• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • #IniIndonesiaku Prestasi Indonesia di Bidang Ekonomi Hingga Tahun 2018

OpenJuanAvatar border
TS
OpenJuan
#IniIndonesiaku Prestasi Indonesia di Bidang Ekonomi Hingga Tahun 2018


Prestasi Indonesia di Bidang Ekonomi Hingga Tahun 2018
 
Menyambut kemerdekaan Indonesia ,  prestasi di Indonesia di bidang ekonomi perlu mendapatkan perhatian bagi masyarakat terutama kaskuser. Prestasi di bidang ekonomi merupakan tonggak utama yang nantinya akan berdampak terhadap kualitas kehidupan masyarakat Indonesia. Peningkatan perekonomian indonesia diharapkan dapat memberikan efek domino untuk menghilangkan atau mengurangi permasalahan – permasalahan yang ada di masyarakat.

Thread ini terlepas dari pilihan politik saudara di pemilu yang akan mendatang. Prestasi yang dijabarkan di thread ini menggunakan fakta yang ada di lapangan dan menggunakan perbandingan yang sebenarnya. Saya berharap kita dapat memberikan respon positif terhadap prestasi yang telah dicapai Indonesia di bidang ekonomi. Memang masih ada yang perlu dibenahi namun banyak juga prestasi Indonesia di bidang ekonomi . Inilah prestasi Indonesia di bidang ekonomi hingga tahun 2018. Inilah indonesiaku :

1. Indonesia termasuk dalam Negara Layak Investasi.

Spoiler for Layak Investasi:



Berdasarkan berita tribunnews 2 februari 2018, Tiga lembaga pemeringkat investasi internasional, yakni Fitch Ratings, Standards and Poor’s, dan Moody’s Investor Service memasukkan Indonesia ke dalam status layak investasi. Hal ini menunjukkan sebuah prestasi dimana Investor asing maupun lokal layak menanamkan investasinya dalam lini di Indonesia. Pemeringkatan ini tidak dilakukan secara sembarangan karena berdasarkan riset yang mendalam serta mempertaruhkan nama lembaga pemeringkat tersebut. Kelayakan ini menunjukkan bahwa Indonesia ini mempunyai peluang ekonomi yang besar, lingkungan bisnis yang baik, lingkungan investasi yang layak  dan masih banyak lini di bidang ekonomi yang dapat digali. 15 Paket kebijakan ekonomi yang selama ini dikeluarkan pemerintah terbukti mendorong gairah investasi. Berita ini sangat penting karena dengan adanya investasi maka akan timbul efek domino seperti lapangan kerja yang baru, proses ekspor impor, pendapatan pajak ataupun peningkatan kualitas hidup masyarakat kita. Penilaian layak investasi di Indonesia memang tidak AAA seperti negara maju tapi nilai yang didapat Indonesia sangat bagus untuk kategori negara berkembang. Indonesia bahkan mendapat peringkat 4 tujuan investasi perusahaan multi nasional dan peringkat 3 negara paling atraktif perusahaan multinasional. Hebat Indonesiaku.

2. Indonesia mengambil Saham  Freeport

Spoiler for saham,freeport:



Inalum, holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tambang, telah mencapai kesepakatan dengan Freeport McMoran soal akuisisi saham 51 persen saham Freeport Indonesia. Sebelumnya, Indonesia hanya memiliki 9,36 persen saham perusahaan asal Amerika Serikat (AS)
Kepemilikan Saham Freeport sebesar 51 persen menunjukkan bahwa Indonesia memiliki taring untuk mengambil saham freeport yang sudah dikuasai bertahun – tahun. Dengan pengambilan saham ini akan menambah pendapatan bagi BUMN Indonesia yang nantinya akan memberikan pendapatan juga bagi negara. Indonesia juga telah melakukan efisiensi kepemilikan saham dengan membangun beberapa holding BUMN. Inilah prestasi Indonesia yang seharusnya kita banggakan karena sebenarnya freeport dapat saja mengugat Indonesia dan berakhir dengan Indonesia tidak mendapatkan apa – apa. Keberhasilan pengambilan sebagian saham ini patut diapresiasi dan sebagian akademisi maupun pemerhati ekonomi juga mengapresiasi prestasi ini. Sayangnya prestasi ini menimbulkan perdebatan di masyarakat karena suatu hal atau tujuan. (tidak perlu saya jelaskan)

3.  Blok Mahakam, Blok East Natuna, Blok Rokan dll kembali ke pangkuan Indonesia

Spoiler for blokmigas:



Blok migas yang selama ini dimiliki perusahaan asing sudah mulai diambil alih oleh Indonesia. Blok Rokan yang dianggap sulit juga telah kembali ke pangkuan Indonesia. Ini sebuah prestasi yang sangat besar dimana diharapkan Indonesia pelan – pelan dapat berdiri di kaki sendiri. Mengelola Blok Migas sendiri serta mendapatkan hasil yang dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat. Perjalanan panjang hingga puluhan tahun dikelola perusahaan asing dan barulah mulai 2016 - 2018 , kita mulai merebut kembali blok migas tersebut. Tentu pengembalian ini memberikan keuntungan bagi Indonesia baik dari segi profit, devisa negara (penghematan) dll.

4.  UMKM Indonesia meningkat.

Spoiler for umkm pajak:



Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) indonesia meningkat pesat. Hal ini tidak terlepas dari banyak sekali dukungan pemerintah terhadap peningkatan aktivitas UMKM seperti mendorong industri rumah tangga, program pemberdayaaan UMKM. Pemerintah juga memberlakukan penurunan tarif pajak UMKM dari 1 % menjadi 0,5 % sehingga diharapkan terjadi peningkatan dalam UMKM. Peningkatan UMKM ini juga sebuah prestasi dimana pemerintah Indonesia mendorong masyarakatnya agar membuka usaha. Pihak yang patut diapresiasi selain pemerintah adalah pihak swasta. Mitra pemerintah yaitu pihak swasta sering membuka mitra binaan, pojok kreatif maupun pemberian modal terhadap Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) ini.

5. Kinerja Ekonomi relatif stabil di tengah ketidakpastian ekonomi global.

Spoiler for ekonomi indonesia:




Seluruh dunia mengalami kesulitan bukan. Negara Turki yang cukup dekat persahabatannya dengan Indonesia pun mengalami penurunan ekonomi yang mendalam. Pengenaan Kebijakan sanksi ekonomi yang diberlakukan serta perang ekonomi dagang yang terjadi di ekonomi global cukup berpengaruh di berbagai negara. Ada sebuah analisis yang mengatakan ada beberapa negara yang terancam bangkrut (silahkan dicari sendiri). NahIndonesia adalah salah satu negara yang kinerja ekonomi relatif stabil dibanding negara lain dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi global ini. Meskipun mata uang kita mengalami sedikit penurunan namun setidaknya kinerja ekonomi kita masih stabil. Ini sebuah prestasi apabila saudara melihat dampak ketidakpastian ekonomi global pada negara lain. Yah seharusnya kita juga mendukung dan memperkuat negara ini agar kinerja ekonomi kita tetap stabil.

Momen hari kemerdekaan Indonesia yang baru saja kita rayakan dan saya berharap bahwa kita harus bangga dengan prestasi ekonomi Indonesia dan terus mendukung pemerintah untuk meningkatkannya. Marilah kita bersatu dan hilanngkanlah kubu – kubuan. Marilah menghadapi ketidakpastian ekonomi global ini dengan bersama – sama. Sebuah cita – cita bersama dimana ekonomi Indonesia menguat dan menjadikan indonesia negara maju . Bangsa dan negara ini harus kokoh berdiri di kaki sendiri. Merdeka !

Selamat hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI !

Referrensi :
http://www.tribunnews.com/metropolit...-kata-moeldoko
https://katadata.co.id/infografik/20...kuan-indonesia
http://aceh.tribunnews.com/2018/08/2...krut-pada-2018

Gambar diambil dari google images
credit to:
tirto.id, katadata.id, alazybusiness.com dll

Salam
Penulis
:welcome







-1
27.5K
90
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.