Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Sista
  • Kisah Buruh Pabrik yang Kini Jadi Wanita Terkaya Dunia

miathermopolisAvatar border
TS
miathermopolis
Kisah Buruh Pabrik yang Kini Jadi Wanita Terkaya Dunia

Sumber: Dok. Istimewa

Siapa wanita terkaya dunia di 2018? Menurut Forbes, perempuan terkaya di dunia sekarang dipegang oleh CEO Lens Technology Zhou Qunfei. Kekayaannya bersihnya kini sekitar US$7,4 miliar (Rp 108 Triliun dengan kurs Rp14 ribu). Siapa sangka kalau Zhou dulunya miskin?

Sebelum membangun kerajaan manufaktur untuk perusahaan teknologi raksasa seperti Tesla, Apple, dan Samsung itu, Zhou pernah hidup susah. Ia sudah merasakan hidup susah ketika kecil.

Ayahnya hanya seorang pengrajin yang buta. Sedangkan ibunya meninggal dunia saat ia berusia lima tahun. Perjalanan Zhou menuju sukses sungguh menginspirasi.

Meski hidup miskin, Zhou tidak pernah menyerah. Meski demikian, wanita 48 tahun itu mengaku pernah putus sekolah ketika masih 16 tahun karena harus bekerja.

Zhou pertama bekerja di pabrik lensa. Ia bertekad ingin punya usaha sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dari uang hasil kerja ia tabung demi membangun bisnis.



Zhou pun berhasil mengumpulkan uang sekitar Rp35 juta sebagai modal pertamanya pada 1993. Kemudian wanita asal China ini membangun sebuah workshop lensa jam tangan keluarga.

Tak disangka, dalam satu dekade, ia mampu membangun pabrik lensa sendiri. Karyawannya sudah ribuan dan diklaim lebih dari 82 ribu pada 2015.

Perusahaan Zhou sudah berkembang secara global. Kini ia hanya tinggal menikmati hasil jerih payahnya. Untuk menggapai masa keemasannya ini, Zhou mengaku juga pernah hampir bunuh diri demi keluar dari masalah.

Ternyata bunuh diri bukan solusi, kunci utamanya adalah tekun, sabar, dan mampu bertahan saat ‘bada’ menerpa.

“Orang-orang sering dihantam keras terutama terhadap kepercayaan diri mereka saat mengalami masalah. Kunci agar lepas dari masalah adalah bagaimana kita bisa bertahan pada masa tersebut. Ketika kita menyerah di tengah jalan, kita tak akan memiliki keberanian untuk kembali dan memulai dari bawah lagi. Hanya ketika kita bertahan, kita akan berhasil. Jangan menyerah karena masalah," papar Zhou.



KnightDruid
tata604
aldysadi
aldysadi dan 2 lainnya memberi reputasi
3
8.3K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sista
SistaKASKUS Official
3.9KThread7.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.