Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dimasgaharuAvatar border
TS
dimasgaharu
Mau Beli Emas dalam Gram Kecil? Teliti Plus Minusnya
Mau Beli Emas dalam Gram Kecil? Teliti Plus Minusnya

Pernah beli emas dalam ukuran kecil, gansis? Orang-orang mungkin berpikir berapa pun beratnya tidak akan masalah selam mereka mengumpulkan emas batangan. Namun, pikiran tersebut tidak sepenuhnya benar, lho gansis.

Beli emas dalam ukuran kecil ternyata punya kelebihan yang bisa membantu gansis dalam berinvestasi sekaligus kekurangan yang bisa gansis pertimbangkan. Nah, sebelum gansis membeli lebih banyak emas tidak ada salahnya untuk tahu kurang dan lebih membeli emas bergram kecil berikut ini.

Karena dengan informasi yang lengkap dan pemahaman yang lebih baik, investasi emas batangan bisa dijalankan dengan lebih sempurna! Yuk, mulai!

Nilai Plus

1. Harga Lebih Terjangkau
Beli emas dalam ukuran kecil memiliki kelebihan bagi sebagian orang. Ukuran gram yang kecil otomatis membuat harga beli emas jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan ukuran emas yang besar. Harga yang terjangkau tentunya memungkinkan lebih banyak orang untuk dapat berinvestasi emas batangan.

2. Mudah Dijual Kembali
Bukan berarti emas bergram besar sulit untuk dijual kembali. Misal, bayangkan jika gansis memiliki emas batangan 50 gram, tetapi gansis hanya membutuhkan uang senilai dengan 2 gram emas. Tentu akan lebih praktis menjual satu keping emas daripada menjual 50 gram emas dan sisanya dibelikan emas lagi.

3. Lebih Hemat Saat Digadaikan
Kadang kita tidak punya pilihan lain selain menggadaikan emas yang kita punya. Nah, emas bergram kecil lebih hemat, lho gansis saat digadaikan dibandingkan dengan yang berukuran besar.

Hal ini karena biaya titip tersebut mengacu pada ukuran berat emas (gram) dan bukannya jumlah uang yang dipinjam. Jadi, jika ingin meminjam uang yang nilainya kurang lebih sama dengan 8 gram, gansis bisa menggadaikan empat keping emas 2 gram.

Dengan demikian, biaya titip yang dibebankan hanya 8 gram. Sebaliknya, jika meminjam uang senilai dengan 8 gram dan menggadaikan emas 25 gram, biaya titip yang dikenakan ialah 25 gram. Dengan keadaan seperti itu, gansis membutuhkan uang lebih banyak untuk menebusnya dibandingkan jika menggadaikan emas dengan gram kecil.

4. Lebih Mudah Disimpan
Emas bergram kecil lebih mudah disimpan, bahkan gansis bisa menyimpannya di rumah. Selama kepingan tersebut tidak mencapai puluhan atau ratusan, gansis tidak perlu mengeluarkan biaya lain untuk tempat penyimpanan emas.


Nilai Minus

1. Jika Banyak Akan Sulit Disimpan
Nah, ini kebalikan dari nilai kelebihan sebelumnya, nih gansis. Jika gansis memiliki emas bergram kecil dalam jumlah banyak, gansis akan kesulitan menyimpannya di rumah.

Sebagai contoh, gansis memiliki 50 atau 100 keping emas batangan 10 gram, apakah gansis akan merasa aman menyimpannya di rumah? Bukan hanya tidak aman, menyimpan emas dalam jumlah banyak seperti itu juga tidak praktis.

Sementara itu, jika menitipkannya di bank atau di tempat, seperti Antam, gansis harus membayar biaya tambahan. Hal ini tentu tidak menyenangkan, terlebih jika biaya per bulan atau tahunnya cukup tinggi.

2. Biaya Akumulasi Per Gram Lebih Mahal
Beli emas dalam gram kecil sudah pasti akumulasi harga emas per gram akan lebih mahal karena biaya cetak sertifikat yang tinggi. Sebaliknya, jika beli emas dengan gram besar, akumulasi harga per gram emas bisa lebih rendah.



==========

Jika tidak mau simpan di rumah atau bank, tapi tetap ingin membeli emas, gansis bisa beli emas online. Platform yang menyediakan beli emas online biasanya akan memberikan layanan untuk menitipkan emas gratis.

Seperti di aplikasi e-mas, gansis bisa beli emas online dan emas dititipkan pada aplikasi sampai gansis ingin mengambil atau menjualnya. Di aplikasi e-mas sendiri gansis bisa membeli emas dalam gram kecil mulai dari emas senilai Rp100,- atau biar lebih cepat bertambah beli emas mulai dari Rp10.000,-an.

Lebih mudah dan praktis, gansis. Namun, untuk platform beli emas online ini gansis harus pilih yang terpercaya dan aman. Untuk aplikasi e-mas sih, ane sudah pakai dan coba sehingga aman, gansis.


Sumber

Diubah oleh dimasgaharu 04-10-2018 08:59
0
1.4K
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.