Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wisnuharahapAvatar border
TS
wisnuharahap
Jokowi Ungkapkan Alasan Rupiah Melemah, Ini Katanya
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, pelemahan nilai tukar terhadap dollar Amerika Serikat bukan hanya terjadi terhadap rupiah saja, tetapi juga mata uang negara lain.

“Tidak hanya negara kita, Indonesia, yang terkena pelemahan kurs, tidak hanya Indonesia,” ujar Jokowi di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (5/9/2018).

https://www.rayapos.com/jokowi-ungka...lemah-katanya/

Jokowi Ungkapkan Alasan Rupiah Melemah, Ini Katanya
Menurut Jokowi, pelemahan rupiah saat ini lebih disebabkan sentimen dari eksternal, seperti kenaikan suku bunga The Fed, perang dagang antara China dan Amerika Serikat, dan krisis yang melanda Turki serta Argentina.
“Ini faktor eksternal yang bertubi-tubi. Saya kira yang paling penting kita harus waspada, kita harus hati-hati,” ujar Jokowi.
Sebagai langkah waspadanya, Jokowi akan melakukan koordinasi di sektor fiskal, moneter, industri, dan pelaku-pelaku usaha.
“Saya kira koordinasi yang kuat ini menjadi kunci, sehingga jalannya itu segaris semuanya,” katanya.
Menurut Jokowi ada dua kunci yang harus dilakukan pemerintah dalam menghadapi ini, yakni meningkatkan investasi dan ekspor.
“Sehingga kita bisa menyelesaikan defisit transaksi berjalan. Kalau ini selesai, itu akan menyelesaikan semuanya,” katanya.
“Target saya sudah saya berikan agar dalam satu tahun betul-betul ada perubahan di penyelesaian defisit transaksi berjalan,” tambahnya.
Lebih jauh Jokowi mengatakan, pemerintah sudah menerapkan penggunaan biodiesel 20 persen atau biodiesel B20. Menurutnya penggunaan biodiesel B20 dapat mengurangi impor minyak.
“Perkiraan kita ini 5 hingga 6 miliar dolar AS. Kemudian kalau CPO kita pakai sendiri untuk B20 maka suplai ke pasar turun, sehingga kami harapkan harga CPO juga naik. Ini sudah merangkak naik,” katanya.
Ia juga berulang kali menyampaikan pada sejumlah kementerian, pihak swasta maupun kepada BUMN agar lokal konten diperhatikan.
“Kalau kita bisa pakai semuanya komponen dalam negeri akan ada penghematan 2 sampai 3 miliar dolar AS,” kata Jokowi.
Sebagai informasi, kurs rupiah terhadap US dolar saat berita ini diterbitkan telah mencapai Rp 14.979 per US dolar
Diubah oleh wisnuharahap 07-09-2018 02:24
0
2.4K
32
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.