Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dewismangulo95Avatar border
TS
dewismangulo95
Suka Makan Buah Rambutan? Biji Jangan Dibuang, Ini Manfaatnya
Selamat Datang Kembali di Thread Dewisman Gulo


Dalam kehidupan sehari-hari, buah adalah salah satu makan sehat yang harus dikonsumsi misalnya pisang, rambutan, jeruk dll. Jika anda rajin mengonsumsi buah-buahan, maka tubuh anda jadi sehat dan tidak mudah terkena penyakit. Dari buah yang anda konsumsi itu, tahukah kalau biji rambutan itu bisa jadi obat?



Apa saja penyakit yang bisa diobati oleh biji rambutan?

1. Mengobati Diabetes

Biji buah rambutan merupakan salah satu untuk mengobati gula darah tinggi atau yang lebih dikenal sebagai penyakit diabetes. Diabetes memang saat ini tengah menjadi salah satu penyakit yang umum dialami oleh masyarakat karena pola hidup yang tidak sehat. Penyakit ini termasuk penyakit keturunan sehingga apabila anda memiliki riwayat keluarga yang mengidap penyakit diabetes maka harus segera waspada dan antisipasi dengan kondisi kesehatan anda supaya resiko mengalami diabetes dapat dicegah.

Nah, bagaimana cara menggunakan biji rambutan menjadi obat? Caranya sangat mudah dan anda tidak akan bingung serta repot untuk membuatnya. Anda hanya perlu menyiapkan biji rambutan dan jangan lupa untuk mengelupas kulitnya yang agak keras seperti kayu. Setelah itu irislah tipis-tipis biji rambutan dan sangrai tanpa minyak menggunakan api sedang tidak boleh terlalu besar karena nantinya biji rambutan bisa gosong. Setelah dirasa kering dan matang maka selanjutnya adalah menumbuk biji rambutan yang telah disangrai tadi. Setelah tumbukan halus kemudian seduh serbuk biji rambutan dengan menggunakan air panas dan anda bisa meminumnya sebanyak 2 kali dalam sehari secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal. Jika anda kurang suka dengan rasanya maka anda bisa menambahkan gula jawa atau gula batu, madu dan daun sereh untuk mendapatkan rasa dan aroma yang lebih enak.


2. Sebagai Camilan Sehat

Selain dijadikan obat, manfaat lainnya yang bisa diperoleh dari biji rambutan ini adalah menjadikannya sebagai camilan sehat. Anda bisa menjadikannya cemilan saat istirahat dan menonton TV.

3. Mengatasi Sariawan

Dalam biji buah rambutan juga mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga sangat cocok bagi anda yang sedang menderita sariawan. Terkena sariawan memang tidak mengenakan dan membuat anda susah makan bahkan bicara. Oleh karena itu anda sebaiknya tidak membiarkan sakit sariawan karena nantinya sembuhnya bisa membutuhkan waktu yang cukup lama dan membuat anda menjadi kesulitan melakukan berbagai aktivitas. Anda bisa menggunkana biji buah rambutan dengan menjadikannya sebagai camilan sehat yang enak atau air rebusan dari biji buah rambutan yang telah ditambahi madu atau gingseng supaya rasanya lebih enak.

4. Melancarkan Pencernaan

Pencernaan yang sehat merupakan dambaan setiap orang karena dengan memiliki organ pencernaan yang sehat akan membuat anda menjadi lebih sehat dan pastinya dapat mengontrol berat badan. Di dalam biji rambutan juga mengandung serat tinggi sehingga bisa membuat tumpukan makanan yang ada di dalam perut menjadi terurai dengan baik dan menjadi lebih lancar. Selain itu, khasiat lainnya dari serat adalah dapat membuat anda menjadi lebih kenyang lebih lama dan tidak mudah lapar sehingga sangat cocok bagi anda yang saat ini sedang dalam proses penurunan berat badan atau diet.

Itulah 4 manfaat manfaat dari biji buah rambutan yang tidak banyak orang ketahui. Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.



Penulis : Dewisman Gulo
0
2.5K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.