Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wolfvenom88Avatar border
TS
wolfvenom88
Menkeu Minta Utang Jangan Dipolitisasi, Faisal Basri: Jangan Norak! Semua itu Politis
AKURAT.CO, Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Faisal Basri mengomentari terkait semakin meruncingnya perseteruan antara Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Ketua MPR RI Zilkifli Hasan. Pasalnya, menurut dia, apa yang dipertontonkan oleh kedua pejabat publik tersebut kental dengan nuansa politis.

Faisal menyesalkan, sikap reaksi keras dari Menteri Keuangan yang reaksioner dengan kritikan Zulkifli Hasan. Menurutnya, tidak pada konteksnya Menkeu mengatakan bahwa masalah utang tidak boleh dipolitisasi.

Sebab utang menjadi isu yang potensial di bahas dalam meraih suara pada bursa pilpres dan pileg di tahun 2019 mendatang.

Baca Juga:

Setelah Kepret Menkeu, Rizal Ramli Sebut Menko Darmin 'Telmi'
Bamsoet Prihatin Masih Ada Kasus Stunting
Saling Serang Rustam Ibrahim dan Rachland Nashidik Bahas Ekonomi Masa Jokowi

"Naif kalau seorang Menteri mengatakan politis, tindakan Menteri itu semua politis, APBN itu politis, utang itu tindakan politik. Politik anggaran namanya kalau mau tidak politis jangan di ranah pemerintah karena semua itu nuansanya politis," kata Faisal Basri di Jakarta (21/8).

Faisal menyindir balik pemerintah, sebab apa gerangan motivasi pemerintah menaikkan Gaji PNS, Dana Desa, PKH dan bantuan sosial hingga anggaran infrastruktur. Faisal menduga ada unsur politik di mana pemerintah ingin mendapatkan simpati rakyat demi mendulang suara.

"Jadi kita memilih utang ini untuk naikkan gaji PNS 5% untuk PKH dan lainya, itu kan politis semua untuk narik suara," tambah dia.

Lagi-lagi Faisal mengingatkan semua yang masuk ke ranah legislatif dan pemerintahan tidak bisa begitu saja lepas dari unsur politis. Ia mempertanyakan lantas bagaimana masalah polemik utang jatuh tempo pemerintah pada tahun 2019 mendatang mencapai Rp409 triliun, atau lebih tinggi 6,51% dibanding utang yang harus di bayarkan pemerintah pada tahun ini sebesar Rp384 triliun.

"Jadi tolong deh berhenti berkata semua yang ada di pemerintahan dan DPR itu jangan di politisir, ya semua politik. Norak kalau gitu namanya," pungkasnya.[]

https://m.akuraS E N S O Rid-291806-read-menkeu-minta-utang-jangan-dipolitisasi-faisal-basri-jangan-norak-semua-itu-politis

baiknya junjungan menular kali om fais emoticon-Traveller
1
2.8K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.3KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.