Kaskus PromoAvatar border
TS
Kaskus Promo
Data Scientis Profesi Seksi, Bagaimana Cara Belajarnya Yah Gan?


Data science memang menjadi salah satu bidang yang diminati pada abad 21 ini. Apalagi kalau bukan karena banyak sektor industri mulai dari bidang perbankan, telekomunikasi, marketplace hingga media massa saat ini yang terapin teknologi pendukung analisa data di dalam organisasinya. Tujuannya supaya meningkatkan kualitas produk serta pelayanan untuk konsumen dan masyarakat. Itu sebabnya, jangan heran kalau data science jadi hal yang banyak menarik minat para pecinta dunia digital masa kini ya Gan. Harvard Business Review pada tahun 2012 bahkan pernah menobatkan data scientist sebagai the sexiest job of the 21st centurykarena kepopuleran dan potensi profesi ini di masa depan.

Kamu juga termasuk pecinta dunia digital yang minat di dunia perkembangan teknologi informasi khususnya pengolahan data ini Gan? Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mulai memperdalam pemahaman, wawasan dan kemampuan kamu di bidang data science dari sekarang loh. Nggak percaya? Ini dia beberapa hal diantaranya yang bisa kamu lakukan Gan.

Kenali skill dasar yang harus dikuasai seorang data scientist



Statistik, Matematika dan Machine Learning adalah tiga skil mendasar yang harus dimiliki seorang data scientist Gan. Itu sebabnya penting untuk kamu menguasai 3 hal ini. Jika kamu belum mempelajari ini di bangku universitas, kamu juga bisa belajar dengan memanfaatkan online-online course yang berseliweran di luar sana. Kamu juga bisa mulai mengambil online course untuk memperdalam skill-skill lain yang penting dalam bahasa pemrograman.

Baca, baca, baca!



Bacalah sebanyak mungkin tentang data science lewat makalah akademis, laporan industri, buku hingga artikel. Intinya dengan banyak membaca, Agan bisa memperdalam pengetahuan tentang data science dan segala trennya.


Cari pengalaman, perbanyak latihan dan bertemu lah dengan sesama data scientist lainnya




Terkadang kita perlu untuk belajar langsung dari pakarnya atau pada sesama data scientist lainnya. Bila perlu carilah mentor atau komunitas-komunitas data science yang bisa membantumu memperdalam pemahaman dan skillmu di bidang data science ini! Salah satu cara lain yang bisa kamu lakukan misalnya adalah dengan mengikuti kompetisi atau dengan mengikuti workshop-workshop yang membahas data science Gan, seperti yang paling dekat, akan ada workshop dan roadshow Finhacks 2018 #DataChallengeyang akan dilakukan di 3 kota yaitu Jakarta, Yogyakarta, dan Bandung.

Ajang kumpul-kumpul komunitas data science ini, pertama kali diadakan di Jakarta, pada 1 September 2018 lalu di The Akmani Hotel, Jakarta. Selanjutnya akan diadakan di Yogyakarta pada 8 September 2018 di Hotel Tentrem dan terakhir di Bandung pada 15 September 2018 bertempat di Hotel Mercure. Informasi lengkap seputar Workshop Finhacks 2018 #DataChallenge bisa agan sista simak di website resminya https://finhacks.id.
.

emoticon-Toast


Tentu untuk benar-benar bisa jadi ahli dalam data science tak bisa dilakukan dalam sekejap. Perlu ada yang namanya proses belajar. Itu sebabnya jangan pernah berhenti untuk terus belajar dan mencari pengalaman di bidang data science ya Gan!



1
10.6K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.