arifdoankAvatar border
TS
arifdoank
Desain Kereta Bandara di Kamboja ini Jadi Bahan Olokan
Negara-negara di Asia Tenggara terus berbenah untuk mengembangkan infrastrukturnya. Salah satunya adalah infrasruktur yang berkaitan dengan  kereta api. Hal ini dipicu karena makin padatnya lalu lintas jalan gara-gara volume kendaraan yang terus meningkat. Dengan menghidupkan dan meningkatkan jalur kereta api, akan menambah alternatif transportasi bagi masyarakat. Salah satu negara Asia Tenggara yang sedang membenahi transportasi kereta apinya ialah Kamboja.

Infrastruktur perkeretaapian di Kamboja boleh dibilang tertinggal jauh dari Indonesia. Namun negara ini sedikit demi sedikit mulai memperbaikinya. Contohnya beberapa waktu lalu Kamboja baru saja meresmikan kereta bandara yang menghubungkan pusat Kota Phnom Penh dengan Bandara Internasional Phnom Penh. Peresmiannya dilakukan langsung oleh Menteri Transportasi Kamboja dan dihadiri oleh sejumlah pejabat dari Royal Railway, perusahaan kereta api Kamboja. 



Kereta bandara yang menghubungkan Pusat Kota Phnom Penh dengan Bandara Internasional Phnom Penh (sumber : phnompenhpost.com)


Jangan bayangkan kalau kereta bandara ini memiliki fasilitas yang mewah seperti kereta bandara yang ada di Jakarta. Interiornya tidak jauh berbeda dengan interior KRL Jabodetabek. Sementara pendingin udaranya menggunakan ac split.  Berbeda dengan sebagian besar kereta api di Indonesia yang sudah menggunakan ac sentral. Satu rangkaian kereta ini terdiri dari satu kereta penumpang dan dua lokomotif yang berada dibagian depan dan belakang. 



Interior kereta Bandara Internasional Phnom Penh (sumber : railtravelstation.com)


Namun kereta bandara yang ada saat ini hanya untuk sementara. Kamboja sendiri sudah memesan 3 kereta baru yang akan digunakan untuk kereta Bandara Internasional Phnom Penh. Kereta tersebut dipesan dari Meksiko dengan perkiraan anggaran $1-$2 juta.

Saat ini kereta yang dipesan Kamboja dari Meksiko tersebut menjadi buah bibir. Bukan karena anggarannya atau yang lainnya, tapi karena desainnya.



Kereta Bandara Internasional Phnom penh (sumber : khmertimeskh.com)


Gambar diatas merupakan penampakan calon kereta Bandara Internasional Phnom Penh. Silahkan nilai sendiri seperti apa wujudnya. Banyak yang menganggap kereta ini bentuknya aneh. Desainnya kelihatan kaku dan kasar. Selain itu material yang digunakan juga kelihatan ringkih. Walhasil kereta ini akhirnya menjadi bahan olok-olokan.

Daripada Kamboja jauh-jauh pesan ke Meksiko tapi hasilnya seperti itu, mending pesan ke PT INKA saja. Memang sih produk INKA bukanlah yang terbaik, tapi setidaknya jauh lebih baik daripada kereta buatan Meksiko tersebut. 

Diubah oleh arifdoank 25-08-2018 17:37
2
55.6K
245
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.