.2K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.