lontongsayur18Avatar border
TS
lontongsayur18
Desai Helm Trail Enggak Sembarangan, Ada Fungsinya

Foto Kompas.com

Desain Helm Trail Enggak Sembarangan, Ada Fungsinya 


Kalau dilihat desain helm beda-beda gan, ternyata semua ada maksudnya seperti yang biasa digunakan buat motorcross, trail atau biasa disebut helm cakil. Tampilannya lebih eksentrik dibanding dengan helm lain

Soal fungsinya, sudah pernah dibahas di Kompas.com, bisa buat tambah-tambah informasi gan. Buat pecinta motor trail semoga bermanfaat.

Semua bentuk dan bagian pada helm cakil ada fungsinya, selain melindungi kepala. Mulai dari bagian plastik seperti kanopi di depan, tanpa kaca serta bentuk bagian mulut yang meruncing, seperti dikatakan instruktur keselamatan berkendara Honda Sofian Hazri.



Helm cakil seperti itu seluruhnya punya bagian topi yang sedikit memanjang, dibanding desain helm-helm biasa. Ternyata buat menahan ranting-ranting pohon, serta kotoran yang bakal menjadi pengganggu pandangan mata.

Lalu bagian helm yang berada di bagian mulut pengendara, punya desain yang lebih menjorok ke depan, tujuannya ternyata buat menjaga asupan udara bagi pengendara. Jadi mungkin biar enggak terllau sesak ya gan dibanding helm biasa.

Sofian menyebut, medan jalan trail yang berlumpur atau tidak mulus butuh tenaga luar biasa. Untuk itu asupan udaranya juga harus lancar. Maka diberi ruang di depan mulut untuk mendapat udara lebih banyak. Bayangkan kalau dengan helm biasa, lebih sulit.

Soal asupan udara ini juga menjadi alasan helm cakil tidak menggunakan kaca pelindung. Pengendara lebih memilih menggunakan kacamata khusus untuk melindungi mata. 
Diubah oleh lontongsayur18 28-08-2018 06:06
2
10.5K
58
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 2
Kendaraan Roda 2KASKUS Official
19.1KThread8.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.