Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

beetvemionaAvatar border
TS
beetvemiona
Apa yang Agan tau tentang beladiri? (Share disini dong)
Apa yang Agan tau tentang beladiri? (Share disini dong)

Yuhuuuu, pasti banyak dari agan n aganwati yang udah gak asing lagi dengan istilah beladiri. Pasti masih banyak orang yang bersikeras untuk belajar biar dibilang keren karena bisa jadi sosok yang dibilang jago berantem. Nah, Di thread ini  ane mau share arti sebenarnya dari bela diri.

 
Buat yang masih kurang jelas dengan pengertiannya, Bela diri itu adalah aktivitas yang digunakan untuk membela diri BILA ada orang yang mau menyakiti kita secara fisik.
 
Jadi kalo agan mau belajar beladiri karena biar bisa jadi jagoan dan ngajak berantem orang, berarti kalian udah salah kaprah. Sebenarnya semua Bela diri mengajarkan kepercayaan diri dan ketenangan saat menghadapi tekanan dimanapun dan kapanpun.
 
Kalo kata Mr. Miyagi “ Kungfu atau bela diri selalu hadir di setiap hal yang kita lakukan. Kungfu ada saat kita melepas jacket, Kungfu ada saat kita mengelap mobil, dll”
 
Makanya kebanyakan orang yang jago bela diri justru terlihat tenang, humble, dan tidak petantang petenteng sok jagoan. Kebanyakan orang yang hanya bisa ngomong besar, sombong, nyinyir, ngancem dan berulah itulah sebenernya yang enggak jago.
 
Belajar bela diri juga sebenarnya belajar tentang leadership. Menurut Ki Hadjar Dewantara, pemimpin harus mempunyai 3 ciri: Ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani yang artinya:
1.     Ing ngarsa sung tuladha: bila di depan harus mampu menjadi contoh / teladan bagi orang lain.
2.     Ing madha mangun karsa: bila di tengah-tengah harus mampu memberikan semangat kepada orang lain.
3.     Tut wuri handayani: bila di belakang harus mampu memberikan dorongan kepada orang lain
 
Seorang pemimpin yang baik harus mempunyai kepercayaan diri, tegas, berani mengambil keputusan, memberi contoh yang baik, bijaksana dan dihormati oleh teamnya, dan Semua hal itu bisa didapatkan dari latihan beladiri.
 
Kali ini ane bakal share salah satu bela diri yang ane lagi sukai. Krav Maga.
Pertama kali ane tertarik dengan bela diri ini adalah ketika mendengar bahwa guru dari Krav Maga itu mempunyai background belt hitam taekwondo dan juga pernah jadi salah satu guru karate tetapi dia lebih memilih Krav Maga daripada yang lain karena dia pernah punya situasi dimana sewaktu dia di luar negri, dengan kemampuan dia yang belt hitam taekwondo, dia tidak bisa membela diri untuk menyelamatkan diri dari beberapa orang yang berusaha merampok dia tiba-tiba pada saat di jalanan umum.
 
Agak sedikit berbeda dengan seni bela diri lainny, ketika dia menekuni krav maga, dia jadi lebih bisa membela dirinya secara otomatis karena krav maga ternyata merupakan seni bela diri praktikal untuk mengatasi berbagai macam situasi.
 
Ane yang kebetulan mempunyai background taekwondo dan pernah belajar muay thai / kickboxing pun jadi tertarik, karena krav maga terdengar lebi applicable ke dunia nyata. Tidak ada seni-nya seperti bela diri lainnya, hanya purely ‘bela diri’ dengan menggunakan apapun yang kita punya dan ada di sekeliling kita.
 
Contoh video:


 


 
Berikut adalah beberapa basic skill Krav Maga yang bisa dikuasai oleh siapapun agar bisa bela diri.
 
Apa yang Agan tau tentang beladiri? (Share disini dong)
 

Untuk ane beladiri apapun itu as long as kita menyukainya, dan bisa digunakan untuk bela diri kita sendiri, semua beladiri bisa dikuasai. Kalo kalian ada beladiri favorit gak? Atau pernah mengalami kejadian menarik dimana kalian perlu beladiri? Coba share disini ya!
 
Maturnuwun
emoticon-Cendol Gan


1
1.5K
6
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Martial Arts
Martial ArtsKASKUS Official
640Thread1.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.