Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

LordFariesAvatar border
TS
LordFaries
Ketika Arwah Bergentayangan Warga Pun Lakukan Sembahyang Rebut
BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Seluruh arwah turun ke bumi sejak permulaan bulan ke tujuh.

Diantara arwah tersebut, ada yang bergentayangan dalam keadaan terlantar, sehingga mereka sangat membutuhkan persembahan makanan.

Hal ini diyakini oleh Warga Etnis Keturunan Tionghoa. Terkait itu pula dilakukan ritual Sembahyang Rebut, seperti yang terjadi di Kelenteng Altar Bhakti Airsabak RT 03 Lingkungan Kudai Utara Kelurahan Sinarjaya Jelutung Sungailiat Bangka.

"Tujuan dari perayaan Sembahyang Rebut diyakini oleh warga Tionghoa Bangka pada saat tersebut pintu akhirat terbuka atau Khoi Kui Mun," kata Jerry Liem alias Ajun, Ketua RT 03, sekaligus Bendahara Kepanitiaan Perayaan Sembahyang Rebut di lingkungan ini memberi penjelasan kepada Bangka Pos Groups, Sabtu (25/8/2018) malam.

Sembahyang Rebut di RT 03 Airsabak Kudai Utara diakui Ajun, sukses dilaksanakan, Jumat (24/8/2018).

Sejumlah warga keturunan berkumpul merayakan ritual.

"Karena diyakini bahwa seluruh arwah akan turun ke bumi sejak permulaan bulan ke tujuh. Di antara arwah tersebut, ada yang bergentayangan dalam keadaan terlantar, sehingga mereka sangat membutuhkan persembahan makanan," katanya.

Arwah yang terlantar ini tidak memiliki keturunan, meninggal tidak wajar, dan meninggal dalam kurun waktu lama atau disebut generasi lanjut tidak kenal dan tidak memberi persembahan.

"Oleh karenanya kami melaksanakan Sembahyang Rebut. Agenda itu dilakukan setiap tahun," kata Ajun menyebut acara dipimpin oleh Ketua Kelenteng, Sim Djoeng Kwet.

Pada kesempatan yang sama, Ajun mengutip keterangan sesepuh Airsabak, Jong Kon Sang.

Sesepuh tersebut kata Ajun memastikan, kelenteng tempat perayaan Sembahyang Rebut ini sudah berdiri sejak Tahun 1930-an.

"Dulunya kelenteng hanya dari papan dan berada di bawah batang pohon kayu seru besar, yang sekarang masih ada pohon tersebut. Namun dengan seiringnya waktu, bangunan kelenteng ini sudah direnovasi dengan bantuan warga sekitar dan para donatur, dan diberi nama Kelenteng Altar Bhakti," katanya.(*)

http://bangka.tribunnews.com/2018/08/25/ketika-arwah-bergentayangan-warga-pun-lakukan-sembahyang-rebut.

Oh jadi begitu 😀
0
5.8K
44
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.