kaksus10Avatar border
TS
kaksus10
Mana Yang Lebih Baik? Minum Kopi Panas Atau Dingin?

Haloo Agan Sista, selamat datang di trit ane!!

Coba siapa di sini yang doyan ngopi??

Hehe, kayaknya hampir semua Kaskuser pada doyan ngopi yah?


Nah, kalau Agan Sista lebih suka minum kopi panas atau kopi dingin?

Lebih baik mana sih? Minum kopi panas atau kopi dingin?

Well, pada dasarnya kopi adalah salah satu minuman yang mengandung kafein. Kafein bisa memberi manfaat bagi tubuh kita, apabila dikonsumsi dengan jumlah sewajarnya. Secangkir kopi hitam murni tanpa gula atau susu akan jauh lebih baik dibanding kopi yang telah dicampur dengan gula, krimer ataupun susu. Karena penambahan gula, krimer ataupun susu akan memberi tambahan kalori serta lemak bagi tubuh, dan pastinya kurang sehat loh buat tubuh kita.

Spoiler for sebaiknya yg tanpa gula Gan:

Sebenarnya suhu penyeduhan kopi, mau panas ataupun dingin tidak mempengaruhi kandungan nutrisi yang ada pada kopi. Tapi jutru mempengaruhi manfaat si kopi tersebut.

Nah, untuk kopi dingin yang ditambahkan es batu memiliki manfaat kafein yang lebih kuat. Itu karena suhu dingin dari es batu membuat kafein lebih cepat muncul ke permukaan. Jadi, kalau Agan Sista punya masalah susah tidur alias insomnia, hindari minum kopi dingin yaaa.  

Kadar pH kopi dingin adalah sebesar 6,31 sedangkan kopi panas 5,8. Artinya, kopi dingin memiliki kadar asam yang lebih rendah dibanding kopi panas. Jadi kopi dingin relatif lebih aman dikonsumsi oleh Agan Sista yang punya masalah pencernaan seperti maag atau  asam lambung.

Sayangnya kopi dingin umumnya disajikan dengan tambahan gula, whipped cream dan karemel. Tambahan ini yang bikin kalori dalam tubuh akan melonjak. Gula berlebih tentunya bukan hal yang baik kan Gan Sist? 

Spoiler for kopi hitam lebih baik:

Jadi gitu Gan Sist, mau disajikan panas ataupun dingin, keduanya memiliki manfaat untuk tubuh kita Gan Sist, asal tanpa gula dan pemanis lainnya. Eits, tapi perhatikan juga porsi minum kopi setiap harinya, maksimal 3 cangkir kopi ya. Karena terlalu sering minum kopi juga ngga baik untuk kesehatan kita.

Jadi, Gan Sist pilih kopi dingin atau kopi panas nih?


Spoiler for jan dibuka:


nona212
nona212 memberi reputasi
5
15.4K
174
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.