papaganteng212Avatar border
TS
papaganteng212
BOLEHKAH CAMPUR UDARA BIASA DENGAN NITROGEN PADA BAN
BOLEHKAH CAMPUR UDARA BIASA DENGAN NITROGEN PADA BAN




Penggunaan nitrogen buat ban kendaraan mulai banyak digunakan. Apalagi stan pengisian nitrogen bisa ditemui dengan mudah di SPBU, atau di bengkel-bengkel khusus ban.

Lalu bagaimana kalau dalam kondisi darurat, dan kita terpaksa mengisi udara biasa? Bolehkah mencampur udara biasa ke dalam ban yang sudah berisikan nitogen?

Manager Proving Ground Bridgestone Indonesia Zulpata Zainal, menjelaskan, bahwa sebenarnya tidak perlu khawatir saat mencampur udara biasa dengan nitrogen. Intinya udara dan nitrogen adalah sama.

"Boleh saja karena intinya sama-sama untuk tekanan udara. Efek buruknya saat dicampur hanya kandungan nitrogen murninya akan berkurang, itu saja, tidak sampai merusak," ucap Zul seperti dilansir Kompas.com.

Ternyata, udara bebas yang ada di sekeliling kita dan kita hirup setiap hari, hampir 90 persen adalah nitrogen. Tapi kualitas nitrogen memang lebih baik dibandingan udara biasa.



Pertama, nitrogen lebih stabil pada suhu udara apapun, terlebih saat berkendara perjalanan jarak jauh. Lalu juga dari daya tahan nitrogen di dalam ban.

"Peningkatan suhu pada nitrogen lebih lambat dari udara biasa, jadi tidak cepat panas saat melakuakan perjalan jarak jauh. Selain itu, bila mobil disimpan terlalu lama, kandungan udara pada ban yang menggunakan nitrogen akan lebih sedikit berkurangnya dibandingkan mengisi ban dengan udara biasa," kata Zul.

Lebih lanjut ia menjelaskan bila nitrogen memiliki butiran udara yang lebih besar dari udara biasa. Sebab itu, pengurangan melalui permukaan karet akan lebih sulit dibandingkan udara biasa, yang membuat tekanan udara pada roda lebih stabil.
3
15.3K
103
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.