• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • #IniIndonesiaku Menyampaikan Kritik Sosial Secara Elegan Lewat Komik

alisnya.tebalAvatar border
TS
alisnya.tebal
#IniIndonesiaku Menyampaikan Kritik Sosial Secara Elegan Lewat Komik





Kalau bicara soal komik, mungkin agan-agan pasti mikirnya langsung ke negara jepang atau amerika. Ga salah sih memang dari persentase yang ada saat ini. Komik-komik yang ada toko buku memang berasal dari dua negara tersebut. Tapi bukan berarti kita tak punya tokoh-tokoh hebat yang telah bertahan bertahun-tahun dan hidup dari berkarya di dunia komik di Indonesia.

Agan pernah tau komik "Benny & Mice" ? Untuk agan yang pernah membaca harian kompas, mestinya sudah hafal betul dengan komik ini, karena telah dimuat di kompas sejak 2003. Komik karangan Benny Rachmadi dan Muhammad "Mice" Misrad ini seringkali menceritakaan masalah-masalah sosial yang ada di Indonesia, dengan gaya komedi dan hiperboliknya. Komik ini juga cocok untuk dibaca segala kalangan, karena komedinya yang mudah dicerna dari yang muda hingga tua. Namun sayangnya pada 4 juli 2010 adalah penampilan terakhir kolaborasi komik "Benny & Mice", pada minggu berikutnya digantikan oleh "Mice Cartoon" yang digambar sendiri oleh bang mice.

Dengan hadirnya Mice Cartoon, ternyata tidak banyak hal yang berbeda mengenai komedi dan kritik sosialnya yang membuat kita berfikir. Bang Mice sukses melanjutkan karya-karyanya hingga saat ini. Nah di thead ini ane akan begikan mengenai sedikit profil dan karya-karya bang mice.

Bang mice atau nama lengkap "Muhammad Misrad", lahir di jakarta 23 Juli 1970. Yang merupakan lulusan desain grafis fakultas seni rupa, Institut Kesenian Jakarta. Bang mice juga dikenal sebagai dosen dengan mengajar di IKJ.

Kerap kali bang mice menceritakan kehidupan sosial yang tengah terjadi khususnya di Jakarta. Bang mice selalu menggamberkan dirinya sendiri sebagai tokoh dalam komiknya, itu dilakukan agar orang yang disindir melalui komiknya tidak langsung tersinggung. Kisah-kisahnya pun adalah realialita saat ini, karena bagi beliau "Kisah realita itu lebih fiksi dari kisah fiksi itu sendiri".

Beberapa Karyanya antara lain :

Jakarta Luar Dalem (terbit Oktober 2007)


Jakarta Atas Bawah (terbit September 2008)


Lagak Jakarta (terbit 1997-1999,2007 untuk memperingati 1 dekade Lagak Jakarta)


Talk About Hape (terbit Maret 2008)


100 Tokoh Yang Mewarnai Jakarta (terbit 200?)


Lost in Bali (terbit Desember 2008)


Lost in Bali 2 (terbit Juli 2009)


Rumah Mice (2017 terbit di ci*yo komik)


Komik itu budaya, ciri khas bangsa. Namun bang mice mengakui sampai sekarang belum menemukan sesungguhnya komik Indonesia seharusnya seperti apa. Style manga dalam cerita Indonesia menurutnya membingungkan.

Ga nyangka ya gan, dipasar komik yang udah didominasi komik jepang saat ini, masih ada anak bangsa yang terus berkarya di tengah gersangnya industri komik tanah air. Kalau agan ingin baca komik-komiknya bisa baca di Instagramatau langsung di ci*yo komik ya gan.

Untuk agan-agan yang mau memulai bikin komik atau sedang berjuang untuk membuat komik-komik yang menarik, jangan menyerah ya gan. Kalau bisa angkat masalah sosial yang ada di Indonesia juga ya gan, kan banyak banget tuh masalah disekitar kita ini emoticon-Leh Uga Ane pribadi suka baca berbagai macam komik luar dan indonesia, dan mice cartoon adalah salah satu favorit ane. Dan jangan lupa hargai karya anak bangsa ya gan.

Berikut video profil singkat bang mice :


Quote:


Spoiler for Sumber:



Diubah oleh alisnya.tebal 25-08-2018 04:17
0
13.5K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.