Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nyai.dasimah99Avatar border
TS
nyai.dasimah99
Prestasi Indonesia di Asian Games 2018 Bukan Sukses Semu
Prestasi Indonesia di Asian Games 2018 Bukan Sukses Semu

Justru aneh bila tuan rumah tidak piawai memilih cabang olahraga andalan yang bisa mendongkrak raihan emas mereka di papan klasemen.

Raihan 31 emas memang akan sulit diulangi Indonesia di edisi-edisi Asian Games yang akan datang. Namun bukan berarti sukses prestasi Indonesia di Asian Games akan menguap begitu saja seiring hilangnya status tuan rumah empat tahun ke depan.

Ada cabang-cabang olahraga yang bisa diharapkan untuk menjadi tambang medali ke depannya. Selain bulutangkis dan angkat besi yang bisa bersaing di level Asia atau bahkan dunia, ada cabang lain yang bisa diharapkan di masa depan.

Panahan membuktikan mereka bisa tampil kompetitif. Diananda Choirunisa meraih medali perak, sedangkan Riau Ega mendapatkan medali perunggu. Pencapaian itu membuktikan atlet panahan Indonesia bisa bersaing dengan Korea Selatan yang sering dominan di cabang ini.

Dengan program latihan yang tersusun rapi dan banyaknya turnamen yang diikuti, Tim Panahan Indonesia punya potensi untuk memberikan medali di Olimpiade 2020.

Cabang olahraga karate dan taekwondo juga mampu membuktikan diri bisa meraih medali emas di Asian Games. Defia Rosmaniar (taekwondo) dan Rifki Ardiansyah (karate) yang masih berusia muda juga jadi indikasi atlet-atlet bela diri bisa bersaing di tingkat Asia.

Tim tenis Indonesia juga memberikan bukti bahwa Indonesia juga bisa berjaya di 'cabang Olimpiade'. Sukses Christopher Rungkat dan Aldila Sutjiadi memenangkan nomor ganda campuran adalah bukti Indonesia bisa kembali berprestasi di cabor tenis pada kawasan Asia seperti dua dekade lalu dan sebelumnya.

Tim sepak takraw mampu membuat sejarah dengan catatan emas pertama di Asian Games sejak sepak takraw mulai dipertandingkan pada 1990.

Cabang olahraga atletik juga memiliki masa depan yang menjanjikan bagi Tim Merah Putih. Pasalnya, tim estafet putra yang meraih medali perak di nomor 4x100 meter putra bermaterikan pelari-pelari muda. Ada Lalu Muhammad Zohri yang berusia 18 tahun serta Bayu Kertanegara 20 tahun. Usia 23 tahun milik Eko Rimbawan juga termasuk kategori yang bisa berkembang lebih jauh lagi. 

Total ada 24 cabang olahraga yang berhasil memberikan medali yang berarti banyak potensi yang bisa dikembangkan untuk persiapan multi event lainnya, mulai dari SEA Games, Asian Games, dan Olimpiade.

Meski level SEA Games lebih rendah, namun Indonesia harus memperbaiki catatan posisi kelima dengan 38 emas, 63 perak, dan 90 perunggu pada SEA Games 2017 di tahun depan. Karena itu pemusatan latihan atlet-atlet pasca Asian Games harus terencana dengan baik dan benar.
Prestasi Indonesia di Asian Games 2018 Bukan Sukses Semu
Sedangkan untuk Asian Games 2022, jelas catatan 31 emas yang didapat saat ini tidak bisa dijadikan tolok ukur untuk mengukur sukses empat tahun ke depan.

Akan ada cabang olahraga yang tidak bisa lagi memperjuangkan emas untuk Indonesia lantaran tak dipertandingkan. Barometer sukses Indonesia bisa diukur dengan perbandingan emas Asian Games 2014.

Dengan Indonesia mampu meraih medali emas lebih banyak dibandingkan 4 emas, plus mendapat medali lebih banyak dari tahun 2014 [10 cabor], maka itu bisa jadi indikator kesuksesan kontingen Indonesia.

Untuk mewujudkan ambisi tersebut, Indonesia telah berhasil membuat fondasi kukuh dengan prestasi yang diukir saat ini. Jelas, sukses Indonesia tahun ini bukan sekadar sukses semu tuan rumah, namun tentunya dengan syarat pembinaan tetap berlangsung konsisten di tahun-tahun mendatang.

Prestasi Indonesia di Asian Games 2018 Bukan Sukses Semu

Prestasi Indonesia di Asian Games 2018 Bukan Sukses Semu

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia

Meskipun dicaci maki, di sepelekan, di hina.... Kalo "Emas" tetaplah "Emas"


Ayooo bersaing dengan prestasi bukan caci maki atau iri dengki


Diubah oleh nyai.dasimah99 02-09-2018 08:33
-4
1.5K
14
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.