Automotive
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
10004
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55eebf7294786846588b456a/penggunaan-oli-mobil-pcmo-hdeo-untuk-motor---part-1
Selamat datang di Thread admapower64 Join Facebook Page untuk PCMO dan HDEO user di sini Unduh Daftar Pelumas PCMO / HDEO / MCO di sini Composed and Edited by Dee santi Pada kesempatan kali ini, mari kita diskusi salah satu topik yang paling sering kita pertanyakan selama ini, yaitu, bisakah menggunakan pelumas mobil untuk mesin motor kita? Sebelum ada jawaban ya atau tidak, mari kita definisikan
Lapor Hansip
08-09-2015 17:58

Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor

Selamat datang di Thread admapower64


Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1



Composed and Edited by Dee santi


Quote:
Pada kesempatan kali ini, mari kita diskusi salah satu topik yang paling sering kita pertanyakan selama ini, yaitu, bisakah menggunakan pelumas mobil untuk mesin motor kita?

Sebelum ada jawaban ya atau tidak, mari kita definisikan arti pelumas terlebih dahulu. Pelumas adalah zat kimia, yang umumnya adalah cairan, yang diberikan diantara dua benda bergerak untuk mengurangi gaya gesek. Pelumas pada umumnya dibagi ke dalam dua jenis, yaitu mineral dan sintetis. Pelumas mineral berasal dari hasil distilasi minyak bumi, sementara pelumas sintetis berasal dari proses Fischer-Tropsch Process yang menggabungkan Hydrogen dan Carbon. Pelumas Mineral dan Sintetis menurut API atau American Petroleum Institute dibagi ke dalam lima kelompok, diantaranya adalah:
  • API Group I, Base Stock Mineral dengan teknologi proses distilasi fraksi mineral parafin, dengan teknologi tersebut, minyak bumi akan bertambah ketahanan oksidasinya dan juga menyingkirkan zat-zat yang merusak Base Stock tersebut. Proses Distillation dan Solvent Refined tersebut akan meningkatkan VI atau Viscosity Index menjadi 80 – 119, Sulphur > 0.03%, Saturates < 90%.

  • API Group II, Base Stock Mineral dengan teknologi proses sama seperti Group I tetapi ditambahkan dengan Hydrokracked Technology. Dalam hal ini, Base Stock menjadi lebih murni dan lebih mudah untuk ditambahkan additives. Salah satu merek pelumas yang menggunakan Group II Base Stock adalah Shell™ Rotella® dan Pennzoil® PureBase® Perlu diketahui, Royal Dutch Shell adalah pemilik dari Pennzoil dan Quaker State. Dengan teknologi Distillation, Solvent Refined, dan Hydrocraked, maka nilai VI atau Viscosity Index menjadi 80 – 119, Sulphur < 0.03%, Saturates > 90%.

  • API Group III, Base Stock ini digadang-gadangkan menjadi salah satu pelopor pelumas dengan Synthetic Technology yang berasal dari Mineral Oil. Teknologi ini dipakai luas oleh banyak Pabrikan pelumas SuperMajor (British Petroleum, Chevron, ConocoPhillips, ExxonMobil, Royal Dutch Shell, Total), salah satu yang paling terkenal dan fenomenal adalah Base Stock milik Suncor PetroCanada yang menyatakan bahwa pelumas mereka memiliki Base Stock yang murni. Group III sendiri sudah digantikan dengan Group III+ atau VHVI yang merupakan singkatan Very High Enhanced Viscosity Index. Teknologi proses yang digunakan adalah sama dengan Group II tetapi ditambahkan teknologi Hydroisomer, sehingga menjadikan Base Stock dengan 99% Saturasi dan 1% Aromatik. Dengan teknologi Distillation, Solvent Refined, Hyrdokracked, dan Hydroisomer, maka nilai VI atau Viscosity Index menjadi ≥120. Di pasaran dunia, Group III+ dipasarkan dengan nama Fully-Synthetic Lubricant, yang common usernya adalah SuperMajor. Ada perbedaan antara pasaran dunia dan Eropa, pasaran dunia Oli Group III+ dapat disebut sebagai Fully-Synthetic, sementara di Eropa Oli Group III+ hanya boleh disebut Synthetic Technology. Untuk membedakannya, bisa dibuka http://www.total.fr/ dimana oli yang dijual sebagian besar di luar Eropa disebut sebagai Fully-Synthetic, maka di Perancis hanya disebut Lubrifiant technologie de synthèse atau Synthetic Technology Lubricant. Di Eropa hanya Group IV dan Group V yang boleh di label dengan Fully-Synthetic Lubricant.

  • API Group IV, Base Stock ini adalah hasil katalisasi antara Hydrogen dan juga Carbon baik dengan Fischer-Tropsch Process atau proses pembentukan olefin lainnya. Base Stock ini dinamakan PAO atau PolyAlphaOlefin, disebut PAO karena bahan dasarnya adalah Olefin. Pengguna Base Stock ini sangatlah jarang, mereka yang menggunakan Base Stock ini biasanya adalah pelumas dengan kategori Top Tier atau Premium. Salah satu pengguna PAO adalah Amsoil Signature Series, Mobil 1, dan Yacco dengan jajaran pelumas Top Tier Mereka. PAO sangat sulit ditambahkan soluble additives, sehingga additives yang bisa ditambah biasanya adalah logam alkali, alkali tanah, atau logam transisi seperti Molybdenum dan Titanium. Logam alkali ditambahkan adalah supaya menambah retensi pelumas untuk menahan asam yang terbentuk saat pembakaran terjadi. PAO memiliki karakteristik yang paling unik, karena memiliki Titik Beku yang rendah hingga -53 C dan Titik Bakar yang tinggi, hingga 270 C. pelumas ini tidak mengandung sulphur karena dibuat murni dari Hidrogen dan Carbon, dan memiliki Viscosity Index di atas 140.

    PAO ini dikenal sebagai Base Stock ngambekan, alasannya adalah selain pembuatannya sulit, yaitu apabila oli dengan PAO Based akan dibuat maka bahan-bahan seperti additives pack harus dicampur sebelum menjadi oli. Seperti kita membuat cake, apabila kurang atau kelebihan bahan, maka cake tersebut tidak enak dan tidak bisa dimodifikasi. PAO juga sangat rewel apabila bertemu dengan racun sejenis Sulfur dan TEL atau Tetra-Ethyl-Lead, dan dia tidak bisa ditambah dengan post-mixed additives. PAO juga sangat licin apabila ditambahkan additive Boron Nitride sehingga sangat baik untuk mesin-mesin berbahan dasar Aluminum Silicon. Pada BMW disebut Alusil, pada Mercedes Benz disebut SILITEC, atau pada Yamaha disebut DiAsil. PAO dan Boron Nitride akan membentuk lapisan film sangat kuat dan licin, sehingga akan sangat baik untuk menambah performa mesin. Boron Nitride dan PAO tidak akan menyebabkan selip kopling, karena hanya bereaksi dengan logam Aluminum Silicon saja, tidak dengan komposit Kampas Kopling.


  • API Group V, Base Stock ini biasanya diisi oleh Ester, prosesnya sendiri adalah dengan cara katalisasi asam yang dinamakan dibasic Ester, dengan Alkohol atau CH3OH sehingga dibentuklah Ester dari hasil katalisasi tersebut. Ester biasanya digunakan untuk kompetisi karena kemampuannya untuk mempercepat pembakaran dan juga meningkatkan performa mesin, sehingga mesin balap biasanya menggunakan Ester dan atau campuran PAO dan Ester. Ester memiliki ikatan film yang paling kuat, tetapi kelemahannya adalah umur pakainya cukup singkat, sehingga hanya cocok digunakan bagi Anda yang membutuhkan oli kompetisi. Ester juga berguna untuk ditambahkan ke PAO based supaya mudah untuk di campur dengan additives. cara mengetahui adanya Ester dalam pelumas adalah dengan melihat nilai oksidasi dan TAN dari pelumas tersebut. Sifat alami Ester adalah oksidan dan asam, sehingga nilai TAN pasti ada dalam pelumas tersebut. Salah satu yang terkenal antara lain adalah Redline, Motul, dan Maxima



Quote:
Apa perbedaan pelumas untuk mesin mobil dan mesin motor?


Secara fungsi, pelumas memiliki peran yang sama, mesin motor manual memiliki gearbox dan kopling yang menyatu dengan blok mesin, sehingga pelumas untuk mesin motor konvensional harus bisa melumasi mesin tanpa merusak komponen gearbox, terlebih kopling, karena kalau terlalu licin, kopling dapat selip dan mengakibatkan terbakar. Pelumas mobil secara umum tidak dapat melumasi kopling, sehingga sangat tidak cocok digunakan kepada mesin motor konvensional.

Mesin motor matic memiliki gearbox dan kopling terpisah dari blok mesin, sehingga pelumas hanya melumasi mesin saja, tanpa melumasi gearbox dan juga kopling. Hal ini sama dengan karakteristik mesin mobil yang memiliki kopling dan gearbox terpisah.

Perbedaan selanjutnya adalah antar mesin mobil dan mesin motor adalah suhu operasional, putaran mesin operasional, volume mesin dan kapasitas pelumas, serta daya kerja operasional. Secara teoritis, suhu operasional mesin motor lebih tinggi daripada suhu operasional mesin mobil karena absennya pendinginan stabil, atau radiator pada mesin motor, meski beberapa jenis motor sudah mengadopsi radiator, tetapi terkadang hal ini sering dilupakan para pemilik, sehingga fungsinya tidak optimal.

Selanjutnya adalah putaran mesin operasional motor lebih tinggi daripada mobil, tentu saja, mesin mobil memiliki lebih dari 1 silinder dengan kapasitas minimal 250cc per silinder, sehingga untuk menjalankan mobil tidak diperlukan tenaga putaran tinggi. Semakin banyak dan semakin tinggi kapasitas mesin, maka putaran operasionalnya makin rendah. Mobil bisa berjalan 100 Kmh dengan RPM hanya 2,500 RPM, sementara motor membutuhkan lebih dari 5,000 RPM untuk berjalan pada 100 Kmh. Tetapi perlu diperhitungkan, mobil berjalan 2,500 RPM dengan kondisi Long Stroke sementara motor berjalan 5,000 RPM dengan kondisi Short Stroke ingat pelumas bekerja untuk melumasi dinding silinder, piston, crankshaft, dan valve train, meski secara teoritis beban mobil terkesan ringan, tetapi secara volumetrik pelumasan lebih besar mobil berkali-kali lipat. Dan oleh sebab itu bisa dipastikan bahwa oli untuk mobil harus lebih baik daripada oli motor.


Ilustrasi: sebuah mobil dengan kapasitas mesin 3,500cc dan berat 2,200 Kg (1997 BMW E38 735iL) berjalan dengan kecepatan 160 Kmh hanya dengan 4,100 RPM di Tachometer.
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1


Selanjutnya adalah volume mesin dan juga kapasitas pelumas. Dalam mobil berukuran mesin 1,000cc sampai 2,000 cc biasanya menggunakan 4 – 5 liter pelumas, itu berarti untuk dibutuhkan 2.5 mL pelumas untuk setiap cc mesinnya, sementara motor dengan kapasitas 100 cc – 125 cc membutuhkan pelumas 0.8 L, sehingga mesin motor membutuhkan 6.4 mL pelumas untuk setiap cc mesinnya. Hal tersebut tentu saja berpengaruh kepada tingkat retensi terhadap asam yang akan membuat pelumas cepat rusak. Secara rasio, seharusnya oli motor memiliki volumetrik lebih besar, dan itu berarti kerjanya lebih ringan dibandingkan mobil, apabila kita mengabaikan proses pelepasan panas.

Beban kerja sebenarnya tidak relevan apabila kita membandingkan motor dengan mobil, tetapi bisa kita jadikan acuan, bahwa kerja motor tidak seberat yang kita bayangkan.
  • Motor, Beban: 150 Kg | Kapasitas Silinder: 110 cc | Ratio Silinder/Beban = 0.733 (Paling ringan)
  • Mobil, Beban: 2,000 Kg | Kapasitas Silinder: 1,300 cc | Ratio Silinder/Beban = 0.65 (Moderate)
  • Truk, Beban: 20,000 Kg | Kapasitas Silinder: 8,000 cc | Ratio Silinder/Beban = 0.4 (Paling berat)

Asumsi semua kendaraan di atas di hitung termasuk pengemudi dan penumpang penuh, dari hitungan tidak relevan di atas, kita bisa simpulkan truk memiliki ratio paling berat dan motor paling ringan, sementara mobil tidak seberapa berat dibandingkan dengan truk. Ini acuan sederhana saja, sementara hitungan aslinya lebih rumit, tetapi bisa disimpulkan bahwa oli mereka bisa saling digunakan bergantian, ya bisa saling pakai tetapi memiliki limit masing-masing.


Quote:
Bisakah Pelumas Mobil Digunakan untuk Motor?


Secara umum, pelumas mesin mobil akan dapat digunakan untuk mesin motor matic, kalau untuk motor konvensional, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, karena ada karakteristik pelumas mobil yang sangat dilarang digunakan dalam mesin motor konvensional, hal yang perlu diperhatikan adalah:


Ilustrasi: Total Quartz 9000 Future GF-5 5W-30 pelumas Long Drain pertama yang diuji oleh TS hingga 10,000 Km di Honda Vario 110cc, memiliki sertifikasi yang dilarang untuk digunakan pada Motor Kopling Basah.
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1


  • Mitos Jumlah Molybdenum, banyak yang mengatakan pelumas motor konvensional tidak boleh mengandung friction modifier semisal Molybdenum atau Titanium yang bersifat melincinkan dan meningkatkan nilai fuel efficiency yang salah-salah bisa membakar kopling motor kesayangan Anda. Padahal pada kenyataannya bukan Friction Modifier yang membuat kopling motor Anda selip, tetapi Organic Additives semacam Graphite yang membuat kopling Anda selip. Jika tidak percaya, coba lihat Jumlah Molybdenum pada Motul 300V 4T bahkan jauh lebih tinggi daripada Molybdenum pada PCMO sekalipun, tetapi dari user tidak pernah ada yang mengeluh kopling-nya selip. Perlu diketahui, Molybdenum, Boron, atau Titanium hanya bereaksi dengan Logam saja, tidak dengan komposit organic yang mungkin ada di Kopling.

  • API Resources Conserving atau API Energy Conserving, pelumas dengan API Starburst pasti mengacu kepada fuel efficiency, sehingga pasti pelumas akan sangat licin dan tidak dapat melumasi dan melindungi kopling secara bersamaan. API RC/EC biasanya menuntut oli bisa digunakan dalam jangka waktu yg lama dengan state stay-in-grade, sehingga perlu banyak Organic Additives dan tidak cocok dengan komposit kopling.

  • ILSAC GF-5, tidak disarankan digunakan dalam motor konvensional, karena sifatnya sama seperti API RC/EC menjamin oli dapat digunakan dalam waktu yang lama, dan bisa menghemat bahan bakar.

  • German Approval Oil, ya seperti namanya German Approval, mengacu kepada Manufacturer Jerman, seperti BMW, VW, dan Mercedes Benz. pelumas dengan sertifikasi baru mereka tidak cocok dengan motor kopling basah, karena ditakutkan mengakibatkan selip kopling. Terlebih pelumas dari pabrikan mereka menuntut Sustain Release untuk beberapa additives dan itu bisa berdampak kepada motor dengan kopling basah.


Apabila dahulu PCMO hanya bisa digunakan untuk motor matic saja, sementara pelumas HDEO bisa digunakan di motor matic atau motor manual, kini banyak yang menggunakan pelumas PCMO untuk motor dengan kopling basah, salah satu contohnya adalah ADNOC Voyager Silver 10W-40, Pertamina Fastron Techno 10W-40, dan Pertamina Fastron Fully Synthetic 0W-50. Penggunaan pelumas mobil pada motor akan menyebabkan beberapa dampak yang mungkin positif atau negatif tergantung kepada bagaimana Anda menanganinya. Tetapi, sepengalaman saya, penggunaan pelumas mobil lebih banyak efek positif ketimbang negatif-nya. Dan kita kembali ke rumusan awal, baik PCMO, HDEO, dan MCO adalah sama-sama Hydrocarbon Based, sehingga tidak masalah apabila Anda juga mau menggunakan MCO di mobil Anda, hanya saja limitasinya tambah banyak.


Quote:
Mengapa Harus Pelumas Mobil/Diesel (PCMO/HDEO)?


Apa alasan lebih memilih Pelumas Mobil/Diesel dibandingkan Pelumas Motor (MCO)?
  • Longer Drain Interval.
  • Better Performance.
  • Better Protection.
  • Better Fuel Efficiency.
  • Low Evaporation.


Tetapi tidak menutup kemungkinan Pelumas Motor (MCO) juga melakukan tujuan utama dibuatnya thread ini yaitu Resources Saving by Longer Drain Interval Lubricant. Beberapa contoh oli yang bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama adalah, Liqui Moly 4T, Royal Purple 4T, dan Elf Campione.


Quote:
Saya sebagai TS tidak berafiliasi dengan Lubricant Manufacturer manapun, posting saya di sini netral dan tidak mendikreditkan suatu merek dan atau jenis pelumas. Pendapat dan teori saya belum tentu benar, sehingga perlu didiskusikan di sini. Saya mengundang para expert disini untuk berdiskusi bersama mengenai penggunaan PCMO dan HDEO untuk mesin motor, berikut ini rules untuk thread ini:
  • Setiap sanggahan terhadap hal teknis dan juga yang berhubungan dengan kondisi dan atau kualitas suatu pelumas dan umur pakai pelumas, harap disertakan dengan bukti empiris yang kongkret, bukan sekedar katanya atau rasanya. Hal tersebut sudah diluar dari teorema dengan tanpa bukti empiris, sehingga sanggahan tidak akan dilanjutkan.
  • Dilarang Junk, SARA, flaming, ataupun nitip lapak disini, karena disini hanya untuk berdiskusi, mohon hargai Kaskuser lainnya.
  • Do at your own risk, penggunaan pelumas PCMO/HDEO pada mesin motor agan mungkin akan berdampak buruk, sehingga sehingga resiko pemakaian pelumas PCMO/HDEO selanjutnya adalah tanggung jawab user, saya hanya menyarankan yang terbaik dari datasheet dan pengalaman.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 14 lainnya memberi reputasi
13
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
kendaraan-roda-2
Kendaraan Roda 2
4.5K Anggota • 18.7K Threads
Halaman 443 dari 476
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
06-09-2018 16:19
Mohon dibantu oli sesat untuk pemakaian motor-motor buat jualan sayur ane tiap pagi emoticon-Big Grin

1. Yamaha Jupiter MX 135 2012, KM 10.000an
2. Yamaha Mio Soul GT 2013 KM 17200an
3. Yamaha Nmax sejuta Umat 2018 KM 1 emoticon-Big Grin hehe baru cair


Keseharian hanya jalan rumah ke kantor dah gitu aja paling 30KM PP atau 50KM,

Baru mau coba untuk pengalaman pake yg sesat nih om, mohon dibantu detail merk dll ya, terimakasih

Diubah oleh ....A....
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
06-09-2018 21:01
Quote:Original Posted By deesanti

Roti oli
emoticon-Ngakak (S)

Lg bayangin gimana bentuknya
emoticon-Stick Out Tongue



Itu kalo di gigit muncrat kakaaak emoticon-Ngakak
Jangan dibayangin emoticon-Thinking

Quote:Original Posted By famch
Harga HET tuh apa gan? Serius ini kalo ada toko offline yg jual harga segitu, ane sameprin


Harga Eceran Tertinggi gan. emoticon-Big Grin
Toko online gaaan.
Di online rata-rata harganya masih 100-150an. emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By Chenichi
Gan, sis, kalo rekomendasi utk motor Matic Yamaha Lexi yg mesinnya msh sodaraan sm Aerox mending pake oli apa ya? Mumpung br jalan 40km nih motor nya... emoticon-Ngakak (S)

Udh baca 10 page ke belakang, dpt pilihan PFT, PFG, TQ9KF, Mobil 1 0w-40. Kira2 yg paling cocok yg mana ya?


Yamaha baiknya pakai SAE xW40 gan, sesuai anjuran pabrik & suhu deesanti diatas. emoticon-Big Grin
Mobil 1 0w40 bagus tuh. emoticon-Big Grin
Diubah oleh wayang007
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
07-09-2018 21:10
suhu.. minta wejanganya utk aerox 155 .
baca baca kan direkomendasi w-40 ya .
nah kira kira lbh enak mana antara TFQ 9000, sama mobil 1 ?
penggunaan motor utk ngojek jd wara wiri trus.
trims hu..
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
07-09-2018 21:28
baru nyoba TQF9 beli di bengkel AMS bekasi 103.500 rasanya ngacir bener beda sama oli motul emoticon-Ngakak padahal soul gt ane udah 90rb km nya emoticon-Ngakak bbm min 95 daridulu sih semenjak turbo keluar always 98 emoticon-Genit
0 0
0
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
08-09-2018 00:46
Quote:Original Posted By zyellow
ams itu amsoil gan? buat matic yamaha ?


Itu nama bengkel motor gan emoticon-Ngakak kalo buat motor ente cobain aja pake tqf9000 5w-30 , atau mobil 1 extended 5w-30
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
08-09-2018 08:41
Quote:Original Posted By deesanti



Dulu pas masih tinggal d BSD pake ASM macet2an jg qo
Aman2 aja
emoticon-Malu

BP = Castrol
emoticon-Embarrassment



Wogh
Aq kalo k Pasteur sering beli Total qo
Emg d Bandung cm satu
emoticon-Embarrassment

Not recommended kalo ga kebakar sempurna BBM-nya
RON98 itu banyagan Ethan
Jd kalo ga kebakar malah ngotorin oli
emoticon-Belo

Kalo masih d Bandung
Bisa kali cari seller d Tototototpedia mah
Aman lantjar djaja
Banyak penjdoeal terpetjaja qo
emoticon-Stick Out Tongue

Ah jd inget Dago
Kangen euy
emoticon-Embarrassment



Kalo beli di Tojopedia itu Castrol Edge ada yg jual mulai dr 70 - 200rb per liter sis...

Utk normal nya harga eceran di berapa ya sebenernya? Ngeri2 sedap jg liat variasi harganya... emoticon-Takut (S)
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
08-09-2018 09:58
Mohon bimbingan nya suhu sekian lama suzuki satria fu ane pake mco, rencana mau coba jalan yg tersesat untuk pertama kalinya yg rekomen sebelum pake PFD mending MSX or shell rimula ya ? Makasih
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
08-09-2018 11:44
Gan/sis kalo untuk verza 2018 cocoknya pake hdeo/pcmo ya? , Nah yang ane mau ane tanya juga kalo motor baru langsung disesatin boleh nggak ? emoticon-Bingung
Rencana ane ganti nanti setelah 500 km, sekarang masih pake oli bawaan emoticon-Big Grin

THX emoticon-Big Grin

Oiya sebelumnya ane pake pfd di jupi 2010, itulah mengapa ane pingin tetap tersesat dijalan yang benar emoticon-Malu (S)
Diubah oleh a.dit
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
08-09-2018 18:16
Quote:Original Posted By deesanti


Normalnya c d angka 180,000 - 220,000 IDR
Kalo kurang ato lebihnya aq ga tau
emoticon-Stick Out Tongue




Hahahaha.. Kalo mao rutin ganti bulanan lumayan jg ya biayanya...

Kalo turun pake PFT, dan rutin ganti tiap 3 bulanan apa ok sis? Atau lbh baik pake merk lain yg cukup terjangkau?
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
09-09-2018 22:20
mantab ane pake pft hijau, dh KM 1600an, di cek masih kyk baru euy, masih bening
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
10-09-2018 13:22
mohon ijin para suhu semua, mau nanya sekaligus minta pembenaran atas kesimpulan saya boleh?

baru kelar baca dari halaman 300 sampai akhir, saya baca-baca untuk penggunaan motor matic 155cc, kopling basah 250cc tua, dan kopling basah 600cc

apakah benar, untuk motor matic 155cc jika melihat based oli, terbaik yang dapat saya simpulkan merupakan mobil1 ultimate allaround performance 0w-40 karena masih menggunakan based PAO, dibandingkan dengan mobil1 extended performance, yang VHVI apakah pernyataan saya ini benar?

Quote:
berikut foto oli, maaf jika bwk


saya mau menanyakan, untuk oli final gear (mohon maaf untuk suhu deesanti kalau salah lagi) saya sering membaca merek redline, karena masih menggunakan based PAO, namun kalau untuk oli mesinnya sendiri saya jarang membaca (atau mungkin terlewat) orang yang merekomendasikan merek red line, mau nanya untuk pendapat suhu sekalian bagaimana oli ini dari segi base stock dan performa?

Quote:
berikut foto oli redline, maaf jika bwk



saya mau nanya pendapat suhu semua sekalian mengenai merek Vrooam, karena gak pernah dibahas disini, boleh minta pendapatnya suhu, khususnya untuk motor kopling basah?
Quote:
foto oli vroaam, ada 3, awas bwk


terimakasih sebelumnya suhu sekalian atas responnya, sukses selalu
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
10-09-2018 23:51
Quote:Original Posted By CukongG
mohon ijin para suhu semua, mau nanya sekaligus minta pembenaran atas kesimpulan saya boleh?

baru kelar baca dari halaman 300 sampai akhir, saya baca-baca untuk penggunaan motor matic 155cc, kopling basah 250cc tua, dan kopling basah 600cc

apakah benar, untuk motor matic 155cc jika melihat based oli, terbaik yang dapat saya simpulkan merupakan mobil1 ultimate allaround performance 0w-40 karena masih menggunakan based PAO, dibandingkan dengan mobil1 extended performance, yang VHVI apakah pernyataan saya ini benar?



saya mau menanyakan, untuk oli final gear (mohon maaf untuk suhu deesanti kalau salah lagi) saya sering membaca merek redline, karena masih menggunakan based PAO, namun kalau untuk oli mesinnya sendiri saya jarang membaca (atau mungkin terlewat) orang yang merekomendasikan merek red line, mau nanya untuk pendapat suhu sekalian bagaimana oli ini dari segi base stock dan performa?




saya mau nanya pendapat suhu semua sekalian mengenai merek Vrooam, karena gak pernah dibahas disini, boleh minta pendapatnya suhu, khususnya untuk motor kopling basah?


terimakasih sebelumnya suhu sekalian atas responnya, sukses selalu


Mahal bgt 255 yg all around bukannya kisaran 125-150 yak kalo yg extended 190-210an
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
11-09-2018 01:45
Quote:Original Posted By tiezz
Kok bisa masih bening gan...?
Saya pakai pft biru di vrio 2018, baru 1200an km udah coklat. Bensin minumnya Vpwr..
Kalo udah panas tarikan ga eenak bgt

Apa ada yg salah ya?

2000 km pertama pake PFG, waktu di ganti juga udah coklat bgt (hampir item)...

(Beli olinya di toda gading)

Any advice?
emoticon-Mewek


kondisi jalan mungkin beda. sering macet dan jalan lancar kan ngaruh gan
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
11-09-2018 04:40

Ikut Nanya Oli Mobil Buat Motor Honda Macan Ane?

Quote:Original Posted By asror650
Pke MDMX, MSX, PFD, R4X harga segitu yg bagus om..


Om ane mau nnya nih om ane udah coba oli shell Helix HX5 di honda macan ane lumayan sih om krn oli sisa jg dari bokap,. Nah skrng bokap pake oli pertamina Prima XP... Yah biar ngirit mksd nya sih ane mau make itu apakah no problem tidak masalah om dan ga apakah harus ane flushing dulu? Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1 Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
11-09-2018 05:10
Quote:Original Posted By asror650
Agan omytama.. Pake aja om lgsg tuang pke sampai EOL.. Ga perlu flushing karena spec helix dgn prima xp sama2 mineral..
Flushing hanya digunakan untuk mesin kendaraan yg baru, Overboss, bore up.. Itu pun digunakan krn akan bnyk paritikel2 kecil logam didalam mesin ketika msh baru digunakan..


Thanks gan info nya di subuh melek ini., jd langsung tuang aman aja Yah om... Walau yg satu bensin(gasoline) n yg udh ane pake diesel... Hehee... Kanvas Kopling aman² aja tuh Yah om maklum sering gantung Kopling... Btw EOL ntuh apaan om? Soal nya klo di tambah 'B' dpn nya wajib cebok n siram nih emoticon-Malu
Diubah oleh omytama
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
11-09-2018 08:22
harus baca berkali kali supaya paham hehe.
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
11-09-2018 14:16
Quote:Original Posted By mariogitu
Mahal bgt 255 yg all around bukannya kisaran 125-150 yak kalo yg extended 190-210an


Harga Toda om, udah keliling tokped belum nemu yang srek, ngeri mesin kenapa-napa

Btw berdasarkan logika ane dengan harga agan, berarti bagusan EP dong daripada Allaround? Ada rekomendasi bengkel jual oli yang terpercaya di Jakarta gan? Khususnya Jaksel atau Tangsel
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
11-09-2018 15:43
Quote:Original Posted By CukongG
Harga Toda om, udah keliling tokped belum nemu yang srek, ngeri mesin kenapa-napa

Btw berdasarkan logika ane dengan harga agan, berarti bagusan EP dong daripada Allaround? Ada rekomendasi bengkel jual oli yang terpercaya di Jakarta gan? Khususnya Jaksel atau Tangsel


mungkin karena laku jadi dikerek harganya emoticon-Ngakak
kalo toko oli terpercaya biasanya ane di central oil kalimalang om setelah transmart kalimalang lokasinya
0 0
0
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
12-09-2018 10:45
Quote:Original Posted By CukongG
Harga Toda om, udah keliling tokped belum nemu yang srek, ngeri mesin kenapa-napa

Btw berdasarkan logika ane dengan harga agan, berarti bagusan EP dong daripada Allaround? Ada rekomendasi bengkel jual oli yang terpercaya di Jakarta gan? Khususnya Jaksel atau Tangsel


Agan pake motor apa sekarang?
Bengkel oli yg harganya murah di Jaksel ada Express Jaya Motor di Antasari gan
Sepertinya di situ jual fastron yg 10w-40 / 5w-40
Karena isi olinya langsung dari drumnya, harga nya lebih murah gan
Mungkin sekitar Rp.65-70rb / liter
Ini artikelnya Antasari Express Jaya Motor

CMIIW
Diubah oleh TheBlindEvil
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
12-09-2018 17:18
Quote:Original Posted By Ghost08
kalo kesitu jangan beli PFT / PFG gan, langsung aja kendall GT-1 emoticon-Wkwkwk ada yang curahnya juga, ane beli 800ml cuma 70 rb an, lagi ada diskon soalnya emoticon-Wkwkwk emoticon-Wowcantik emoticon-Wowcantik emoticon-Wowcantik


Di Express jaya motor ada Kendall gan?
Wah oli impian ane nih dr jaman SMA, belom kesampean beli sampe sekarang emoticon-Ngakak (S)
Minggu lalu baru ganti Total Quartz 9000 Future GF 5w-30
Eh browsing2 di youtube ternyata ada oli curah emoticon-Ngakak (S)
Next bakal ganti oli di sana sih emoticon-Big Grin
0 0
0
Halaman 443 dari 476
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2023, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia