Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

redhot85Avatar border
TS
redhot85
KEMBAR? Tapi koq gak mirip ya.....
Banyak kita temui, anak kembar yang sangat tidak mirip. Padahal, yang kita tau selama ini bahwa kalau kembar pasti memiliki wajah dan perawakan yang mirip 

Dalam imajinasi kita “KEMBAR” pasti memiliki arti “SAMA”
Dalam KBBI, arti kata kembar itu adalah sbb :
kembar/kem·bar/ a 1 sama rupanya (keadaannya): anak-anak kucing itu berwarna -- , kelima-limanya belang tiga; 2 dilahirkan bersama-sama dari satu ibu (tentang anak): anak -- biasanya berwajah mirip; 3 rangkap; dobel (tentang nomor kendaraan, majalah, dan sebagainya);
 
Nah, dalam thread ini ane mau sedikit ngebahas tentang Anak kembar. Baik itu kembar yang serupa maupun kembar dengan wajah dan perawakan yang berbeda.
 
JENIS – JENIS KEMBAR :

1.    KEMBAR IDENTIK (MONOZIGOT)
Bagaimana terjadinya kembar identik? Kembar identik berasal dari satu terlur yang dibuahi. Lalu telur tersebut membelah diri dan menjadi 2 janin. Karena berasal dari telur yang sama, maka kedua janin tersebut berbagi gen yang sama. Maka tidak aneh jika kembar identik ini memiliki jenis kelamin yang sama, rupa yang sama serta perawakan yang sama.

KEMBAR? Tapi koq gak mirip ya.....KEMBAR? Tapi koq gak mirip ya.....KEMBAR? Tapi koq gak mirip ya.....
 
Kembar identik ini, tidak berpengaruh terhadap keturunan. Jadi kembar identik ini terjadi secara acak. Dan dalam kehamilan kembar, telur membelah diri mulai dari awal kehamilan.
 
Kehamilan kembar identik ini, memiliki resiko yang tinggi. Karena jika telur gagal membelah diri secara sempurna, maka terjadilah apa yang disebut dengan kembat dempet (SIAM)
 
 
2.    KEMBAR FRATERNAL (DIZIGOT)
Bagaimana terjadinya kembar fraternal? Kembar fraternal berasal dari dua terlur yang dibuahi oleh 2 sel sperma. Hal ini yang membuat kembar fraternal memiliki kecenderungan yang berbeda antara 1 janin dengan janin lainnya. Berdasarkan penelitian, kembar fraternal hanya memiliki kesamaan 50% pola DNA dengan saudara kembarnya. Kondisi ini berbeda dengan kembar identik, dimana hampir seluruh gen-nya sama dengan saudara kembarnya.
 
Bahkan, kembar fraternal memiliki kemungkinan perbedaan jenis kelamin, perbedaan golongan darah serta perbedaan minat.

KEMBAR? Tapi koq gak mirip ya.....KEMBAR? Tapi koq gak mirip ya.....
 
Jenis kembar ini pada umumnya terjadi karena faktor gen atau keturunan (Lebih memungkinan keturunan dari Ibu). Dan juga faktor usia bisa mempengaruhi terjadinya kehamilan kembar fraternal ini. Ibu yang hamil diatas usia 35 tahun, memiliki kemungkinan hamil kembar 2x lipat. Karena usia yang lebih tua memungkinkan wanita untuk melepaskan sel telur lebih dari 1. Ibu yang mengkonsumsi obat penyubur kandungan juga bisa memiliki kemungkinan hamil kembar.
 
Jadi Gan, kalau dijalan ketemu dengan 2 anak kembar tapi tidak mirip jangan aneh lagi yaa, karena Berbeda dari yang mungkin banyak orang kira, kembar identik hanya terjadi pada satu dari tiga pasangan kembar. Jumlah yang lebih banyak, yaitu dua per tiga dari pasangan kembar, justru adalah kembar tidak identik.

Source Image : Google
0
5.2K
11
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.