• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Portal Menakjubkan Untuk Menuju Ke dunia Lain Ternyata Ada Di Pegunungan Vietnam

ngemisilmuAvatar border
TS
ngemisilmu
Portal Menakjubkan Untuk Menuju Ke dunia Lain Ternyata Ada Di Pegunungan Vietnam
Pada tahun 1991, seorang petani Vietnam menemukan sebuah gua bawah tanah Yang belum pernah dieksplorasi di Phon Nha-Ke Bag National Park. Ternyata itu adalah portal menuju "dunia lain".

Gua ini dikenal sebagai Hang Son Doong, gua terbesar di dunia.



Sejak muda, pria lokal bernama Ho Khanh sering menghabiskan waktu berminggu-minggu tinggal di hutan Phong Nha-Ke Bang, mencari makanan dan kayu bakar untuk untuk dijual.

Ho Khanh tak sengaja menemukan sebuah lubang di tebing batu kapur dan memutuskan untuk menyelidikinya.

Saat ia mendekati lubang itu, ia melihat awan mengepul dari pintu masuk, dan terdengar seperti suara aliran sungai yang deras dari suatu tempat di dalam gua. Namun, tiupan angin terlalu kuat dari dalam gua, ia memutuskan untuk tidak melanjutkan rencananya masuk ke dalam gua. Pada saat ia kembali ke rumahnya beberapa hari kemudian, ia lupa lokasi yang tepat dan tidak lagi berpikir tentang gua itu.

Pada tahun yang sama, dua anggota British Cave Research Association (BCRA), Howard dan Deb Limbert, juga sedang melakukan ekspedisi gua di daerah tersebut.

Howard dan Deb yang tertarik dengan kisah Ho Khanh dan mencoba dan menemukan kembali gua itu. Setelah banyak usahanya yang gagal, mereka mulai berpikir gua yang sulit dipahami itu mungkin telah hilang di hutan selamanya.

Pada tahun 2008, Ho Khanh melakukan pekerjaan sehari-harinya, dan beruntungnya ia menemukan gua misterius itu lagi dan segera mencatat jalan untuk sampai ke sana.

Pada tahun 2009 ia memimpin Howard, Deb dan tim profesional kembali ke gua it. Untuk sebuah ekspedisi pertama yang memasuki apa yang kemudian dikenal sebagai Hang Son Doong, atau "Mountain River Cave".



Tapi mereka tidak pernah siap untuk menemukan pemandangan seperti di bawah. Itu adalah portal ke dunia baru!

Sebelum datang ke gua, diperlukan tali untuk turun 262 kaki ke bawah.



Hang Son Doong memiliki panjang lebih dari 5 km, dengan tinggi mencapai hingga 200 m dan lebar 150 m.



Gua ini cukup besar hingga memiliki sungai sendiri, hutan, dan iklimnya. Gua ini layak disebut sebagai hutan miniatur utnuk rumah bagi kelelawar, burung, monyet dan banyak lagi.



Gunung luar biasa dengan fauna cantik sungai hijau terang masing-masing datang dengan pantai mereka sendiri!



Dibentuk di tepi zona sesar, Hang Son Doong telah diukir oleh Rao Thuong, sungai perkasa yang mampu mengikis batuan kapur, membentuk terowongan besar di bawah pegunungan Annamite. Stalagmitnya memiliki tinggi hingga 80 m tinggi, tertinggi dari yang pernah ditemui di gua lainnya, juga dapat dilihat di dalam gua.



Dengan total volume yang diukur dari gua Son Doong sekitar 38,5 juta meter kubik, tentunya itu melampaui Gua Rusa yang ada di Malaysia, yang sebelumnya dianggap sebagai gua terbesar yang ada di dunia.


Sumber: www.dailymail.co.uk/travel/article-2663592/Photographer-captures-stunning-views-worlds-biggest-cave.html
2
32.6K
106
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.