• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Kebiasaan Gantung Helm di Spion Gan? Ada Dampak Buruknya Lho

papaganteng212Avatar border
TS
papaganteng212
Kebiasaan Gantung Helm di Spion Gan? Ada Dampak Buruknya Lho
Kebiasaan Gantung Helm di Spion? Ada Dampak Buruknya Lho




Pemandangan yang jamak dilihat bila di aera parkir umum sepeda motor (apalagi yang tanpa atap seperti basement), adalah helm yang menggantung di spion. Bener kan? Coba cek di kantung parkir dekat-dekat stasiun, pasti banyak yang menaruh helm di spion motornya.

Ternyata kebiasaan ini ada dampak buruknya. Risiko utama yang paling sering terjadi adalah helm hilang, atau terjatuh. Ini sudah serinng terjadi bila helm digantung di spion. Tapi, ada juga risiko lain seputar kebersihan dan kesehatan.

Helm dipakai di kepala dan bersentuhan dengan rambut dan kulit kepala. Agar nyaman sekaligus meredam benturan, biasanya di bagian dalam memiliki busa dengan pelapis. Nah, material itu sifatnya rentan jadi sarang kotoran, apalagi kalau helm dibiarkan kondisi terbuka dalam jangka waktu lama.



Helm apa Asbak?
Spion adalah salah satu perangkat wajib motor, rasanya tidak pernah produsen mengatakan gunanya sebagai tempat menggantung helm. Posisi spion berada di bagian paling luar motor, jadi sangat rentan kotor. Misalnya, kena cipratan air atau debu dari kendaraan di depan.

Saat bagian dalam helm bersentuhan dengan spion, potensi kotoran menempel sangat besar. Selain itu helm juga bisa jadi asbak kalau saja motor diparkir dekat jalan raya atau parkiran bawah tanah yang sirkulasi udaranya tidak lancar.

“Dari segi kebersihan tidak baik karena bisa memengaruhi kenyamanan kita saat berkendara. Bagian luar helm lebih cepat berdebu dan bagian dalam akan lebih cepat bau. Bau asap kendaraan,” kata Irwan, Brand Techical Support Cargloss Proriders, Selasa (3/5/2016).

Dampak bisa macam – macam mulai dari kepala gatal – gatal hingga kelilipan, atau kasus buruk jadi sarang serangga. Ada anggapan risiko hilang ketika helm ditinggal di spion tidak masalah karena harganya murah. Tapi, urusan higienis sebenarnya tidak memandang harga helm. Penting juga buat biker punya jadwal rutin cuci helm.

Lalu, apa solusinya? Bila memungkinkan lebih baik helm dititipkan di tempat penitipan yang aman. Atau bila tidak merepotkan, helm bisa juga dibawa si pengendara. Hal ini jamak dilakukan bagi para pemilik helm dengan harga jutaan rupiah seperti Arai, Shoei atau Nolan.

2
13.7K
107
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.