• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Tidak Hanya Jokowi dan Prabowo, 7 Orang Ini Juga Pantas Menjadi Capres

arifdoankAvatar border
TS
arifdoank
Tidak Hanya Jokowi dan Prabowo, 7 Orang Ini Juga Pantas Menjadi Capres
Tidak lama lagi Indonesia akan menghadapi salah satu perhelatan akbar di negeri ini, yaitu pemilihan umum (pemilu). Pemilu sendiri akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 17 April 2019. Khusus untuk pemilu presiden (Pilpres), telah memunculkan dua nama sebagai calon presiden (capres) yang akan bersaing. Kedua capres tersebut adalah Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Munculnya nama Joko Widodo dan Prabowo Subianto sebagai capres mengingatkan kita kembali pada pilpres 2014. Pada pilpres 2014 yang bersaing juga hanya kedua nama tersebut dimana Jokowi keluar sebagai pemenang dengan total suara 71.107.184 (53,19%).


Undang-undang di Indonesia tidak membolehkan capres berasal dari kalangan independen. Jadi kalau ingin menjadi capres di Indonesia, harus didukung oleh partai politik. Itupun harus memenuhi jumlah suara minimal di parlemen. Jadi partai politikpun harus berkoalisi untuk bisa mengumpulkan jumlah suara minimal sehingga dapat mengusung calon presiden. Itu juga yang menjadi alasan mengapa tidak banyak nama capres yang muncul dalam pilpres di Indonesia.


Walau Jokowi dan Prabowo sudah resmi bakal menjadi capres pada pemilu, bukan berarti tidak ada calon lainnya yang juga berkualitas dan punya nama besar. Berikut adalah orang orang-orang yang pantas menjadi calon presiden Indonesia selain Jokowi dan Prabowo.



1. Mahfud MD


Sumber : Tribunnews.com


Mahfud MD sempat digadang-gadang sebagai orang yang paling kuat mendampingi Jokowi pada pilpres mendatang. Namun akhirnya pilihan Jokowi jatuh ke Ma'ruf Amin. Meski demikian, Mahfud MD adalah salah satu sosok yang pantas menjadi calon presiden Indonesia. Pengalamannya di dunia politik tak perlu diragukan lagi. Mahfud MD adalah satu dari sedikit orang Indonesia yang pernah duduk di lembaga eksekutif, legislatif dan yudikatif sekaligus. Terakhir dia menjabat sebagai Mahkamah Konstitusi perideo 2008-2013.

2. Sri Mulyani


Sumber : wartaekonomi.co.id

Sri Mulyani merupakan salah satu sosok perempuan yang paling berpengaruh di Indonesia. Saat ini dia menjabat sebagai Menteri Keuangan Indonesia. Sri Mulyani sendiri pernah meraih predikat sebagai menteri keuangan terbaik di dunia. Hal tersebut tidak terlepas berkat kinerjanya yang cemerlang saat menjabat sebagai Menteri Keuangan Indonesia. Selain sebagai menteri keuangan Indonesia, Sri Mulyani juga pernah menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia.

3. Rizal Ramli


Sumber : Tribunnews.com


Rizal Ramli terkenal sebagai politikus dan seorang pakar ekonomi. Jabatannya di pemerintahan juga tidak jauh dari hal-hal yang berkaitan dengan bidang ekonomi. Diantaranya adalah menjadi Menteri Koordinatior Bidang Perekonomian dan Menteri Keuangan pada masa pemerintahan Presiden Abdurahman Wahid. Pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo, Rizal Ramli juga sempat diangkat menjadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman. Selain itu Rizal Ramli juga pernah menjabat sebagai komisaris utama dibeberapa BUMN. Jadi pengalamannya dibidang perekonomian tidak perlu diragukan lagi.

4. Ridwan Kamil


Sumber : Kompas.com


Ridwan Kamil merupakan sosok pemimpin muda yang paling populer saat ini. Kepopulerannya bukan tanpa alasan. Ini berkat capaian gemilangnya selama menjabat sebagai Walikota Bandung. Selain itu Ridwan Kamil juga populer berkat karya-karyanya dibidang arsitektur. Karya-karya arsitekturnya juga tersebar diberbagai penjuru dunia. Diantaranya adalah Ras Al Kaimah Waterfront Master di Qatar dan Marina Bay Waterfront Master di Singapura. Untuk saat ini Ridwan Kamil menjabat sebagai gubernur Jawa Barat.

5. Tri Rismaharini


Sumber : Kompas.com


Kalau ditanya siapa walikota yang paling mengabdi dan paling berprestasi, maka Risma adalah jawabannya. Dia pernah dinobatkan sebagai walikota terbaik ketiga di dunia versi The World Mayor Prize (WMP). Risma sempat masuk dalam bursa calon gubernur Provinsi Jawa Timur. Tapi dia memilih untuk menuntaskan kewajiban sebagai Walikota Surabaya.

6. Susi Pudjiastuti


Sumber : Tribunnews.com

Boleh dibilang Susi Pudjiastuti merupakan sosok menteri Kabinet Indonesia Kerja yang paling fenomenal. Berbagai kebijakannya mampu meningkatkan kedaulatan Indonesia dibidang kemaritimian. Susi Pudjiastuti pernah mendapat penghargaan dari WWF sebagai pemimpin yang sangat peduli terhadap lingkungan hidup. Selain sebagai menteri, Susi Pudjiastuti juga merupakan CEO dari perusahaan yang dia dirikan sendiri, yaitu PT ASI Pudjiastuti Aviation dan PT ASI Pudjiastuti Marine Product.

7. Muhammad Zainul Majdi


Sumber : Tribunnews.com


Saat ini Muhammad Zainul Majdi menjabat sebagai gubernur provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Masa jabatannya akan berakhir pada tahun 2018. Dia terkenal sebagai sosok islamis dan merupakan seorang Doktor lulusan Universitas Al Azhar Mesir. Muhammad Zainul Madji memberikan harapan yang besar untuk menyatukan kaum nasionalis dengan kaum islamis.

Diubah oleh arifdoank 23-08-2018 05:54
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
19.8K
187
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.