Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
729
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b8a8aab9252334d118b4579/pengalaman-saya-bangun-rumah-pribadi--keluarga
Saya ingin berbagi pengalaman membangun rumah pribadi/ rumah keluarga kami yang berukuran 8mx9m dan total keseluruhan bangunannya adalah 137 meter persegi. Denah rumah kami terdiri dari:
Lapor Hansip
01-09-2018 19:48

Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga

Past Hot Thread
Saya ingin berbagi pengalaman membangun rumah pribadi/ rumah keluarga kami yang berukuran 8mx9m dan total keseluruhan bangunannya adalah 137 meter persegi. Denah rumah kami terdiri dari:

Quote:

Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga

1. Teras 1.5mx5m
2. Garasi 4mx4m
3. Ruang tamu & ruang keluarga jadi satu leter L 6mx6mx3mx3mx3mx3m
4. 3 ruang kamar tidur @ berukuran 3mx3m
5. Dapur dan ruang makan 2mx4m
6. Kamar mandi 1.5mx3m
7. Halaman belakang berbentuk seperti persegi panjang yang dipotong bagian sikunya, 3m kemudian semakin meruncing jadi 60cm x 14m (sulit banget menjelaskan dengan kata-kata) emoticon-Ngakak (S)
8. Kemudian, kami juga berencana membangun loteng di bagian gunungannya dan mendapatkan 1/3 bagian dari total luas ruangan interior
9. Halaman samping kanan 1m kemudian semakin menyusut jadi 60cmx13m
10. Halaman samping kiri 1mx10m
11. Rumah saya memiliki 13 pintu + 4 pintu utama garasi
12. 14 jendela
13. 16 titik cakar ayam
14. 10 titik cakar ayam mini



Berikut tahap pengerjaan dan rincian biayanya:

Pengerjaan Tahap l:

Quote:

Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga

1. Uruk tanah tahap l: 1.500.000
2. Batu 1 rit dan langsirannya: 1.700.000
3. Semen Tiga Roda 10x52.000: 520.000 (waktu itu musim haji, harga semen mahal sekali emoticon-Mad )
4. Pasir 1 colt: 300.000
5. Borongan tenaga pondasi benteng leter L ukuran 13mx14m: 1.000.000



Enam bulan kemudian, tepatnya pertengahan bulan maret tahun 2018, pembangunan rumah dimulai. Saya mulai sibuk menginvasi toko-toko bangunan di sekitar Secang, Magelang kota, bahkan sampai kota Temanggung, demi mendapatkan bahan-bahan dengan harga termurah tapi kualitas sama bagus. Sampai akhirnya ada beberapa toko bangunan yang mau diajak "kompromi", karena saya akan berbelanja di toko-toko itu dalam jumlah yang lumayan besar dan terus-menerus sampai project rumah selesai. Bukannya sombong, tapi saya pribadi memang pandai bernegosiasi, gak kalah sama emak-emak di pasar tradisional. Mungkin karena saya tamvan kali ya emoticon-Cool

Satu hal yang selalu saya garisbawahi sejak awal bahwa bahan-bahan bangunan yang saya butuhkan adalah bahan-bahan berkualitas baik, menengah ke atas, karena saya selalu berpikir tentang kekokohan dan keawetan bangunan rumah saya. Lebih baik mengorbankan uang sedikit lebih banyak demi barang berkualitas baik daripada beli barang murah yang kualitas abal-abal cepat rusak, karena saya berpendapat bahwa biaya perbaikan itu selalu lebih mahal daripada biaya membangun dari awal.

Pengerjaan Tahap ll:

Quote:

Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga

1. Semen Tiga Roda 60 sak 60x47.000: 2.820.000 (harga semen mengalami penurunan di musim penghujan ๐Ÿ˜˜)
2. Besi SNI ukuran 10 full 40 lonjor 40x65.000: 2.600.000
3. Bata Galwungu kualitas oke (10.000x800)+250 (ongkir): 8.250.000
4. Kayu Bangkirai ukuran 6/12 (6 lonjor: 1m, 16 lonjor: 1.5m, 10 lonjor: 2m): 3.550.000
5. Batu 2 rit: 2.900.000
6. Urukan tanah tahap ll: 2.700.000
7. Biaya angkut batu 2 rit ke lokasi: 450.000 (Jalan kavling tidak boleh dilalui truk muatan berat)
8. Pasir 2 rit: 2.800.000
9. Biaya angkut pasir 2 rit ke lokasi: 450.000
10. Cakar ayam 50x50x1 meter 16 biji: 2.000.000
11. Besi SNI 8 ulir 40 lonjor & begel 20 kg: 1.950.000
12. Bambu 10 lonjor: 70.000
13. Seperangkat alat bor Maktec: 650.000
14. Batu alam 210x2.400: 400.000
15. Cakar ayam mini 8 biji: 520.000
16. Gamping 25 biji 190.000 harga satuan: 7.500
17. Tambahan batu 2 colt: 700.000
18. Uruk tanah tahap lll: 1.300.000
19. Papan ukuran 2cm 12.000x100 (lonjor): 1.200.000
20. Blandar glugu super ukuran 4 meter 24 batang, dan ukuran 3 meter 6 batang: 3.915.000
21. Split 1 colt: 375.000
22. Uruk tanah tahap lV: 1.300.000
23. Pasir + lansir: 1.625.000
24. Urukan bata 1 colt buat sapitank: 150.000
25. Usuk kayu 30 batang (harga satuan 8.000): 30x8.000: 240.000
26. Gasblok isi 12 : 270.000
27. Loster kayu jati 60 balok dan loster bata 10 balok: 1.370.000
28. Tambahan pasir: 1.625.000
29. Bambu 15 potong: 120.000 (sampai lokasi)
30. Tambahan besi 8 ulir, 50 lonjor + 5 kg blendrat: 2.167.500
31. Tambahan besi 8 ulir, 25 lonjor, dan begel 10 kg: 1.172.500
32. Tambahan besi 8 ulir 5 lonjor: 150.000
33. Begel 8x12 20 kg: 300.000 (harga naik emoticon-Mad )
34. Usuk 40 batang, papan sengon laut 50 batang, bambu 50 lonjor: 1.300.000
35. Begel 20 kg: 280.000
36. Tambahan cakar ayam mini 2x65.000: 130.000
37. GRC 11 biji dan pakunya 1 kg: 645.000
38. Begel 20 kg: 280.000
39. Papan 50 lonjor: 650.000
40. 5 kg blendrad & 5 kg begel: 162.500
41. Tambahan semen Tiga Roda 10 sak: 480.000
42. Resplang @panjang 2 meter 120.000 x 11: 1.320.000
42. 2 set tiang penyangga: 600.000
43. Pipa Ruchika 2.5 inchi 2 lonjor + knee 2 biji: 177.000
44. Paku 3 kg: 50.000
45. Semen 10 sak: 470.000
46. Pasir 2 rit & langsirannya: 3.250.000
47. Semen Tiga Roda 45 sak: 2.115.000
48. Gasblok isi 6: 120.000 lebih murah dari toko yang dulu
49. Loster bata 7 batang: 35.000
50. Papan 20 cm 10 lonjor: 160.000
51. Kabel SNI NYM Superindo 1 roll: 300.000
52. Pralon kabel Maspion 10x10.000: 100.000
54. Besi 10 4 lonjor 65x4: 260.000
55. Besi 8 20 lonjor 42x20: 840.000
56. Pulsa listrik: 50.000
57. Tambahan resplang 1 lonjor: 120.000
58. Genteng Magas Kebumen: 3000x2150: 6.450.000
59. Wuwung 50x6000: 300.000
60. Tambahan bata 2.500x700: 1.750.000
61. Glugu Sulawesi 4 meteran 5x130.000: 650.000
62. Tambahan baut pengencang baja ringan 800 pcs x 360: 288.000
63. Pasang listrik PLN: 1.500.000
64. Kayu-kayu (daun, ram, pintu jati, suren, sengon) : 12.345.000 (KOK BISA CANTIK BANGET NOMINALNYA ๐Ÿ˜)
65. Baja ringan SNI Well Trust (usuk 66 lonjor, reng 120 lonjor, baut 560 pcs): 8.520.000
66. Duk serapan 100.000
67. Bendrat 2 kg: 35.000
68. Begel 10 kg: 140.000
69. Besi 8 psi 10x42.000: 420.000
70. Pipa Ruchika 3 inchi dan sambungan talang: 115.000
71. Loster blok cor 23x14.000: 322.000
72. Tambahan semen Tiga Roda 3x48.000: 144.000
73. Pasir 2 rit & langsiran: 3.250.000
74. Bata 1000 biji: 700.000
75. Kabel Eterna NYA 4 roll: 4x107.000: 428.000
76. Alat-alat instalasi listrik: 482.000
77. Biaya instalasi listrik 19 titik: 19x45.000: 855.000
78. Pompa air Sanyo dan alat-alat penunjangnya: 620.000
79. Tambahan semen Gresik 28x47.500: 1.330.000
80. 1 biss sumur dan 1 tiang tinggi 215cm: 425.000
81. Kloset Ina: 150.000
82. Mil 21x8.500: 178.500
83. Knee Ruchika 3 inci 2x15.000: 30.000
84. Keran Onda, Onda dobel fungsi & keran Onda wastafel: 305.000
85. Saringan kawat: 75.000
86. Wastafel Royal: 210.000
87. Begel 5 kg & bendrat 2 kg: 110.000
88. Bahan pemurni air (arang aktif, bio ring, bio ball, pasir silica kasar, dll): 195.000
89. 2 stell kunci Dekson: 600.000
90. Handle pintu stainless 4 stell: 420.000
91. Knee 1/2 inchi, stop kran, sock 3/4, knee 3/4: 60.000
92. Engsel Muller 12x48.500: 582.000
93. Gerendel tanam Elt 2x142.500: 285.000
94. Bak kamar mandi: 235.000
95. Dua stell door lock Muller 2x203.000: 406.000
96. Dempul & tinner: 44.000
97. Engsel Muller 3' (14x40.000): 560.000
98. Hak angin Otten 14x17.000: 238.000
99. Gerendel jendela Z'gerber 14x17.500: 245.000
100. Tambahan pasir 1 colt: 350.000
101. 1 stell gerendel Elt stainless panjang: 103.500 (Dapat diskon 10% karena saya tamvan ๐Ÿ˜Ž)
102. Gerendel Bellamour: 35.000
103. Tambahan semen Tiga Roda 4x49.000: 196.000 (Dasar sial, harga semen mulai naik, maklum idul ad'ha musim pembangunan ๐Ÿ˜)
104. Tambahan genteng Mbumen untuk halaman belakang (bukan genteng Kebumen ๐Ÿ˜…) 380x1.250: 475.000
105. 1 stell Alat susruk: 26.000
106. Tambahan mil bahtera 2x8.500: 17.000
107. Gerendel bawah Z'gerber: 24.500
108. Genteng kaca 5 mm 18x13.000: 234.000
109. Gerendel 2 inchi Muller 2x12.600: 25.200
110. Mata gergaji keramik bosch: 120.000
111. Kaca-kaca (17 liben biru + 4 bening): 1.400.000
112. Handle laci 2x24.500: 49.000
113. Kran Onda 2x21.600: 43.200
114. Gerendel Muller 3' & 6' 28.000x47.600: 75.600
115. Pipa Ruchika 3/4 2x30.000: 60.000
116. Pipa Ruchika 1/2 3x21.000: 63.000
117. Lem pralon: 10.000
118. Engsel Muller 4' (2x48.500): 97.000
119. Door Lock Muller: 203.000
120. Tutup lubang kunci Belleza: 2x85.600: 171.200
121. Engsel Muller 4' 3x48.500: 145.500
122. Tambahan semen 3 sak: 156.000
123. Arang aktif 4 kg: 20.000
124. Kayu Gowok (ukuran 20x200) 3x50.000: 150.000
125. Mil 16x8.500: 136.000
126. Kayu glugu 3m (12 batang), papan suren 2m (80 batang): 5.770.000
127. Door Lock Muller: 203.000
128. Stop kran biasa: 19.500
129. Engsel Muller 4 inchi, 2x48.500: 97.000
130. Bantalan amplas 2x6000: 12.000
131. Shock 3 inchi & pralon Ruchika 1 meter: 37.000
132. Besi SNI 8, 4x48.000: 192.000 (harga besi SNI 8 naik 6.000/ lonjor ๐Ÿ˜ )
133. Begel 8x15, 4 kg x15.000: 60.000
134. Pasir 1 rit dan langsirannya: 1.625.000
135. Bata 750x1500: 1.125.000
136. Kayu suren; adek (9 lonjor), blandar gluglu (8 lonjor @ 4 meter 4 lonjor, dan 3 meter 4 lonjor), papan suren (33 batang): 3.045.000
137. Engsel Muller 5x48.500: 242.500
138. Pesan pintu untuk kandang kambing (kayu salam): 325.000
139. Door lock CRD: 112.000
140. Tambahan kayu suren ukuran (12x250cm) 8 lonjor: 500.000
141. Gerendel Elt Stainless 4x57.500 (Diskon 10%): 207.000
142. Handle pintu stainless: 105.000
143. GRC 14x57.000: 798.000
144. 1 lembar galvalum 2 meter: 66.000
145. 2 paket Led philips 8 watt, 2x135.000: 270.000
146. Galvalum 3 meteran: 7x99.000: 693.000

Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga



Pengerjaan Tahap lll

Quote:
Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga

Well, akhirnya kami bisa memulai pengerjaan tahap lll, yaitu memasang keramik. Rencana awal kami ingin membeli granit untuk ruang tamu dan teras, tapi harganya sangat mahal, jadi keramik kualitas menengah menjadi pilihan yang bijak, karena budget hanya di bawah 10 juta.

1. Total harga keramik 50x50 untuk semua ruangan: 9.390.200 (include keramik dinding kamar mandi dan list)



Biaya lain-lain:

Quote:

Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga

1. Asah pasah, dudukan amplas, amplas: 70.000
2. Paku, benang, dll: 100.000
3. Papan, 10 lonjor: 75.000
4. Selamatan tradisi jawa: 400.000
5. Angkong bekas: 100.000
7. Amplop pak kyai: 50.000
8. Snack dan minuman pekerja selama proyek berlangsung 20.000x132 (hari): 2.640.000 (perkiraan rata-rata, belum dihitung hari libur pada hari tertentu)
9. Jamuan makan pagi-siang-malam (jika bawa tukang dari kampung): 30.000x132 (hari): 3. 960.000 (Saya hanya membawa 1 tukang dari kampung, yaitu paman saya sendiri).
10. Antar-jemput tukang dari kampung seminggu sekali 20.000x 22 (minggu): 440.000
11. Catut, gamping, cetok, ember, paku: 150.000
12. Ayah ambil uang: 500.000
13. Karpet 2 shof: 700.000
14. Tambahan begel 8x12 8 kg: 144.000 (sedikit lebih mahal karena beli di toko bangunan)
15. Begel lagi 40 kg: 560.000
16. Ayakan hijau 2 panjang 1.5 meter: 56.500
17. Pipa ruchika buat saluran pembuangan sapitank total: 388.500
18. Upah orang yg bantuin cari glugu tua: 100.000
19. Dandang: 75.000
20. Paku ukuran 7cm 2 kg: 33.000
21. Paku kecil 1 kg: 15.000
22. Asah pasah dll di Salatiga: 50.000
23. Tambahan ember kecil anti pecah 3 pcs: 25.000
24. Paku 5cm 2 kg, kikir: 45.000
25. Consol motif 2 pcs: 50.000
26. Paku 5 dan 7 @ 1kg: 30.000
27. Beras 2 karung: 460.000
28. Paku 3 kg: 45.000
29. Bambu 5 batang: 50.000
30. Mata gergaji gerenda 2 buah: 8.000 murahan karena yang bagus habis
31. Mata gergaji gerenda bosch 4x13000: 52.000
32. Baut baja ringan 350x400pcs: 140.000
33. Tambahan baut baja ringan 500x300pcs: 150.000 (harga mahal karena beda toko besi)
34. Kompor bakas Hitachi original Japan: 180.000
35. Selang Maspion 20 meter: 80.000
36. Cetok penghalus dinding/ acian 2 buah: 24.000
37. Saringan air kotor kamar mandi & 3 drat keran: 18.000
38. 2 ember anti pecah: 18.000
39. Drei plus: 15.000
40. Mata kikir list pintu (perpil) 2x15.000: 30.000
41. Mata pasah Fujiyama: 101.500
42. Spartpart braket list: 20.000
43. Braket amplas gerenda: 10.000
44. Perbaikan alat pasah, ganti v-belt & laker: 45.000
45. Perbaikan alat pasah lagi, ganti anker, dll: 150.000
46. Mata gergaji gerenda: 2x10.000: 20.000
47. Taspen: 15.000
48. Paku 7 cm 1/2 kg: 8.000
49. Amplas: 5.000
50. Bantalan amplas 2x6000: 12.000
51. Knee 3 inchi, 2x14.000: 28.000
52. Imra & tiner: 44.000
53. Lem fox 1 kg: 12.500
54. Paku 3 kg: 48.000
55. Amplas 8x1000: 8.000
56. Benang: 2.000
57. Semen 15x52.000: 780.000
58. Mil 24x8.500: 204.000
59. Paku usuk & paku reng @ 1kg: 40.000
60. Charter mobil ke Salatiga: 350.000
61. Clamp kabel 10: 5.000
62. Paku usuk 1 kg, braket amplas, amplas 6 pcs: 32.000
63. Paku GRC 1 kg: 23.000
64. Mata gerenda: 10.000
65. Paku usuk 2 seperempat kg & benang 2 roll: 50.000
66. Paku usuk 3 kg: 50.000
67. Kuas 4 inchi: 2x12.500: 25.000
68. Tambahan semen Holcim 2x50.000: 100.000
69. Tambahan paku, semen kiloan, dll: 50.000

Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga



Pasaran gaji tukang & kenek di wilayah saya sekitar 75.000 & 65.000 bersih. Jam kerja 08.00-16.00. Awal pembangunan, dari membuat pondasi sampai rumah berdiri, ada 4 tukang + 2 kenek aktif + 2 kenek pasif (saya dan ayah saya). Kemudian, setelah rumah berdiri, 2 kenek aktif saya berhentikan. Tahap mempercantik desain interior, hanya tinggal 2 tukang saja; ,plester, acian, membuat pintu, jendela, plafon. Terakhir, tahap finishing, masih berjalan hingga saat ini tinggal 1 tukang saja, karena dana mulai menipis emoticon-Cape d... (S)

Quote:
Gaji minggu pertama: 2.455.000
Gaji minggu kedua: 2.300.000
Gaji minggu ketiga: 2.310.000
Gaji minggu keempat: 1.900.000
Gaji minggu kelima: 1.690.000
Gaji minggu keenam: 2.280.000
Gaji minggu ketujuh: 1.660.000
Gaji minggu kedelapan: 1.320.000
Gaji minggu kesembilan: 1.730.000
Gaji minggu kesepuluh: 1.800.000
Gaji minggu kesebelas: 2.170.000
Gaji minggu keduabelas: 220.000 (libur menjelang idul fitri)
Gaji minggu ketigabelas: 1.600.000
Gaji minggu keempatbelas: 1.420.000
Gaji minggu kelimabelas: 1.670.000
Gaji minggu keenambelas: 760.000
Gaji minggu ketujuhbelas: 900.000
Gaji minggu kedelapanbelas: 1.060.000
Gaji minggu kesembilanbelas: 1.350.000
Gaji minggu keduapuluh: 575.000
Gaji minggu keduapuluhsatu: 380.000
Gaji minggu keduapuluhdua: 380.000
Gaji minggu keduapuluhtiga: 450.000
Gaji minggu keduapuluhempat: 950.000
Gaji minggu keduapuluhlima: 1.100.000
Gaji minggu keduapuluhenam: 1.125.000
Gaji minggu keduapuluhtujuh: 800.000
Gaji minggu keduapuluhdelapan: 450.000
Gaji minggu keduapuluhsembilan: 450.000
Gaji minggu ketigapuluh: 900.000
Gaji minggu ketigapuluhsatu: 300.000
Gaji minggu ketigapuluhdua: 450.000
Gaji minggu ketigapuluhtiga: 450.000
Gaji minggu ketigapuluhempat: 450.000
Gaji minggu ketigapuluhlima: 300.000
Gaji minggu ketigapuluhenam: 450.000
Gaji minggu ketigapuluhtujuh: 450.000
Gaji minggu ketigapuluhdelapan: 450.000
Gaji minggu ketigapuluhsembilan: 450.000
Gaji minggu keempatpuluh: 450.000

*) Gaji berbeda-beda setiap minggu karena absensi dan beberapa bonus



Tips:

Quote:
1. Belilah bahan bangunan yang "khusus" atau "spesialis" menjual bahan bangunan, seperti spesialis kayu, besi, baja ringan, kaca, genteng, dan lain-lain, karena biasanya harga relatif lebih murah daripada beli di toko bangunan.

2. Proses membangun rumah baru itu lumayan lama dan gak bisa langsung jadi, meskipun tersedia dana tak terbatas sekalipun. Semua butuh proses dan bertahap. Barang-barang dan bahan-bahan bangunan yang masuk cukup banyak. Selalu awasi dan cek-ricek setiap hari. Pasti ada yang namanya musibah, kecelakaan, kekurangan material, kelebihan material, bahkan kehilangan material. Selalu hitung atau cek dan ricek jumlah barang yang dibeli. Jangan lupa juga selalu simpan nota-nota anda dan pelajari lagi di rumah, karena terkadang ada saja kasir yang teledor menghitung transaksi daftar beli kita.

3. Jika teman-teman ingin membangun rumah, JANGAN PERNAH MAU BORONGAN MATERIAL DAN BAHAN, karena kita tidak akan tahu kualitas bahan yang digunakan nantinya. Borongan pun boleh, dengan catatan hanya tenaganya saja. Saran saya kalau pun mau borongan, carilah kontraktor resmi yang memiliki kantor resmi dan biasa membangun perumahan elit di kota-kota. Karena biasanya standar kontraktor resmi itu tinggi, mereka hanya menggunakan bahan-bahan berkualitas SNI.

4. Jika ingin membeli bahan-bahan bangunan sendiri, pastikan selalu bertransaksi dengan owner/ bos toko bangunan langganan anda. Hindari transaksi dengan karyawan/ kuli-kulinya, karena, terkadang karyawan di toko bangunan suka "nakal" cari untung sendiri dengan menaikan harga dari harga normal. Tapi, terkadang karyawan toko bangunan juga bisa menguntungkan pembeli dengan cara "transaksi gelap" khusus pembelian bahan bangunan dalam jumlah besar.



Galeri Foto
Quote:
Quote:
Wajah utama

Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga



Quote:
Wajah kedua/ samping

Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga



Quote:
Loteng

Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga



Quote:
Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga



Quote:
Pengacian dinding eksterior
Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga



Quote:
Garasi
Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga



Quote:
Suasana malam hari
Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga



Quote:
Hasil akhir pembangunan tahap ll
Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga



Quote:
Pasca pemasangan keramik
Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga

Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga

Kamar tidur saya di loteng
Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga





Sampai di sini dulu sharingnya, insyallah jika ada umur panjang dan rejeki lancar, nanti saya update lagi.

Semoga thread saya bermanfaat dan terima kasih atas perhatiannya.

Quote:Untuk tanya jawab lebih lanjut follow Instagram โ–บ @BEAUTYCAMPDIARY


โ˜… Tambahan dari Kaskuser โ˜…

Quote:

Quote:Original Posted By admin7 โ–บ
tadinya mau nanya total, tapi udah banyak yg nanya jd itung aja sendiri dah emoticon-Hammer (S)

PENGERJAAN TAHAP 1
TOTAL : 5.020.000

PENGERJAAN TAHAP 2
TOTAL : 111.681.500

BIAYA LAIN-LAIN
TOTAL : 12.156.500

GAJI TUKANG,KENEK,DLL
TOTAL : 31.925.000

TOTAL BIAYA PEMBANGUNAN : 160.783.000


btw nabungnya brp lama gan?
ane domisili dibandung, umur msh 22 cita cita punya rumah sendiri. tapi bikin kaya agan gini gak beli doain ya gan xD


Quote:Original Posted By WarLocK1989 โ–บ
Sbenernya detil-detil banyak sekali dalam tiap bagian yang perlu diperhatikan. misal untuk kayu saja wah udah panjang bahasan nya kemana2

Rumus Simpel Bangun Rumah itu begini kira2 :

Total Biaya = Biaya Tetap ( Bahan bangunan ) + Biaya Variabel (Biaya tukang )
karena bahan bangunan cenderung tetep anggep aja fix cost ya jadi sebagai pemilik ya kalo mau neken biaya ya di tukang sbenernya (CMIIW)

Ini seinget ane aja ya

- Jangan sampai tukang nganggur , misalnya nunggu bahan dari toko bangunan , perhatikan juga efisiensi lalu lalang pengerjaan
- Jangan sampai kebanyakan mbobok atau bobol dinding / pekerjaan. itu bikin tukang lemes
- Perhatikan tukang , kadang2 ada tukang yang culas ,milih kerjaan yang ringan-ringan , itu bikin ga harmonis
- Cari sendiri bahan sama material, sales yang dateng kebanyakan bukan resmi toko


Diubah oleh luca.erillia.27
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gustav45 dan 62 lainnya memberi reputasi
61
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga
03-09-2018 13:27
Balasan post longneversee
Quote:Original Posted By longneversee โ–บ


Yg ane bold kemahalan, pasaran borongan ane di bali aja sampai bahan 3.5jt-3.7jt itupun materian udh bagus banget (asumsi disini materialnya mahal). 18m2 paling kena sekitar 60-70jt. Karena ane arsitek ane kasi free gambar + 3d penjabaran asal pake jasa borongan ane.

Ane banyak punya klien yg korbannya macem yg agan ceritain. Semuanya karena takut nyari kontraktor + suka ditakut2i ama mandor kalau kontraktor itu mahal. Padahal udh Gambar + konsultasi RAB jdinya ad hitam diatas putih spesifikasi yg tertera. Tukang brani ubah konsep? Langsung kick out.

emoticon-Ngakak


ane quote yg ini gan...

ane ada tanah lokasi lombok... mw bikin rmh 4 kamar cuma udah ada pondasi,,,dulu beli bekas tempat usaha pembuatan roti..jd cuma bangunan kosong bahan batako n msh pake atap seng,,rencana mw bikin rumah dri bgunan itu...

punya website ato kontak gitu gak gan,,,,??? kbtulan lagi nyari jasa2 borongan gitu...
0 0
0
Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga
03-09-2018 13:31
ane juga alhamdulillah lagi ngebangun gan daerah bogor , ukuran tanah 100m persergi . maaf , agan buat rumah dengan ukuran 137m persegi kira" habis biaya berapa yaah ? soalnya ane lagi tahap ngumpulin uang lagi ( pembangunan ane pending karna kurang biaya emoticon-Frown ) .
0 0
0
Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga
03-09-2018 13:39
Quote:Original Posted By superkawaii โ–บ
ane quote yg ini gan...

ane ada tanah lokasi lombok... mw bikin rmh 4 kamar cuma udah ada pondasi,,,dulu beli bekas tempat usaha pembuatan roti..jd cuma bangunan kosong bahan batako n msh pake atap seng,,rencana mw bikin rumah dri bgunan itu...

punya website ato kontak gitu gak gan,,,,??? kbtulan lagi nyari jasa2 borongan gitu...


Website belum ad gan, ane baru lepas dri perusahaan orang 2 tahun lalu. Skarang meniti perusahaan sendiri bru 2th.
Kontak by PM aja gan, kalau domisili bali bisa ketemu juga.
emoticon-Shakehand2
0 0
0
Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga
03-09-2018 13:40
Cara cepat, udah punya tanah, sertifikat sekolahin tu di bank sebelah. Tinggal nyicil, nabung dlu keburu tanah sama material tmbh mahal gan. Wkekekeee
0 0
0
Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga
03-09-2018 13:44
wah mantep bgt gan. jdi pngen jg nih. ijin jejak yak emoticon-Malu (S)
0 0
0
Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga
03-09-2018 13:55
emoticon-Hansip
0 0
0
Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga
03-09-2018 13:56
Balasan post sagutumbuk
"buka mata ... dan hatimu.. relakan semuaaaaaaaa "

padi - semua tak sama

wkwk
0 0
0
Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga
03-09-2018 14:03
Quote:Original Posted By velyshredder โ–บ
Mantap gan.... ane juga baru bangun rumah...

ini rincian biaya bangun rumah ane....
Bensin menuju tempat rumah 50 rb
Bayar developer buat bangun rumah 1.5 M
Makan siang pulang dari tempat developer 15 rb

insya allah november ane mulai tempati...
Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ KeluargaPengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ KeluargaPengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga

Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga

Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga


ini sumpah detilnya kelas dewa, sayang gak disebutin di mana beli bensin n makan siangnya. terus nambah kerupuk ato gk pas makannya
emoticon-Ngakak
0 0
0
Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga
03-09-2018 14:14
Balasan post admin7
Quote:Original Posted By admin7 โ–บ
tadinya mau nanya total, tapi udah banyak yg nanya jd itung aja sendiri dah emoticon-Hammer (S)

PENGERJAAN TAHAP 1
TOTAL : 5.020.000

PENGERJAAN TAHAP 2
TOTAL : 111.681.500

BIAYA LAIN-LAIN
TOTAL : 12.156.500

GAJI TUKANG,KENEK,DLL
TOTAL : 31.925.000

TOTAL BIAYA PEMBANGUNAN : 160.783.000


btw nabungnya brp lama gan?
ane domisili dibandung, umur msh 22 cita cita punya rumah sendiri. tapi bikin kaya agan gini gak beli doain ya gan xD



keitung masih murah kalo abis segituemoticon-Wow
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga
03-09-2018 14:41
Nice sharing gan, ane jg masih awam buat masalah bangun2 rumah gini takut di boongin soalnya ane baru beli tanah jg dan akan seperti ini bngun rumahnya sendiri, biasa gan karena menghindari kpr yg mencekik ๐Ÿ˜
0 0
0
Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga
03-09-2018 14:48
ane ingat pas emak sama bapak ane bangun rumah, bangunya dicicil, pernah tinggal di 1 kamar yang dibikin jadi dulu yg lainya bertahap ngerjakannya
0 0
0
Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga
03-09-2018 14:48
arsitek dadakan emoticon-Ngacir
0 0
0
Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga
03-09-2018 14:56
Quote:Original Posted By luca.erillia.27 โ–บ
Bukan laporan, tapi cuma berbagi pengalaman biar orang-orang yang baca thread saya dan punya niatan bangun rumah gak kena tipu oknum pemborong abal+abal.

Awalnya, saya gak ada niatan untuk posting di kaskus, pengen posting di blog pribadi saya aja. Karena apa? Karena kaskus forum besar, banyak kaskuser dari berbagai latarbelakang, mulai yang bodoh banget sampai yang pinter banget ada di mari.

Ente kyaknya sinis bgt dengan thread saya? Apa jangan-jangan ente seorang pemborong yang takut dapur gak ngebul gegara thread saya?

Soalnya tadi saya cek kulkas ada yang lempar bata merah, kebetulan banget sih stok bata saya sudah habis emoticon-Ngakak



Desain interior industrial mksudnya gmn? Malah gak paham saya.



Bahan bangunan yg bagus banyak definisi dan ciri-cirinya gan.

Bahan apa dulu ini?

Contoh pasir ya, pasir yg berkualitas bagus itu yang kadar lumpurnya sedikit.

Genteng, yang bagus kalo diinjak gak pecah, kayak genteng sokka kebumen. Lebih mahal daripada genteng press biasa, selesih bisa setengah harga.

Bata, ada juga kelas-kelasnya. Yang bagus matang sempurna, malah ada yg keras bgt dipaku aja gak mempan.

Kayu, yang bagus ya kyak kayu jati, kayu bangkirai... itu aja ada kelas kelasnya.

Besi, banyak jenis, merk, diameter, dan kekuatannya.

Belum lagi bahan bahan asesoris pintu, seperti door lock, engsel, dll... banyak merk yg beredar di pasaran, menawarkan desain elegan dan material yg berkualitas.

Dan masih byk lagi yang lain.



Gak ada gan, karena ini tanah di kabupaten. Mau pke IMB atau gak, gak ada yg ngusik di sini. Paling banter cuma ngasih uang saksi untuk pak RT pas beli dan balik nama tanah menjadi atas nama saya. Itu pun sebenarnya gak wajib. Karena kalo kita beli tanah itu, urusannya cuma antara kita sendiri, penjual tanah, BPN, dan notaris.



Harga tanah di daerah/ kabupaten di pulau jawa itu relatif sama gan.


jangan suudzon bro.. ane gapernah lempar bata sembarangan.. emoticon-Peace

ane cuma ikut seneng aja, selanjutnya becanda sesama kaskuser.. gitu doang emoticon-Smilie
Diubah oleh Boyz.
0 0
0
Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga
03-09-2018 15:08
kalau modal kuat sih mending bikin sendiri memang.. tp ya gitu.. mana cukup modal seuprit.. emoticon-Sorry
kelamaan nunggu malah ga punya" rumah & harga properti makin naik emoticon-Frown
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga
03-09-2018 15:27
Quote:Original Posted By ndalemniti โ–บ
Kayak bikin kandang kambing tong
emoticon-Leh Uga


Mksd lu kandang emoticon-babi tempat tinggal lu? emoticon-Wakaka
2 3
-1
Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga
03-09-2018 15:48
biaya tukang tanduk kok gak dihitung bosku emoticon-Shakehand2
0 0
0
Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga
03-09-2018 16:04
nice share gan
ane komen dulu, kali aja ntar ane bangun rumah
emoticon-Recommended Seller
0 0
0
Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga
03-09-2018 16:31
semoga lancar pengerjaannya gan.
0 0
0
Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga
03-09-2018 16:42
dilampung rata2 semen 55/sak
agak mahaln brati kalo ddsini
tanah uruknya yg sabes atau merah gan, dsini 180 sabes
0 0
0
Pengalaman Saya Bangun Rumah Pribadi/ Keluarga
03-09-2018 16:44
Balasan post laiber
Quote:Original Posted By laiber โ–บ
kalau modal kuat sih mending bikin sendiri memang.. tp ya gitu.. mana cukup modal seuprit.. emoticon-Sorry
kelamaan nunggu malah ga punya" rumah & harga properti makin naik emoticon-Frown


iya seidem ane gan, mau nyicil takut kecekek 20tahun emoticon-Wow

0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia