Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Semua Tentang Nyamuk, Yuk Kita Bahas Juragan


Nyamuk, siapa yang ga pernah digigit nyamuk ngacung !! Pastinya juragan semua pernah di higit nyamuk toh mau nyamuk kecil maupun yang guede pasti ada aja yang hingga di kulit juragan.



Nah bicara tentang nyamuk, pastinya juragan penasaran bukan mahluk kecil ini kok buanyakkk banget di bumi, padahal dah dimusnahin secara massal baik itu lewat program pemerintah, pembersihan lingkungan, sampai di cegah dalam hal penelurannya agar musnah dari muka bumi, faktanya si nyamuk makin banyak malahan tanggal 20 Agustus merupakan hari nyamuk sedunia.



Mengapa tanggal 20 agustus menjadi hari nyamuk sedunia ? Hal ini menandai peristiwa 118 tahun lalu ketika Sir Ronald Ross pertama kali berhasil mengidentifikasi nyamuk Anopheles sebagai vektor pembawa Malaria pada manusia. Seperti halnya Malaria nyamuk juga membawa virus cikungunya, Demam berdarah dan virus Nil Barat.

Lalu apakah semua nyamuk menghisap darah ? Sekali lagi jawabannya tidak yang menghisap darah hanyalah nyamuk betina saja ya juragan, sebenarnya mau itu nyamuk jantan maupun betina makanan mereka dari nektar bunga. Pertanyaannya kenapa mereka menghisap darah ? Nyamuk betina menghisap darah karena membutuhkan protein agar telur yang ada dalam tubuhnya dapat berkembang.



Nah proses perkembang biakkan nyamuk ini memang sangat unik, telur yang diberi makan darah hingga berkembang kemudian dikeluarkan nyamuk betina di atas daun lembap atau kolam kering selama musim panas atau musim gugur. Setelah ketemu tempat yang cocok nyamuk betina inipun mulai mengeluarkan telurnya, telur itu dikeluarkan secara berkelompok dalam satu kelompok itu ada sekitar 300 telur, inilah yang menyebabkan nyamuk tak pernah habis di muka bumi, coba saja agan perhatikan nyamuk yang menggigit tubuh juragan di rumah, berarti itu semua nyamuk betina coba dihitung ada berapa nyamuk betina yang nakal hinggap di tubuh kalian, pastinya banyak bukan.



Nah setelah si nyamuk betina bertelur, telur yang ditinggalkan awalnya berwarna putih kemudian menghitam, tak hanya telur larva di dalamnyapun berubah warna sesuai lingkungan. Kemudian larva pun keluar dari telur-telur sesudah masa inkubasi. Larva pun tumbuh dengan cepat dengan banyak makan, larva nyamuk sendiri berganti kulit dua kali lagi sampai selesai berkembang.



Bahkan uniknya larva itu bernapas melalui pipa udara bentuknya bisa dibilang mirip "snorkel" yang digunakan para penyelam. Kemudian larva pun berubah memasuki tahap selanjutnya yaitu menjadi kepompong, hingga akhirnya kepompong pun menjadi sempit dan kemudian di mulailah fase dari seekor nyamuk dewasa.



Bentuk nyamuk yang keluar dari kepompong seperti yang kita lihat saat ini, ketika ia keluar kepompong nyamukpun siap terbang, lengkap dengan semua organ dan organelnya, seperti antena, tubuh, kaki, dada, sayap, perut, dan matanya yang besar.



Akhirnya nyamuk muda pun siap terbang mengitari luasnya dunia hingga mereka dewasa dan untuk yang betina kembali mencari darah untuk sarana agar keturunannya tetap berlangsung hingga hari kiamat tiba.



Namun nyamuk mempunyai tehnik khusus ketika dalam menghisap darah manusia, prosesnya terbilang tidak mudah karena awalnya sang nyamuk menggerakkan rahangnya ke bawah lalu maju-mundur seperti gergaji untuk mengiris kulit dengan bantuan rahang atas. Setelah itu sengat atau belalainya diselipkan melalui irisan pada kulit hingga mencapai pembuluh darah, setelah proses pengeboran berakhir, barulah sang nyamuk menghisap darah.

Yang membuat gatal dari sengatan nyamuk tadi adalah nyamuk mengeluarkan zat cairan pencegah pembekuan darah, karena manusia mengeluarkan enzim untuk membekukan darah secara otomatis.

Ada beberapa jenis nyamuk yang bisa menimbulkan penyakit pada diri manusia diantaranya,

Nyamuk Aedes aegypti

Nyamuk ini dapat membawa virus dengue ( demam berdarah ) dan juga virus yellow fever ( demam kuning ) serta chikungunya. Penyebarannya berada di seluruh wilayah tropis di dunia. Berkembang biaknya di air yang diam dan memggenang bahkan cenderung bersih.

Dan sifatnya yang diurnal alias aktif dikala pagi hingga siang hari bisa menyerang siapa saja, terlebih lagi anak-anak.

Nyamuk Anopheles

Ada ratusan jenis nyamuk anopheles ini dan menjadi penyebab utama malaria, namun hanya 30-40 jenis yang menyebarkan malaria. Penyebarannya pun lebih banyak karena jenisnya yang banyak, terutama nyamuk malaria banyak terdapat di rawa-rawa, saluran-saluran air, dan permukaan air yang terekspos sinar matahari sedangkan Ia bertelur di permukaan air, baik itu air payau, air tenang maupun deras bahkan ada yang disekitar pesawahan juga.

Nyamuk ini aktif di malam hari, salah satu ciri khas dari anopheles adalah ketika ia hinggap posisinya menungging.


Nyamuk Culex

Nyamuk ini berkembang biak di tempat yang kotor dan juga rawa-rawa, Nyamuk ini bisa menyebabkan penyakit filariasis atau kaki gajah. Penyakit ini menyebabkan cacing Wuchereria bancrofti dalam darah pasien.

Itulah artikel tentang nyamuk, semoga artikel ini menambah pengetahuan juragan karena nyamuk memiliki keunikan sendiri seperti yang sudah disinggung,

"Sesungguhnya, Allah tiada segan membuat perumpamaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Tuhan mereka, tetapi mereka yang kafir mengatakan, "Apakah maksud Allah menjadikan ini untuk perumpamaan?" Dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan Allah, dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. Dan tidak ada yang disesatkan Allah kecuali orang-orang yang fasik."(Al Baqarah, ayat 26)

Monggo ditunggu caci makinya sambil nyari kopi..



c4punk@2018

Referensi


http://www.apakabardunia.com/2013/06...tidak.html?m=1




Diubah oleh c4punk1950... 22-08-2018 22:31
4
12.4K
92
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.