wisnup451rAvatar border
TS
wisnup451r
7 Penulis Asal Indonesia Yang Karyanya Diterjemahkan Untuk Dunia #IniIndonesiaku


Quote:


Selain ditentukan oleh pengalaman, kualitas hidup manusia itu ditentukan oleh seberapa banyak ia membaca buku. Pepatah bilang kalau "buku adalah jendela dunia", maka didalam buku, kita akan memperoleh pengetahuan untuk maju. Dan tentunya kita harus bangga bahwa sejak dahulu orang-orang Indonesia dikenal gemar akan ilmu pengetahuan. Buktinya tidak sedikit dari penulis asal Indonesia dibawah ini yang hasil karya nya sampai diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa di dunia. Wah, siapa aja sih mereka? let's cekidoot gan!
•—∫—•
1. Pramoedya Ananta Toer


©id.wikipedia.org

Pramoedya Ananta Toer adalah penulis angkatan 1950-an di Indonesia. Beliau lahir di Blora dan meninggal di Jakarta pada usia 81 tahun. Puluhan karya tulis dilahirkannya dalam bentuk cerpen,essai dan novel. 41 diantaranya telah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa asing!. Ananta Toer bahkan menjadi sastrawan Indonesia yang mendapat segudang penghargaan dari luar negeri. Akan tetapi, beliau dikenal luas sebagai golongan sayap kiri. Dan itu membuat pemerintah melarang peredaran seluruh bukunya di Indonesia. Apalagi pada saat itu, anggota Lekra di duga terlibat dengan gerakan 30 september. Akhirnya lembaga tsb dilarang bersamaan dengan dilarangnya Partai Komunis di Indonesia. Ketika dirinya di asingkan ke pulau buru beliau tetap tekun dalam menulis hingga mampu menerbitkan sebuah novel yang diberi judul "Bumi Manusia"

2. Taufik Ismail


©id.wikipedia.org

Taufik Ismail lahir di Fort De Kock, sumatera barat. Ia merupakan putera seorang ulama dan dikenal sebagai penyair tersohor di Indonesia, puisi-puisinya telah banyak di terjemahkan kedalam berbagai bahasa di dunia. Ciri khas puisinya syarat akan motivasi, hikmah dan kritik. Maka tak heran bila beberapa negara seperti Cina dan Rusia turut mengundang beliau selaku tamu kehormatan.

3. Mochtar Lubis


©id.wikipedia.org

Agan pernah membaca novel "Jalan Tak Ada Ujung?" atau "Senja di Jakarta" ? dua novel karya penulis ternama asal Padang ini telah diterjemahkan ke dalam bahasa inggris lho oleh para penulis di eropa. Tapi apa yang harus dihadapi dalam hidupnya hampir sama seperti Pramoedya, beliau dijebloskan ke penjara selama 9 th lamanya oleh pemerintah hanya karena berseberangan dengan sikap kepemimpinan seorang kepala negara. Karena sebelumnya ia kerap kali menyampaikan kritik secara tegas dan terbuka melalui surat kabar harian Indonesia Raya yang ia dirikan sendiri pada masa itu.

4. Ahmad Tohari


©writersunlimited.nl

Menurut sasus beberapa portal media , Ahmad Tohari berteman baik dengan Gus Dur. Beliau adalah seorang santri yang menggeluti dunia jurnalistik, tapi beliau juga mengenyam pendidikan tinggi di UNSOED. Disamping itu, pengarang kelahiran Banyumas ini telah menciptakan berbagai karya tulisnya. Mulai dari menulis majalah, cerpen sampai novel. Dan salah satu karya triloginya yang berjudul "Ronggeng Dukuh Paruk" telah diterbitkan dalam bahasa Jepang , Jerman, Belanda dan Inggris.

5. Andrea Hirata


©tamanbahasaindonesia.blogspot.com

Aqil Barraq Badruddin Seman Said Harun atau yang biasa kita kenal sebagai Andrea Hirata adalah novelis Indonesia tersukses pada dekade pertama di abad ke-21. Karya pertamanya yang berjudul "Laskar Pelangi" telah diterbitkan di negara-negara belahan dunia seperti AS, Australia, New Zealand, India, Pakistan, Bangladesh, Srilangka, Nepal, Jepang, Jerman, Belanda, Spanyol, Italia, Turki, Brasil, Korea, Malaysia, Tiongkok, Taiwan, Vietnam, Portugis, Hungaria, dan Spanyol. Berkat kejeniusannya itu Hirata pernah mendapat beasiswa dari Uni Eropa dan mengambil program master di Eropa (Prancis & Inggris) dan kini ia telah lulus cumlaude serta mendapat perhargaan bergengsi dari kedua universitas tsb.

6. Eka Kurniawan


©nina subin via ndbooks.com

Eka Kuniawan adalah penulis asal Tasikmalaya yang menamatkan pendidikan tinggi nya di UGM. Beberapa karya novel yang berjudul "Cantik Itu Luka", "Lelaki Harimau", "Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas" serta beberapa catatan pendek lainya telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Swedia dan Jepang. Namun yang paling menarik menurut ane adalah dia pernah membuat skripsi dengan judul "Pramoedya Ananta Toer dan Sastra Realisme Sosialis" lalu hasil penelitian ilmiah itu diterbitkan sebanyak tiga kali dalam bentuk buku oleh beberapa perusahaan penerbit yang berbeda.

7. Achdiat Karta Mihardja


©id.wikipedia.org

Sebagai seorang yang berpendidikan di bidang sastra dan pernah menjadi dosen di Fakultas Sastra Universitas Indonesia. Sepertinya memang patut bagi beliau untuk menciptakan suatu karya tulis yang luar biasa. Berberapa karya tulisnya selalu mendapat penghargaan dari dalam maupun luar negeri. Bahkan "Ateis" yaitu roman yang pertama kali ia karang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Melayu dan Inggris sebagai bagian proyek UNESCO Collection of Representative Works.


Wah gimana guys.. keren banget kan mereka. Mereka semua telah membuktikan kepada generasi muda kalau kecerdasan itu tidak ditentukan oleh suatu ras tapi ditentukan oleh ilmu pengetahuan. Siapapun yang hidup bernegara maka wajib baginya menuntut ilmu setinggi-tingginya dan setiap bangsa yang berilmu pasti akan menjadi bangsa yang berjaya. Jika mereka yakin Indonesia bisa!
mengapa kita tidak? ayo maju Indonesia!

emoticon-I Love Indonesia emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star

by: Wisnu P451R
~Sebuah Kata, Sebuah Gaya~

Referensi: Google.com

m.brilio.net

Wikipedia Bahasa Indonesia



Diubah oleh wisnup451r 12-08-2018 10:32
sposolo
sposolo memberi reputasi
6
17K
128
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & XenologyKASKUS Official
6.5KThread10.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.