junleonAvatar border
TS
junleon
Gatal Terkena Ciuman Nyamuk? Atasi dengan Cara Ini
Hello, what news everybody? Selamat datang, dan selamat membacaemoticon-Blue Guy Peace



Ternyata gatal serta bentol-bentol akibat gigitan nyamukmerupakan gejala yang ditimbulkan bukan dari gigitan nyamuk loh gan, tapi akibat dari respon sistem imun tubuh terhadap air liur nyamuk tersebut. Air liur dari nyamuk sendiri memiliki kandungan kadar enzim serta protein yang melewati sistem pembekuan darah secara alami dalam tubuh Agan.

Antikoagulan tersebut langsung mengakibatkan sebuah reaksi alergi ringan pada tubuh Agan. Sistem dari kekebalan tubuh manusia akan merespon alergen dengan melepaskan histamin. Histamin mengakibatkan pembuluh darah area sekitar bekas gigitan nyamuk yang meradang, sehingga timbulah bentol merah pada kulit.

Histamin juga akan mengiritasi bebrapa ujung saraf dalam kulit serta mengakibatkan rasa gatal muncul. Banyak orang yang langsung menggaruk rasa gatal tersebut, justru semakin dijaruk makin besar juga bentolannya. Jadi usahakan tahan sejenak rasa gatal Agan dan segera cari sesuatu yang bisa meredakan rasa gatal tersebut.

Tapi apa sajakah itu? Tenang gan, ane bakal ngasih tau beberapa rekomendasi untuk meredakan atau menghilangkan rasa gatal dan menyembuhkan bentol yang disebabkan oleh nyamuk tadi. Nah, tak usah berlama-lama, berikut 6 cara meredakan rasa gatal akibat ciuman nyamuk yang bisa Agan lakukan. Cekidot :



Kayu Putih

Pertolongan awal yang paling sering dicari serta dipakai orang untuk menghilangkan rasa gatal karena gigitan nyamuk sebab bersifat antimikroba. Minyak kayu putih sendiri memiliki sifat antiseptik serta anti serangga yang tentunya dapat menghilangkan rasa gatal dan juga meredakan bengkak akibat bekas gigitan.



Minyak Kapak

Sama dengan minyak kayu putih, minyak kapak juga cocok dan bisa Agan gunakan untuk meredakan bahkan menghilangkan rasa gatal pada kulit yang diserang nyamuk. Minyak kapak juga punya kemasan botol kecil dan praktis, jadi cocok untuk pertolongan pertama untuk meredakan rasa gatal, jika kayu putih tidak ada.



Kantong Teh

Kalau Agan memang kebetulan sedang minum secangkir teh ketika digigit nyamuk, jangan langsung dibuang kantong teh yang Agan seduh. Sebab ternyata, kantong teh bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan atau meredakan rasa gatal yang disebabkan oleh nyamuk. Asam tanin di dalam kantong teh pula efektif menghilangkan bentol bekas gigitan serangga.



Lidah Buaya

Untuk yang satu ini punya sifat alami yang mampu mendinginkan, sifatnya adalah anti-inflamasi serta antibakteri sehingga mampu menyembuhkan bentol-bentol, rasa terbakar serta gatal pada kulit. Ambilah sedikit lidah buaya serta oleskan ke bagian kulit yang terkena gigitan nyamuk.



Cuka Apel

Cara lainnya adalah ambil cuka apel lalu oleskan saja pada bekas gigitan nyamuk. Cuka apel memiliki sifat asam serta anti-inflamasi, jadi sangat tepat dan bagus mengurangi rasa gatal serta bentol yang ada. Cuka apel pula baik mencegah infeksi kulit yang disebabkan seringnya gatal tersebut digaruk.



Baking Soda

Cara ampuh ini bisa dilakukan dengan bantuan baking soda. Baking soda sendiri memiliki sifat yang akan menyejukkan atau mendinginkan kulit yang bengkak serta gatal yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Hal itu karena baking soda punya komponen sodium bikarbonat yang sifatnya alkali. Baking soda pun bersifat antibakteri serta anti-infeksi, sehingga dirasa cocok guna menyembuhkan bentol bekas serangan nyamuk.



Diubah oleh junleon 17-03-2022 08:45
0
8.7K
65
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.