cobaanduniaAvatar border
TS
cobaandunia
Zorbing, Olahraga yang Bergeser Makna

Prolog



Kalau ente lagi main-main ke Dufan atau taman bermain lain kayak Taman Mini Indonesia Indah yang ada danaunya, atau sekedar di pantai tenag ada nih wahana yang namanya zorbing.

Catur aja masuk cabang olahraga yang bikin ente mikir di mana letak olahraganya bre. Tapi catur ternyata masuk dalam cabor konsentrasi. Nah zorbing ini jaga masuk cabor lho.

Zorbing  atau juga disebut globe-riding/sphereing/orbing adalah rekreasi atau olahraga bergulir menuruni bukit di dalam suatu bola. Umumnya terbuat dari plastik transparan.



Zorbing sebenarnya itu balapan juga gengs


Zorbing umumnya dilakukan di lereng, tetapi juga dapat dilakukan pada permukaan yang datar di pub dan klub di seluruh Inggris, memungkinkan kontrol pengendalian.

Zorbing hakikatnya menurut sejarah biasa memasukkan orang ke balon udara yang mana lo akan balapan menuruni bukit. Medannya belakangan ini malah banyak di air.

Meski banyak dilakukan di Inggris kala wahana ini ngetren, menurut sejarahnya zorbing lahir pertamakali ada Selandia Baru pada 1994. Zorbing awalnya benar-benar untuk ketangkasan dan biasa bermedan diperbukitan atau padang indah yang ada di sana.



Zorbing yang biasa ente temuin di Dufan, TMII, atau Kolam Renang



Dan secara harfiahnya nih, bre, zorbing basicnya itu balapan atau racing. Makanya yang beneran zorbing itu ya menuruni bukit, bukan main di air.

Kalau lo nonton hiu ganas purba dalam 'The Meg' Jason Statham, zorbing ini juga terlihat lho di bibir pantai. Cabro ini emang bergeser dari sport jadi cuma wahana rekreasi.

Masih dirangkum beragam sumber, bila tidak adanya bukit, beberapa operator telah membangun bangunan landai terbuat dari kayu atau logam. Ada dua jenis bola, harnessed dan non-harnessed. Orbs Non-harness membawa sampai tiga pembalap, sedangkan bola harness dibangun selama satu sampai dua pengendara.

Bola ganda harness memiliki persyaratan kemiringan yang berbeda, dan hanya boleh beroperasi di lokasi tertentu. Jarak tempuh sekitar setengah mil. Situs zorbing pertama kali dalam historinya didirikan di Rotorua, Selandia Baru oleh sang founder, David dan Andrew Akers.

Meski di sini zorbing cuma kelihatan buat seneng-seneng doang, ternyata zorbing masuk ke cabang olahraga beneran bre.

Salam sport dan keep healthy bre.. ane seneng kalau ente nambah wawasanemoticon-Gila

Cendol? ane mah gak nolakemoticon-Leh Uga



0
1.9K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.