Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ferina.Avatar border
TS
ferina.
Kaus Ganti Presiden 'Dikibarkan' di Mina, Menag: Jemaah Tahan Diri
Madinah - Di tengah prosesi puncak haji di Mina, beredar video jemaah haji Indonesia 'mengibarkan' kaus dengan tagar #2019GantiPresiden. Menag Lukman Hakim Saifuddin meminta jemaah untuk menahan diri.

"Mari kita jaga bersama menjaga kota suci ini, dari pengaruh-pengaruh luar yang tidak kaitannya sama sekali dengan ibadah kita," ujar Lukman yang juga merupakan amirul hajj ini di Madinah, Arab Saudi, Senin (27/8/2018).

Dalam video yang viral itu, tampak jemaah haji Indonesia mengaitkan kaus putih dengan tulisan '#2019GantiPresiden' ke sebuah tongkat. Tongkat itu kemudian dijunjung tinggi ke atas saat jemaah tengah berjalan kaki, seperti bendera yang tengah dikibarkan. Dari gambar yang beredar, tampak lokasi kejadian berada di jalan yang ada di tengah-tengah perkemahan di Mina, Mekah.

Lukman mengingatkan kembali mengenai prosesi ibadah haji dengan memakai kain ihram. Makna dari penggunaan kain dua helai itu adalah mengenau tidak adanya lagi sekat-sekat perbedaan di antara manusia satu dengan yang lain.

"Kita menggunakan kain ihram dalam wukuf dalam puncak haji kita di Arafah, dalam wukuf itu untuk menunjukkan dalam rangka menunjukkan tidak adanya perbedaan yang prinsipil dan non prinsipil sekaligus. Sehingga mari kita jaga bersama-sama perbedaan aspirasi politik, jangan sampai, mencemari atau mempengaruhi secara negatif usaha kita bersama di tanah suci ini," ujar Lukman.

Lukman meminta agar setiap jemaah haji tidak membawa persoalan di tanah air ke tanah suci yang ada di Mekah maupun Madinah. Termasuk di dalamnya mengenai politik praktis yang sedang hangat di Indonesia menjelang Pilpres 2019.

Baca juga: Mardani: #2019GantiPresiden Harus Tetap Elegan dan Santun

"Sebaiknya tidak dilakukan hal-hal seperti itu, sebaiknya masing-masing kita bisa menahan diri untuk tidak melibatkan persoalan-persoalan yang ada di tanah air, di tanah suci. Karena tanah suci ini milik kita bersama. Milik umat islam Indonesia, tanpa adanya sekat-sekat perbedaan aspirasi politik praktis," kata Lukman.

Dalam kesempatan ini, Lukman juga menyatakan bahwa jemaah haji dan delegasi Indonesia menghormati pemerintah Arab Saudi yang telah meminta agar kesucian Mekah dan Madinah dijaga.

"Jadi dalam banyak media Imam Besar Masjid Haram Syekh Abdurahman As Sudais, bahwa ini adalah kota suci Mekah dan Madinah, kita berhaji dalam rangka ingin melaksanakan ibadah, dan mari kita jaga bersama menjaga kota suci ini, dari pengaruh-pengaruh luar yang tidak kaitannya sama sekali dengan ibadah kita," tutur Lukman. 

https://news.detik.com/berita/d-4185247/kaus-ganti-presiden-dikibarkan-di-mina-menag-jemaah-tahan-diri

JAMAAH BEGO NGAOAHAHAHAHAHAHHAHAHAHA HILANG PAHALA MU JAUH JUAH KESANA NUNGGUIN ANTRIAN BERTAHUN TAHUN CUMA MAU KEK GINI BUKAN FOKUS IBADAH NIH CONTOH ORANG YANG GA BERSYUKUR FADAHAL YG KENA TEFU MAU UMROH AJA BEJIBUN INI BISA BERANGKAT MALAH BUKAN FOKUS IBADAH DI TEPU KADER SAPI MAU AJA NGOAHAHAHAHAHAHA emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka

Diubah oleh ferina. 27-08-2018 18:15
0
6K
81
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.