tritmaker.copasAvatar border
TS
tritmaker.copas
Menguak Keseraman Jasa Keamanan Truk Ekspedisi




Hello Juragan..
Met Page , siang , sore , malam
Welkom Di trid Ane Nih Gan..


Pada trid ini ane akan membagikan pengalaman tentang sisi lain dari bagian transportasi di negeri kita. Dan kebetulan bidang pekerjaan ane juga di dunia transportasi yaitu sebuah perusahaan ekspedisi jasa penyewaan truk yang ada di kota Surabaya. Posisi yang ane tempati saat ini adalah staff operasional yang sudah berjalan lebih dari 7 tahun. pekerjaan ane sehari-hari adalah mengatur operasional unit (truck) dan mengatur / membagi Delivery Order(DO) pada kesetiap driver.

Dengan posisi tersebut hubungan ane dengan para driver sudah sangat dekat karena berhubungan secara langsung. Tak sedikit keluh kesah ataupun suka cita para driver dibagikan kepada ane, termasuk juga tentang "Kerasnya Jalanan" tempat para sopir mencari nafkah.

Dibutuhkan tekat dan keberanian untuk menjadi seorang sopir terutama sopir truck ekspedisi, karena ancaman berlaku setiap saat menghampiri mereka. Mulai dari kecelakaan, kekerasan dijalan hingga tindak kejahatan. Mungkin untuk kecelakaan dijalan bisa diantisipasi oleh sopir dan pihak management perusahaan ekspedisi itu sendiri, sedangkan untuk kekerasan dan tindak kejahatan dijalan siapa yang akan mengantisipasi? Karena itulah banyak perusahaan ekspedisi bermitra dengan "Jasa Pengawalan" kendati banyak pemerhati transportasi beranggapan jasa pengawalan hanyalah buang-buang biaya transportasi tanpa banyak mendapat manfaat.




Jasa Kawalan Truck

Dilihat dari namanya tentu banyak kaskuser yang memaknai dengan mudah apa itu Jasa Kawalan Truck, ya secara garis besar adalah suatu kelompok / organisasi yang menyediakan jasa penyedia jasa kawalan truk logistik yang dipimpin oleh tokoh yang cukup disegani dengan anggota ratusan hingga ribuan orang. Yang meliputi keamanan perjalanan baik crew, kendaraan dan muatan.

Mungkin juga sebagian besar kaskuser sering melihat kendaraan besar di jalan seperti kontainer, tronton, trailer di bagian badannya ada coret-coretan huruf yang terbuat dari pilox? Bisa bertuliskan singkatan huruf atau semacam kode tertentu seperti : "Gajah Oling", "Sakram", "SKRD" , "SHB" , "SBG2", "BHIRAWA", "ATT", "SCORPIO", "Semut Merah" dst. Nah tulisan-tulisan tersebut artinya truk ekspedisi itu sudah bermitra dengan pihak jasa kawalan. Truk - truk tersebut mudah sekali ditemui di Jalan Pantura atapun jalan Nasional yang biasa dilalui kendaraan besar, dimana biasanya jalan-jalan tersebut adalah jalur tengkorak ataupun daerah rawan.

Hadirnya jasa kawalan tersebut tentu karena kebutuhan dari para pengusaha ekspedisi untuk melancarkankan usaha dari gangguan yang tidak diinginkan dijalan. Walaupun ada Kepolisian, tetapi tidak dapat dipungkiri masalah keamaman dijalan sampai saat ini masih belum bisa teratasi hingga benar-benar clear, masih banyak peristiwa pencurian, bajing loncat hingga perampokan yang menimpa para sopir truk ekspedisi.

Masih banyak pengusaha ekspedisi bermitra dengan Jasa Kawalan karena Jaringan yang dimilikinya tersebut cukup luas yang biasanya diisi juga oleh para preman, mantan bajing loncat, hingga oknum yang tersebar diberbagai daerah di Indonesia. Dan biasanya orang - orang yang tergabung dalam satu jasa pengawalan memiliki postur tubuh yang besar, bermuka sangar dengan tubuh dipenuhi tatto.





Ane yakin sebagian kaskuser bertanya kenapa harus menggunakan jasa kawalan ? Kok tidak mempercayakan kepada aparat saja?

Pernah dengar kalimat "Sesama Bus Dilarang Saling Mendahului". Yah mungkin kalimat itulah yang mungkin tepat untuk menggambarkan kondisi jasa kawalan dilapangan, dimana biasanya para preman/maling akan milih-milih terhadap target incarannya. Dan para pelaku kejahatan akan mengurungkan niatnya jika mengetahui bahwa targetnya adalah mitra dari kelompok orang yang disegani. Namun jika pelaku tetap nekat biasanya akan berakhir tragis bila ketahuan. emoticon-Takut (S)

Selain itu totalitas para jasa kawalan tersebut biasanya sangat tinggi, jika ada satu kendala dilapangan yang menimpa sopir tak berapa lama bantuan akan segera datang melalui orang-orang pihak kawalan yang tersebar di berbagai daerah. Hal itu jugalah yang menjadikan para pengusaha lebih memilih bermitra dengan jasa kawalan.

Tetapi juga tidak sedikit jasa pengawalan ini layaknya jasa preman yang hanya mau uangnya saja tapi ketika ada masalah enggan untuk turun kelapangan dan biasanya malah memeras dan bikin resah sopir ekspedisi yang telah bermitra dengan kelompoknya.

Di ekspedisi tempat ane bekerja juga pernah terjadi musibah baik tindak kecelakaan lalu lintas hingga kriminal yang dialami oleh para sopir sehingga saat kejadian dibutuhkan jasa kawalan. Sebagai orang operasional tentunya ane juga berkali-kali turun langsung ke lapangan bersama orang-orang jasa kawalan tersebut dengan situasi yang tidak mengenakan.


Pengalaman Pribadi

Pernah suatu ketika salah satu truk dari ekspedisi ane terguling di jalan sehingga muatannya tercecer ke jalanan dan banyak sekali warga yang berusaha untuk mengambil muatannya dan langsung saat itu perwakilan dari jasa kawalan datang dan menghalau aktivitas warga.

Kejadian lainnya yaitu pernah suatu ketika sopir dan kendaraan beserta isinya dirampok oleh orang dan tak lama setelah jasa kawalan bertindak sopir dan truk beserta isinya ditemukan dengan selamat.

Yang paling sering yaitu kejadian pemalakan preman kepada sopir yang sedang melintas di suatu daerah, tak lama setelah aksi pemalakan yang dilakukan oleh preman kepada sopir itu dicyduk oleh orang kawalan dan si preman itu diserahkan ke kepolisian.

Selain mengamankan proses perjalanan suatu truk, jasa kawalan ini juga bisa diperbantukan saat terjadi kerusakan pada truk yang beroperasi di suatu daerah, kawalan tersebut akan berusaha membantu dan mencarikan mekanik untuk memperbaiki kerusakan yang dialami oleh truk tersebut.




Berapa Bayaran Jasa Kawalan?

Untuk bayaran para jasa kawalan itu tergantung nego antara pimpinan / bos pemilik perusahan dengan pentolan jasa kawalan tersebut. Ada yang diitung ratusan ribu per truk setiap bulan, ada yang juga borongan setiap bulan sekian puluh juta untuk semua unit kendaraan 1 perusahaan ekspedisi.

Bisa bayangkan gedenya jika bayaran 200ribu per truk perbulan seandainya jumlah armada yang dimiliki satu ekspedisi ada ratusan unit.

Tapi juga tergantung dari jenis muatannya juga, untuk produk-produk yang mempunyai harga mahal juga berpengaruh terhadap harga bayaran jasa pengawalan. Bisa bayangkan 1 kontainer berisi peralatan elektronik tentu akan lebih mahal biayanya dibanding 1 truk muatan air minum kemasan. emoticon-Big Grin

Dari cerita oleh salah satu pimpinan jasa kawalan kepada ane, uang hasil bayaran yang dikutip setiap bulannya tersebut itu akan dibagikan juga keseluruh anggotanya diberbagai daerah di Indonesia mulai dari Jawa-Bali hingga Lombok sebagai uang operasional dan uang hiburan untuk bersenang-senang. emoticon-Hammer (S)


======

Itulah gan salah satu sisi lain dari transportasi saat ini, dari bahan mentah hingga sampai dinikmati oleh kita butuh perjalanan yang cukup panjang dan berliku.

Mungkin ada yang punya pengalaman sama atau tambahan lain?


Tambahan dari kaskuser :

Quote:



sumber : tulisan sendiri
Gambar : Google Image



Diubah oleh tritmaker.copas 16-09-2018 08:16
anasabila
anasabila memberi reputasi
13
58.3K
345
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.