Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ilneroAvatar border
TS
ilnero
Roy Suryo Sebut Capaian Emas Asian Games karena RI Tuan Rumah
Roy Suryo Sebut Capaian Emas Asian Games karena RI Tuan Rumah
Kamis, 30/08/2018 20:16

Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Roy Suryo mengatakan pencapaian Indonesia di Asian Games 2018 tergolong sukses lantaran menjadi tuan rumah.

Sejauh ini Indonesia telah meraih 30 medali emas, dan 14 di antaranya disumbangkan cabang olahraga pencak silat.

"Karena Indonesia adalah tuan rumah, yang memungkinkan hal ini terjadi sebagaimana negara-negara lainnya kalau mereka sedang menjadi tuan rumah," ujar Roy melalui siaran pers, Kamis (30/8).


Bahkan, Roy mengatakan tuan rumah memiliki hak untuk memasukkan cabang olahraga yang tidak dilombakan di Olimpiade. Misalnya, pencak silat, paralayang dan jetski. Di cabang pencak silat, Indonesia mendulang 14 emas dari 16 nomor yang dilombakan. Dari paralayang Indonesia mendapat dua emas dan jetski satu emas.

"Ini sekaligus juga warning bagi kita agar jangan cepat puas dan berbangga diri, apalagi jadi jumawa atas hasil Asian Games 2018," kata Roy.

Roy meminta agar tidak ada pihak yang menjadikan pencapaian ciamik Indonesia di Asian Games 2018 sebagai pencitraan untuk kepentingan Pilpres 2019.

Menurutnya, sejauh ini telah ada pihak yang mencoba melakukan hal itu dengan membandingkan pencapaian Indonesia di Asian Games sebelumnya.

Roy menilai tidak tepat jika membandingkan pencapaian Indonesia dengan Asian Games sebelumnya. Walau bagaiamanapun, lanjutnya, faktor tuan rumah adalah faktor penting dalam pencapaian Indonesia di Asian Games 2018.

"Karena selain tidak apple to apple secara jumlah atlet dan cabor yang dipertandingkan, juga karena memang posisi tuan rumah selalu menguntungkan," kata Roy, "Apalagi malah menjadikannya ajang pencitraan politik untuk kepentingan 2019."

Tidak ketinggalan, Roy juga mengomentari momen Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto berpelukan bersama atlet Hanifan Yudani Kusumah. Pemandangan itu nampak ketika Hanifan berhasil mendapat medali emas.

Roy mengamini bahwa momen tersebut dapat menurunkan tensi politik yang mulai hangat di masyarakat. Dia mengapresiasi hal tersebut. Akan tetapi, menurut Roy, semua pihak memang seharusnya bersikap demikian dalam rangka mendukung perjuangan para atlet.

"Di mana memang sudah sewajarnya kita mendukung penuh. Kita patut Bangga dan mengapresiasi semua hasil ini, sekali lagi jangan digunakan untuk pencitraan karena ini demi nasionalisme kita bersama," katanya.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto sebelumnya sempat menyindir Roy Suryo. Dalam keterangan tertulisnya, Rabu (29/8), hasto mengatakan pesimisme Roy Suryo tak goyahkan semangat para atlet di Asian Games.

sebelum Asian Games, Roy meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) realistis. Target Indonesia masuk 10 besar dan mendapatkan 16 emas dalam Asian Games 2018 yang dicanangkan Jokowi dinilai Roy tak realistis.

"Apa yang dicapai para atlet yang berjuang dengan penuh semangat, pantang menyerah dan dedikasi bagi nama harum bangsanya tersebut, telah mengalahkan pesimisme Roy Suryo yang selalu skeptis atas prestasi Atlet Indonesia," kata Hasto. (ugo)

https://m.cnnindonesia.com/nasional/...ri-tuan-rumah?
0
3.2K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.