Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sobatgreenersAvatar border
TS
sobatgreeners
Kenikmatan disetiap Seduhan

Kopi, merupakan minuman yang sangat dekat dengan masyarakat. Minuman ini telah menjadi populer di kalangan remaja hingga orang tua. Kenikmatan kopi sudah tidak diragukan lagi, dari aroma yang khas dan membuat rilek hingga rasa yang kuat membuat rasa kantuk-pun lewat. Masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan bubuk kopi, baik di warung sekitar mereka, minimarket hingga kedai-kedai kopi yang ternama. Namun tahukah anda proses pembuatan kopi dari awal hingga menghasilkan bubuk yang mantap?

Untuk mendapatkan bubuk kopi yang mantap harus dari biji kopi yang berkualitas baik. Kopi harus dipetik dalam keadaan benar-benar tua atau dalam istilah pertanian disebut dengan petik merah. Dalam proses panen kopi juga harus diperhatikan antara kopi yang kerompong karena hama dan kopi yang benar-benar padat berisi. Karena kopi yang terkena hama hanya akan menjadikan kopi menjadi jelek kualitasnya. Setelah kopi dipetik tadi, kopi tersebut langsung digiling agar memisahkan biji dengan kulitnya. Kemuadian dijemur sekitar 4 sampai 5 hari untuk membuang kadar air pada kopi. Proses penjemuran ini sangat tergantung dengan panas matahari, karena harus dijemur dibawah terik matahari langsung agar kering maksimal.Alas yang digunakan untuk menjemur kopi juga harus bisa menyerap air. Jangan gunakan alas dari bahan plastik atau terpal, karena nantinya akan lembab dan membuat kopi menjadi sembab. Hal itu tentunya berpengaruh terhadap kualitas biji kopi yang akan dihasilkan.

Setelah biji kopi itu benar-benar kering, kemudian biji-biji tadi disortir agar kotoran terpisah dari biji kopi tersebut. Jika sudah bersih biji kopi tersebut dari kotoran, maka dapat kita olah ke proses selanjutnya. Proses selanjutnya adalah menggoreng kopi atau kalau di era modern ini bisa dioven dengan oven kusus yang sudah tersedia di pasaran. Proses penggorengan kopi ini dengan cara sangrai atau tanpa minyak. Kopi disangrai di api sedang dan stabil sekitar 1 jam lamanya hingga kopi menjadi coklat kehitaman. Setelah disangrai kita dinginkan terlebih dahulu sebelum masuk proses penggilingan menjadi bubuk kopi. Setelah biji sangrai tersebut dingin dapat langsung kita olah menjadi bubuk kopi. Untuk pengolahan bubuk kopi ada yang masih tradisional dengan ditumbuk menggunakan alu dan lumpang, namun kebanyakan sekarang sudah ada mesin giling khusus biji kopi.

Demikian tadi sekilas tentang proses pembuatan bubuk kopi yang saya ketahui. Sebetulnya ada banyak cara atau proses pembuatan bubuk kopi, namun cara ini yang biasa saya lakukan. untuk lebih jelasnya bisa lihat video ini

pakolihakbar
pakolihakbar memberi reputasi
1
1.4K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.