• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Masih Berfikir Medali Emas Terbuat Dari Emas Murni? Ternyata Kamu Salah

powerpunkAvatar border
TS
powerpunk
Masih Berfikir Medali Emas Terbuat Dari Emas Murni? Ternyata Kamu Salah

HOT THREAD KE 261
*23 Agustus 2018*





Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi




Ajang multi even Asian Games 2018 yang berlangsung di Indonesia telah di buka pada 18 Agustus 2018 yang lalu. Kontingen dari 45 negara di Benua Asia siap berlomba - lomba untuk menjadi yang paling unggul. Sebanyak kurang lebih 11 ribu atlet siap bertanding dalam 40 cabang olah raga, yang terbagi lagi ke dalam 465 nomor pertandingan .

Ribuan atlet tersebut sudah pasti mempunyai tujuan yang sama yaitu merebut sebanyak - banyaknya medali, terutama untuk medali emas bagi negaranya masing - masing. Semakin banyak medali yang mereka peroleh, semakin terdepan posisi negara mereka pada rangking juara. Untuk level Asia sendiri, China dan Jepang selalu menjadi langganan negara yang menjadi pemuncak klasemen ajang Asian Games dan memperoleh medali paling banyak di banding negara - negara peserta lainnya.


Berbicara mengenai medali, apa yang terbersit dalam otak kita kala mendengar medali emas? Apakah kita berfikir medali emas seluruh materialnya terbuat dari emas? Jika iya, lalu berapa banyak jumlah emas yang di perlukan untuk satu kali penyelenggaran multi even seperti Asian Games?

Untuk medali emas Asian Games sendiri belum ada konfirmasi secara pasti apakah medali tersebut seluruhnya terbuat dari bahan emas. Tapi untuk penyelenggaraan even yang kelasnya lebih tinggi dan melibatkan lebih banyak negara seperti Olimpiade, kadar emas yang ada dalam medali emas ternyata hanya 1,2 persen saja. Sisanya, 98,8 persennya terbuat dari bahan perak. Kandungan emas sebesar 1,2 persen itu sendiri hanya di gunakan untuk pelapis sisi luar medali.


Namun meski demikian, bukan berarti medali yang mayoritas terbuat dari bahan perak tersebut tidak bernilai. Apalagi secara esensi, pasti harganya tak ternilai karena untuk mendapatkan medali tersebut tentu tidak mudah. Namun jika di nilai secara intrinsik berdasarkan bahan pembuatnya, medali emas Olimpiade memiliki nilai sekitar 450 Poundsterling atau setara dengan Rp7,5 juta.

Lalu, bagaimana dengan medali perak? Medali perak sendiri terdiri dari 100 persen bahan perak (kurang lebih seberat 500 gram) dan jika di nilai secara intrinsik memiliki nilai sekitar 236 Poundsterling atau setara Rp3,9 juta. Sedangkan untuk medali perunggu, kandungan yang terdapat di dalamnya terdiri dari 475 gram tembaga dan 25 gram seng. Jika di nilai secara intrinsik, nilainya tak lebih dari 2 sampai 3 Poundsterling atau sekira Rp33 ribu.

Sekedar di ketahui, penggunaan perak berlapis emas ini sendiri sebenarnya baru dilakukan sejak Olimpiade tahun 1912 di Stockholm, Swedia. Sebelumnya, semua medali emas benar-benar terbuat dari 100 persen emas murni.





Disclaimer : Asli tulisan TS
Referensi : Ini dan Ini
Sumur Gambar : Om Google






Diubah oleh powerpunk 23-08-2018 13:46
2
61.9K
146
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.