komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
Main Ke Gunung Fuji? Sekalian Jalan-Jalan Ke Fujigoko Juga Yah!
Tentang Fujigoko


Sebelum membahas tentang Fujigoko, saya ingin menjelaskan dulu tentang area di sekitar Gunung Fuji. Gunung Fuji terletak di perbatasan antara prefektur Shizuoka dan Yamanashi. Gunung tersebut memang menjadi salah satu tempat tujuan wisata terpopuler di Jepang karena jaraknya yang tak begitu jauh dari Tokyo (rata-rata perjalanan Tokyo-Gunung Fuji hanya kira-kira 2-3 jam). Namun sebetulnya masih ada daya tarik lain dari Gunung Fuji, yaitu area di sekitarnya yang juga sudah berkembang menjadi tempat tujuan wisata. Salah satunya adalah Fujigoko.



Gunung Fuji dilihat dari Fujigoko [foto: Luke Ma/wikimedia]


Fujigoko, atau bisa diartikan sebagai Fuji Five Lakes, merupakan sebuah wilayah yang terletak di kaki Gunung Fuji, tepatnya di sisi utara gunung tersebut. Wilayah yang memiliki ibu kota Fujiyoshida ini terletak di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut, dan termasuk salah satu wilayah di sekitar Gunung Fuji yang memiliki banyak obyek wisata menarik. Jadi bagi yang memang sudah punya rencana untuk berwisata ke Gunung Fuji, mari sekalian kita jalan-jalan ke wilayah Fujigoko ini.


Yang menarik dari Fujigoko


Secara keseluruhan, Fujigoko ini dikenal sebagai sebuah area lake-resort. Banyak aktifitas yang bisa dilakukan di area ini, mulai dari memancing, camping, dan tentu saja hiking di Gunung Fuji, termasuk beberapa aktifitas yang bisa dilakukan di kawasan ini. Namun jika ditanya tempat mana yang paling menjadi favorit untuk dikunjungi, salah satunya adalah Fuji Q Highland. Tempat tersebut merupakan sebuah taman bermain yang memiliki beberapa roller coaster yang memecahkan rekor dunia.


Daya tarik lain yang ada di Fujigoko ini tentu saja terletak pada ke-5 danau yang ada di sekitar Gunung Fuji. Danau-danau tersebut antara lain Danau Kawaguchiko, Danau Yamanakako, Danau Saiko, Danau Shojiko, dan Danau Motosuko. Namun karena kelima danau tersebut memiliki daya tarik dan keunikan yang berbeda, serta banyaknya tempat wisata lain yang bisa dikunjungi di sekitar danau tersebut, nanti akan saya ulas dalam tulisan terpisah.



Kelima danau dan Gunung Fuji dilihat dari udara [foto: wikimedia]


Obyek wisata lain yang menarik dikunjungi di Fujigoko ini adalah museum. Di Fujigoko terdapat beberapa museum dengan tema yang berbeda-beda. Misalnya saja Kubota Museum. Museum ini didedikasikan untuk Kubota Itchiku, seorang seniman yang menekuni pembuatan kimono. Kubota Museum ini memiliki bentuk bangunan yang menarik, dengan taman yang cantik. Lalu ada Kawaguchiko Music Forest, sebuah taman bermain kecil yang juga dilengkapi dengan museum yang didedikasikan untuk instrumen musik otomatis. Posisi museum ini tak begitu jauh dari Danau Kawaguchiko, jadi mudah-mudahan bisa saya bahas lebih detil saat membahas tentang Danau Kawaguchiko. Museum keren lainnya adalah Iyashi no Sato yang tak jauh dari Danau Saiko. Tempat ini merupakan museum terbuka yang memiliki lebih dari 20 rumah tradisional yang sudah beralih fungsi menjadi toko, museum, restoran, dan lain-lain.



Iyashi no Sato [foto: Marufish/flickr]


Sebetulnya masih banyak spot menarik lain yang bisa disebut di wilayah Fujigoko ini, namun rata-rata lokasinya berdekatan dengan ke-5 danau di Fujigoko. Rasanya terlalu sayang jika saya bahas sekilas lalu, jadi ditunggu saja yah.


Akses menuju ke Fujigoko


Secara garis besar, ada 2 cara termudah untuk bepergian dari Tokyo menuju Fujigoko, yaitu menggunakan kereta dan bus.



Stasiun Kawaguchiko [foto: Jakub Halun/wikimedia]


Jika naik kereta, salah satu alternatifnya adalah dari Stasiun Tokyo naik JR Chuo Special Rapid Service ke Stasiun Tachikawa, dan baru disambung naik kereta express ke Stasiun Otsuki. Dari sana tinggal naik Fujikyu Railway ke Stasiun Kawaguchiko. Stasiun tersebut merupakan stasiun yang ada di wilayah Fujigoko. Total waktunya kira-kira 158 menit, dengan total biaya 4080 yen*. Perlu diperhatikan, tidak semua line disini di cover oleh JR Pass yah.


Sedangkan jika naik dari Stasiun Shinjuku, waktu tempuhnya hanya 132 menit saja dengan biaya kira-kira 3910 yen*. Caranya pun cukup mudah, tinggal naik kereta express ke Stasiun Otsuki dan baru naik Fujikyu Railway ke Stasiun Kawaguchiko.


Untuk bus, bisa naik bus langsung dari Stasiun Shinjuku ke Stasiun Kawaguchiko (biayanya kira-kira 1750 yen* dengan total perjalanan 2 jam), sedangkan jika naik bus dari Stasiun Tokyo, biayanya kira-kira 1750 yen* dengan durasi perjalanan 3 jam.


Cara-cara di atas baru sebatas cara untuk mencapai Stasiun Kawaguchiko. Jika ingin mencapai obyek wisata lain di wilayah Fujigoko, tinggal naik bus saja. Di Fujigoko ini jaringan busnya cukup menjangkau berbagai obyek wisata populer (kecuali untuk obyek wisata tertentu seperti area resort ski. Alternatifnya, bisa kok menyewa mobil maupun sepeda. Di Stasiun Kawaguchiko terdapat beberapa tempat penyewaan mobil dan sepeda. Selanjutnya cukup berbekal peta saja, dan siap jelajahi wilayah Fujigoko.



[url=http://jalan2.com/forumS E N S O Rentry/689-main-ke-gunung-fuji-sekalian-jalan-jalan-ke-fujigoko-juga-yah/]SUMBER[/url]















1
3.9K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.