• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Negara Dengan Kontingen 15 Orang dan Berbagai Fakta Unik Di Balik Asian Games 2018

powerpunkAvatar border
TS
powerpunk
Negara Dengan Kontingen 15 Orang dan Berbagai Fakta Unik Di Balik Asian Games 2018

HOT THREAD KE 262
*24 Agustus 2018*





Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi




Asian Games 2018 kali ini terasa istimewa untuk Bangsa Indonesia. Selain sebagai tuan rumah untuk kali kedua, pesta pembukaan Asia Games kali ini juga terjadi sehari setelah Indonesia memperingati hari kemerdekaan yang ke 73. Opening ceremony yang di gelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) juga berlangsung sangat meriah. Tempat yang sama dengan pembukaan Asian Games 56 tahun yang lalu ini kini jadi saksi bersejarah untuk kedua kalinya.

Apalagi, penyelenggaraan Asian Games kali ini juga bertepatan dengan kali ke 18 sejak Asian Games pertama kali di gelar pada. Tanggal pembukaannya pun cukup unik : 18 - 8 - 18. Selain fakta tersebut, masih ada beberapa fakta unik lain terkait dengan kontingen pada even Asian Games 2018 ini.



Pertama.


Total jumlah atlet yang bertanding pada Asian Games 2018 kali ini seluruhnya berjumlah lebih dari 11 ribu atlet. Namun dari ribuan atlet tersebut, ternyata ada negara yang mengirimkan kontingennya hanya sebanyak 15 orang saja. Negara tersebut adalah negara tetangga kita, Brunei Darussalam. Di susul kemudian dengan Bhutan yang mengirimkan 24 atlet, Kuwait 28 atlet, Lebanon 29 atlet, dan Yaman di posisi ke lima negara yang paling sedikit mengirimkan wakilnya dengan 38 atlet saja.



Kedua.


Jika negara dengan kontingen paling sedikit adalah negara yang notabene wilayahnya kecil, hal sebaliknya untuk negara dengan kontingen terbanyak. China yang secara luas wilayah paling besar, merupakan negara peserta di luar tuan rumah yang mengirimkan atlet paling banyak, dengan total 859 atlet. Atlet - atlet tersebut akan bertanding di seluruh cabang olah raga yang di pertandingkan pada Asian Games 2018 kali ini.



Ketiga.


Sebagai tuan rumah, Indonesia mempunyai kelebihan, salah satunya adalah dapat mengirimkan jumlah kontingen paling banyak. Tahun ini, Indonesia mengirimkan 935 atlet. Namun tidak semua nomor cabang olah raga di ikuti oleh kontingen dari Indonesia. Hanya atletik, kayak, dan kano yang seluruh nomor pertandingannya di ikuti oleh atlet - atlet Indonesia. Di cabang atletik, Indonesia mengutus 58 atlet, sedang di cabang kano Indonesia mengutus 41 atlet.



Keempat.


Cabang olahraga yang di pertandingkan pada Asian Games 2018 ini adalah sebanyak 40 cabang olah raga dan di bagi lagi menjadi 465 nomor pertandingan. Dari sekian banyak cabor dan nomor pertandingan, cabor jetski merupakan cabang olah raga yang paling sedikit di ikuti, dengan hanya 15 atlet yang bertanding. Cabang olah raga senam jadi cabang olah raga paling sedikit kedua yang di ikuti peserta, dengan 56 atlet di seluruh nomor pertandingan.

Itulah beberapa fakta unik di balik kontingen Asian Games 2018 yang di selenggarakan di 2 kota, Jakarta dan Palembang. Kita semua berharap agar para kontingen Indonesia mampu "berbicara banyak" di even kali ini. Apalagi posisi kita sebagai tuan rumah dengan kontingen paling banyak, semoga bisa memberikan keuntungan.






Disclaimer : Asli tulisan TS
Referensi : Ini dan Ini
Sumur Gambar : Om Google






Diubah oleh powerpunk 24-08-2018 14:04
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
13.4K
74
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.