Sports
Batal
KATEGORI
link has been copied
255
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000004493958/komunitas-pemain-anggar-fencing-atau-suka-sama-olah-raga-anggar-masuk
atlit anggar dari manapun.!!ayo masuk..saling diskusi, tukar informasi, dan sharing ttg anggar..!! klo ada yg berminat jual senjata atau peralatan anggar jg boleh. Thread Rule: diantara kaskuser di trit ini dilarang : -pasang iklan yg lain..kalau mo jual senjata anggar gpp. -ngejer posting, jd hanya mnyampah posting yg ga penting. -SARA - mengejek sesama kaskuser di trit ini. :cystg :cystg :cystg
Lapor Hansip
23-06-2010 22:28

[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!

[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!

atlit anggar dari manapun.!!ayo masuk..saling diskusi, tukar informasi, dan sharing ttg anggar..!! klo ada yg berminat jual senjata atau peralatan anggar jg boleh.

Thread Rule:

diantara kaskuser di trit ini dilarang :
-pasang iklan yg lain..kalau mo jual senjata anggar gpp.
-ngejer posting, jd hanya mnyampah posting yg ga penting.
-SARA
- mengejek sesama kaskuser di trit ini.

emoticon-cystg emoticon-cystg emoticon-cystg emoticon-cystg


Definisi Olah Raga Keren satu ini menurut Wikipedia :


Anggar adalah seni budaya olahraga ketangkasan dengan senjata yang menekankan pada teknik kemampuan seperti memotong, menusuk atau menangkis senjata lawan dengan menggunakan keterampilan dalam memanfaatkan kelincahan tangan. Dalam artian lebih spesifik, anggaran adalah satu satu cabang olahraga yang diajarkan di sekolah - sekolah Eropa pada masa lalu dalam melatih keahlian dalam menggunakan senjata tajam yang akhirnya menjadi salah satu olahraga resmi di Olimpiade.

Etimologi kata "anggar" dalam bahasa Indonesia berasal dari Bahasa Perancis "en garde", artinya dalam Bahasa Indonesia berarti "bersiap". Kata "en garde" digunakan sebelum permainan anggar dimulai, untuk memberi perintah "bersiap" kepada pemain. Dalam bahasa Perancis sendiri anggar disebut sebagai escrime. Walaupun kita menganggap anggar sebagai permainan yang menghibur, sebagai senjata, sebagai sarana pendidikan atau pun olahraga, ternyata anggar mempunyai perjalanan sejarah yang cukup panjang. Kemampuan teknis, catatan pencapaian yang cukup panjang, di luar hal - hal tersebut adalah nilai - nilai yang terkandung dalam permainan anggar sendiri hingga kini masih diajarkan melalui praktik olahraga itu sendiri.

Jika sejarah mengenai anggar ditelusuri, kita akan mengacu pada penggunaan pedang. Sejak dahulu kala, pedang diciptakan sebagai alat untuk melindungi diri. Manusia menggunakan kekuatan dan ketangkasannya, memilih bahan dan alat, meningkatkan ketrampilannya dengan menggunakan kepandaiannya. Semua itu merupakan latar belakang permainan anggar.

Anggar merupakan salah satu dari sedikit olahraga yang mengakui profesionalisme sebelum tahun 1980an. Bahkan pada peraturan - peraturan awal Olimpiade yang ditulis oleh Baron Pierre de Coubertin (presiden kedua dari International Olympic Committee), dengan jelas menyatakan bahwa pemain anggar profesional yang disebut dengan Masters diperbolehkan untuk ikut bertanding.

Anggar dipertandingkan pada ajang Olimpiade untuk pertama kalinya pada tahun 1896. Merupakan salah satu dari sedikit cabang olahraga yang menjadi program tetap dalam pelaksanaan Olimpiade.

Sejarah Anggar di Indonesia:
Sejarah Masuknya Anggar ke Indonesia

Pada zaman penjajahan Belanda di Indonesia, para tentara Kerajaan Belanda membawa serta olahraga anggar masuk ke Indonesia. Pada saat itu terdapat dus macam tujuan permainan anggar, yaitu untuk berkelahi dan olahraga.

Kemampuan bermain anggar untuk berkelahi diwajibkan bagi setiap tentara Hindia Belanda (KNIL) dengan menggunakan kelewang (pedang) atau sangkur. Sedangkan, permainan anggar untuk olahraga dipersilakan bagi para bintara, perwira, serta mahasiswa.

Tokoh-tokoh militer bangsa Indonesia yang mempunya keahlian bermain anggar pada waktu itu antara lain adalah Drh.Singgih, Soeparman, Maryono, Setu, Warsimin, Paimin Salekan, Atmo Soewirjo, J. Sengkey, Suratman, Mantiri, C.H. Kuron, Mangangantung, dan Soekarno.

Untuk dapat meningkatkan kemampuan bermain anggar maupun olahraga lainnya, KNIL mendirikan sekolah olahraga militer. Sekolah olahraga militer tersebut didirikan guna untuk mendidik para guru anggar, guru renang, dan guru olahraga lainnya. Lembaga pendidikan militer tersebut didirikan di Bandung dan Magelang.

Pada masa penjajahan Jepang, tidak ada informasi yang masuk tentang perkembangan olahraga anggar di Indonesia. Dalam masa perang kemerdekaan, banyak guru anggar yang berasal dari mantan instruktur militer Belanda yang menjadi instruktur di Akademi Militer Yogyakarta. Mereka mengajarkan cara bermain anggar, baik untuk olahraga maupun berkelahi dengan menggunakan sangkur.

Dalam Pekan Olahraga Nasional pertama yang diselenggarakan pada tahun 1948 di Solo, olahraga anggar mulai diperkenalkan serta dieksibisikan oleh para guru anggar mantan instruktur militer Belanda tersebut.

Setelah penyerahan kedaulatan Negara Republik Indonesia, para guru anggar yang tersebar di tanah air mulai mengembangkan olahraga anggar dengan cara mendirikan perkumpulan-perkumpulan anggar di beberapa daerah. Seperti di Sumatera Utara, Jakarta, Bandung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Utara, dan di Sulawesi Selatan.

Perkumpulan anggar di ibukota kita, Jakarta, didirikan oleh Kasimin Atmosoewirjo, Soekarno, dan Drh. Singgih. Di awal tahun 1950, Kasimin Atmosoewirjo mulai mengembangkan olahraga anggar di Jakarta bersama dengan puteranya yang bernama Suratmin.

Perjuangan para guru anggar yang telah merintis olahraga anggar di tanah air selanjutnya dikembangkan oleh para penerus. Baik oleh murid, anak, maupun cucu, sehingga pada saat ini olahraga anggar dapat terus berkembang di berbagai provinsi di Indonesia.

Setelah penyerahan kedaulatan Indonesia oleh pihak Belanda, permainan anggar mulai diajarkan di sekolah olahraga maupun perguruan tinggi olahraga. Di lingkungan akademi militer dan polisi juga sempat diajarkan cara bermain anggar, namun pada akhirnya kurang berkembang.

Dalam perkembangan selanjutnya, olahraga anggar mulai dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Nasional kedua yang diselenggarakan pada tahun 1951 di Jakarta. Setelah itu olahraga anggar selalu dipertandingkan dalam setiap Pekan Olahraga Nasional hingga sekarang.

Senjata Anggar:
Anggar yang dipertandingkan pada olimpiade memainkan tiga nomor, yang dinamakan berdasarkan senjatanya:

* Floret (foil): Pedang yang berbentuk langsing, lentur dan ringan, ujungnya datar atau bulat, tumpul dan berpegas. Bila ditusukkan dapat naik/turun, beratny 500 gram (5 ons). Pelindung tangan yang terdapat pada floret lebih kecil dibandingkan dengan Degen dan Sabel. Ujungnya untuk menusuk dan bagian bawah pedang untuk menangkis dan menekan.
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
untuk sasaran pada senjata Floret
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!

* Sabel (sabre): Pedang yang berbentuk segitiga dan sudutnya tidak tajam, seperti parang kecil, semakin keatas semakin pipih dan ujungnya ditekuk hingga tidak meruncing, beratnya 500 gram. Pelindungan penuh menutupi tangan sampai pangkal tangkai. Bagian atas pedang untuk memarang dan bagian bawah untuk menangkis, serta ujungnya untuk menusuk.
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
Untuk sasaran pada senjata Sabel :
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!

* Degen (epée): Pedang berbentuk segitiga dan berparit, pada pangkalnya tebal dan samping keujung kecil, agak kaku. Ujungnya datar dan berpegas dengan pelindung tangan besar, beratnya 750-770 gram. Bagian bawah pedang untuk menangkis dan ujungnya untuk menusuk.
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
Untuk sasaran pada senjata Degen :
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!

Line, yaitu pembagian posisi tubuh pemain anggar

[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!

Jenis Grip atau pegangan pada pedang anggar ada dua jenis (hanya dipakai dipedang Floret dan Degen saja), yaitu :

* Pistol Grip
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!! [KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!

* French Grip
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!! [KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!


Video:
Permainan Foil putra:

[youtube]HxBHrYloFXw&feature=related[/youtube]

Permainan Sabre putra :



Permainan Epee Putra :



Kalau suka sama infonya jangan lupa kasih rate yah..!! cendol jg boleh

emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 13 dari 14
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
11-08-2016 20:18
Wah saya baru muncul minat sekarang nih.. Untuk umur 21 thn udah telat belum kalau baru mau mulai ikut latihan? Yang usia dewasa biasanya umur-umur brp yg latihan ya?
0 0
0
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
16-08-2016 18:56
Permisi agan agan. Ada info ga tempat latihan di depok?. Umur udh 19 ketuaan ga si?
0 0
0
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
18-08-2016 08:45
Permisi gan, kalo tempat latihan anggar di solo dimana ya? Nyari nyari di gugel cuma dikasih liat berita kejuaraannya doang
0 0
0
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
09-09-2016 13:24
Quote:Original Posted By RizkiAziz
Wah saya baru muncul minat sekarang nih.. Untuk umur 21 thn udah telat belum kalau baru mau mulai ikut latihan? Yang usia dewasa biasanya umur-umur brp yg latihan ya?


Quote:Original Posted By dafifi
Permisi agan agan. Ada info ga tempat latihan di depok?. Umur udh 19 ketuaan ga si?


harusnya sih gak ya gan..soalnya ane sering ngamati atlet2 anggar dunia yg usianya sudah 30 tahun ke atas, ternyata masih main/tanding di kejuaraan internasional..

NB: ane bukan atlet anggar, cuma ane sering mengamati perkembangan olah raga ini sejak dri tahun 2000an.. emoticon-Malu (S)
0 0
0
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
24-09-2016 16:49
Quote:Original Posted By gilangoranganeh
saya gilang dari anggar Jabar..tergabung dlm klub kota bandung.
klo ada yg mau tanya2 ttg anggar dibandung gmn2..silahkan.

Price List Tools..!! Info dapet dari PB. IKASI
Sarung tangan Foil Rp 150,000.00
Sarung Tangan Sabre Rp 150,000.00
Pedang Foil complit France Grip Rp 450,000.00
Pedang Sabre Complit France Grip Rp 450,000.00
Pedang Epee Complit France Grip Rp 450,000.00
Pedang Foil complit pistol Grip Gold Rp 650,000.00
Pedang Sabre Complit pistol Grip Gold Rp 650,000.00
Pedang Epee Complit pistol Grip Gold Rp 650,000.00
Metalik Jaket Foil Rp 750,000.00
Metalik Jaket Sabre Rp 850,000.00
Mask wire Sabre Rp 50,000.00
Body Wire Epee Rp 150,000.00
Body Wire Foil Rp 150,000.00
Master fencing Suite ( baju pelatih ) Rp 1.500.000.00
Mask Foil Rp 750,000.00
Mask Sabre Rp 750,000.00
Women Chest Protektor Rp -
Favero arm (Scoring Board) -05 Rp 30,000,000.00
Almunium Piste (Landasan Bertanding) Rp 48,500,000.00

Pricelist weapon dan mask diatas adalah yang buatan Cina.jd terbilang murah krn masih dibawah 1jt. tp untuk mask dan baju walaupun sudah memenuhi standar tekanan seperti mask 350 Newton tetapi belum memiliki sertifikat FIE. jadi untuk kejuaraan open internasional belum dapat digunakan yang buatan Cina. tapi kalau kejuaraan nasional masih bisa digunakan.

dibawah ini saya kasih Price list yang sudah mendapat sertifikat FIE untuk Weapon, Mask, Handschuhe(sarung tangan) dll. yang didapat dari [url]www.allstar.de[/url] di Jerman
kalau beli di Indonesia wajar kalau lebih mahal dari harga dibawah, krn ongkir gan emoticon-Big Grin

Contact Allstar
Headquarter Germany

Adresse: Allstar Fecht-Center GmbH & Co.KG
Carl-Zeiss-Str. 61
D-72770 Reutlingen
Tel.: +49 (0)7121/9500-0
Tel.: +49 (0)7121/9500-75 (Export: English, Français, Espanol)
Fax: +49 (0)7121/9500-99
Email: info@allstar.de
www: [url]www.allstar.de[/url]

Geschäftszeiten / Opening hours / Horaire d'ouverture:

Montag bis Donnerstag / Monday to Thursday / lundy au jeudi
8.00 - 12.00 Uhr + 13.00 - 16.00 Uhr

Freitag / Friday / vendredi
8.00 - 13.30 Uhr

Mask Eppe/Degen
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
Price : without tax: 90,76EUR
including tax: 108,00EUR

Mask Foil/Floret
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
Price : 100,00EUR without tax
119,00EUR including tax

Mask Sabre
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
Price : 100,42EUR without tax
119,50EUR including tax

[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
Price : 231,09EUR without tax
275,00EUR including tax


Combi glove (grey/red) for foil and epee, washable
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
Price : 20,17EUR without tax
24,00EUR including tax

Allstar sabre glove (grey/red), washable
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
Price : 20,17EUR without tax
24,00EUR including tax

fencing jacket FIE Athen 800 N women.
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
Price : 115,13EUR without tax
137,00EUR including tax


fencing jacket FIE Athen, men800N all over. With elastic inlets for perfect comfort.For all weapons.
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
Price : 115,13EUR without tax
137,00EUR including tax

fencing breeches FIE "Athen" women, 800N all over. With elastic inlets for perfect comfort. For all weapons.
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
Price : 72,27EUR without tax
86,00EUR including tax

FIE-breeches for men "Startex"800N, made of strongestfull-stretch fabric, single layer material. For all weapons.
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
Price : 126,05EUR without tax
150,00EUR including tax

adidas fencing shoes "d'Artagnan"phase-out model
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
Price : 46,22EUR without tax
55,00EUR including tax

Fencing stockings allstar "Special"
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
Price : 6,72EUR without tax
8,00EUR including tax

Electric foil compl. withallstar-Super blade blue,with pistol grip
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
Price : 54,74EUR without tax
65,14EUR including tax

Electric foil completeFIE-Maraging blade FS,with pistol grip
Price : 86,55EUR without tax
102,99EUR including tax
NB : Maraging blade merupakan blade yang sangat bagus.

Electric epee completeFIE-Maraging Super BF blue,with pistol grip
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
Price : 108,40EUR without tax
129,00EUR including tax

yang biasa Electric epee cpl. "Allstar",with pistol grip
Price : 51,26EUR without tax
61,00EUR including tax

Yang biasa Electric sabre cpl.allstar ECO
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
Price : 42,02EUR without tax
50,00EUR including tax


Electric sabre cpl.FIE Maraging blade Super "BF"
Price : 89,50EUR without tax
106,51EUR including tax

NB : Sebenarnya untuk kejuaraan kelas Dunia spt Olimpiade, kejuaraan Dunia, dll sudah menggunakan wireless jadi tidak ada lagi kabel yang menarik dibelakang pemain. tapi itu pun menggunakan recording board yang khusus dan sensor pada pedang dan masker yang khusus juga, yang harganya lebih dari yang menggunakan kabel. emoticon-Big Grin emoticon-Matabelo

berikut pricelist yang buat wireless
Sensor, cable and fixation
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
Price : 378,15EUR without tax
450,00EUR including tax

Recharging Unit (2 channels) "Wireless 2000"
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
Price : 159,66EUR without tax
190,00EUR including tax

Recharging Unit (10 channels) "Wireless 2000"
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
Price : 695,00EUR without tax
827,05EUR including tax

"Wireless 2000 Foil" Starter Set Complete set for one fencer for wireless foil fencing
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
Price : 1.000,00EUR without tax
1.190,00EUR including tax

"Wireless 2000" Sabre/Personal Equipment
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
Price : 1.000,00EUR without tax
1.190,00EUR including tax

Weeeewww..!! sungguh olahraga yang mahal bukan emoticon-Matabelo

untuk buatan lain selain allstar masih banyak lagi salah satunya http://www.leonpaul.com/ cek aja disitu. leon paul sendiri buatan Inggris emoticon-Big Grin
Unit 14 Garrick Industrial Centre, Irving Way, Hendon, London, NW9 6AQ
Tel: 0845 388 8132
International Tel: 0044 20 8201 7284
Fax: 0044 20 8201 7302
Email: sales@leonpaul.com
The Leon Paul Office opening hours are :
Monday to Friday 9.00am - 5.00pm
The Leon Paul Shop opening hours are :
Monday to Friday 9.00 - 5.00
Saturday 10.00 - 3.00


om saya PM ya....

mungkin ada yang tau distributor alat2 anggar dimana ya....
bagi CP n website dong gan....


trims
0 0
0
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
27-10-2016 16:02
Quote:Original Posted By hamcila


om saya PM ya....

mungkin ada yang tau distributor alat2 anggar dimana ya....
bagi CP n website dong gan....


trims


okok..udah aku bales yah... maaf baru buka kaskus lagi nih mba..
0 0
0
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
27-10-2016 16:03
Quote:Original Posted By makanjajanjalan
Permisi gan, kalo tempat latihan anggar di solo dimana ya? Nyari nyari di gugel cuma dikasih liat berita kejuaraannya doang


gak ada gan di solo..adanya jg di semarang jateng..
0 0
0
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
03-11-2016 01:32
permisi agan, apakah ada info untuk club anggar di surabaya? saya pengen coba, siapa tahu jadi hobi baru
0 0
0
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
12-11-2016 22:18
sori oot dikit.
ada klub HEMA ga di Surabaya?
0 0
0
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
21-11-2016 20:06
Kalo di malang di mana ya kak? Mau coba tapi belum pernah.. ada kontak yg bisa di hubungi gimana ya kak? Lalu biasanya usia untuk jadi atlit brp ya kak?
0 0
0
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
07-02-2017 01:24
Klo di Jember latihan d mana? Lalu pedang Leon Paul belinya dimana?
0 0
0
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
16-03-2017 15:09
Gan info dong mau latihan anggar di jakarta/ depok dimana yah? Sama biayanya brp? Tengkyu, pm ane yak
0 0
0
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
20-03-2017 11:06
Pernah kebingungan cari teman buat main futsal, basket atau olahraga lainnya? Tenang, sekarang sudah ada SukaSPORT PlayGround. Fitur ini adalah wadah komunitas berbagai jenis olahraga mulai dari Futsal, Bola Basket, Bulutangkis, hingga Diving.
Jadi, kamu tak perlu khawatir lagi jika ingin berolahraga. Cukup hubungi kami, beritahu mau olahraga apa, lokasinya dimana, kapan, dan butuh berapa banyak orang. Nanti, SukaSPORT PlayGround akan carikan kamu teman sesuai preferensi aktivitas olahragamu, seru kan?

klik http://sukalive.com/playground/
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
07-06-2017 08:58
ane pernah gabung di klub anggar Aceh Utara dan juga ikut bertanding di beberapa kejuaraan, udh sekitar 3 tahunan ane vakum
sekarang ane mau latihan lagi, mnta info dong tempat latihan di seputaran jakarta (Jaktim khususnya) , trus cara daftar dan syaratnya ada gk ya ??

Mohon Bantuannya emoticon-Matabelo emoticon-Jempol
Tengkyu gan
0 0
0
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
23-08-2018 15:05
mohon info klub anggar di surabaya yang ngadain latihan rutin. thanks
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
24-08-2018 17:23
sundul...
sundul..!!

emoticon-Shakehand2
0 0
0
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
24-08-2018 17:28
Balasan post nyaricharpb
Quote:Original Posted By nyaricharpb
mohon info klub anggar di surabaya yang ngadain latihan rutin. thanks


kalau gak salah di SMP 29 Surabaya...deket SMA 4.
masuk aja kedalem.. tempat latihannya di belakang.

emoticon-Shakehand2
0 0
0
[KOMUNITAS] Pemain Anggar (Fencing) atau suka sama olah raga Anggar masuk.!!
25-08-2018 02:02
Balasan post nyaricharpb
terbuka untuk umum kah? ada kontak yang bisa dihubungi?
0 0
0
Halaman 13 dari 14
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia