AltamishAvatar border
TS
Altamish
Penggunaan Sitrun untuk Pemutih Pakaian
Selamat Malam Agan & Aganwati Sekalian

Ini adalah Thread Pertama Saya sebagi seorang Newbie.
Mohon Koreksi apabila salah kamar atau salah tempat


emoticon-Toast


Bukti No Repost


Spoiler for No Repost:



Sekedar Share Pengalaman Orang Jadul Gan.

Berawal dari keinginan untuk memutihkan baju yang sudah terlihat kumal, maka Saya putuskan beberapa hari lalu untuk membeli pemutih pakaian. Merk pemutih pakaiannya umum yang biasa kita jumpai. Saking semangatnya, langsung saja pakaian seragam putih yang ada Saya rendam dengan larutan air + Pemutih tersebut selama kurang lebih 1 jam.

Dari sinilah permasalahan dimulai, waktu merendam pakain yang terlalu lama ini menyebabkan baju putih Saya seketika itu menjadi kuning pada beberapa titik yang kurang lebih seperti ini :

Spoiler for Kuning:

*hanya contoh

Kekuning-kuningan ada di daerah kerah dan ketiak baju.Karena Saya pikir warna tersebut akan hilang dengan sendirinya setelah kering, maka Saya putuskan untuk menjemur pakaian sampai kering terlebih dahulu.
Keesokan harinya, setelah Baju tersebut kering, ternyata Saya dapati kondisi kekuning-kuningan masih ada pada baju seragam tersebut. Walhasil, rencana terdekat adalah membuang baju yang ada dan membeli baju baru untuk mengganti seragam yang telah dabul ( bahasa Jawa rusak ). Setelah beberapa waktu berpikir agak panjang (mempertimbangkan budget dsb) dan merasa sayang kalau dibuang, akhirnya Saya putuskan untuk bertanya ke Ibu berkaitan dengan cara menghilangkan noda kuning akibat penggunaan pemutih tersebut. Dan Ternyata Berhasil 100 %.

Saya pada akhirnya berkeinginan untuk berbagi kepada Agan/Aganwati semua yang terutama masih ngekos dengan biaya ngepas, atau bagi Ibu Rumah tangga yang memiliki permasalahan yang sama agar permasalahan ini tidak menjadi momok bagi pemilik seragam putih.

Citric Acid atau yang lebih dikenal dengan Sitrun adalah Jawaban dari Permasalahan Noda Kuning tersebut. Tidak sampai 10 menit, noda kuning tersebut hilang. Citric Acid merupakan asam organik lemah yang ditemukan pada daun dan buah tumbuhan genus Citrus (jeruk-jerukan). Senyawa ini merupakan bahan pengawet yang baik dan alami, selain digunakan sebagai penambah rasa masam pada makanan dan minuman ringan ( wikipedia.org) . Citric Acid atu Sitrun sendiri sangat mudah didapatkan dengan cara membeli di toko-toko kelontong sekitar rumah karena biasanya digunakan untuk membuat cuka.

Spoiler for CItric Acid:

*hanya contoh, yang dipasaran ada yang jauh lebih kecil ukurannya

Cara untuk membersihkan baju itu sendiri sangat mudah. Caranya sebagai berikut :
1. Buat larutan sitrun dengan air hangat (seperti membuat air gula) dengan perbandingan sitrun ½ bungkus kecil untuk 1 gelas belimbing
2. Rendam bagian yang kekuning-kuningan dengan larutan tersebut selama tidak lebih dari 1 menit dan perhatikan perubahannya
3. Apabila dirasa perlu, silahkan ulangi sekali lagi proses yang kedua
Demikianlah Gan, Sharing yang bisa Saya berikan sebagai Thread pertama Saya.

Dan bener Gan !!!
Baju yang tadinya kuning pada beberapa bagian tersebut menjadi putih seperti baru



"Yang Saya lakukan ini adalah hasil saran yang diberikan oleh Orang –orang tua jaman dahulu. Banyak pengetahuan dan pengalaman tidak ternilai yang mereka miliki melebihi teknologi yang dipromosikan orang saatini"


Sampai Jumpa di Thread Berikutnya. Semoga Bermanfaat

Spoiler for Tidak Menolak:



Terima Kasih sudah menyempatkan diri membaca.
0
110.5K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.