Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ivoox.idAvatar border
TS
ivoox.id
Gandeng Ma’ruf Amin Tidak Menjamin Jokowi Bebas dari Isu Agama
Gandeng Ma’ruf Amin Tidak Menjamin Jokowi Bebas dari Isu Agama


Meski memilih seorang kiai NU yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ma’ruf Amin sebagai cawapres, tidak lantas menjamin Joko Widodo (Jokowi) bakal bebas dari isu agama menjelang Pilpres 2019.

“Tidak ada jaminan bahwa isu agama tidak akan dimainkan,” kata Wakil Ketua Setara Institute Bonar Naipospos, di kantor Setara Institute, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (20/9).

Berdasarkan riset Setara Institute, isu tersebut sudah melekat pada pribadi Jokowi. Seperti pada pemilu tahun sebelumnya, meskipun pasangan Jokowi adalah Ketua Dewan Masjid Indonesia (Jusuf Kalla) isu agama tetap melekat di pihak Jokowi.

“Serangannya akan tetap mengarah ke Jokowi sendiri. Seperti contohnya pada tahun lalu Jusuf Kalla sebagai ketua ikatan masjid tidak menjadi target utama dalam serangan isu agama tersebut,” imbuhnya.

Meski demikian, Bonar berpendapat suara umat Islam pada Pemilu 2019 nanti kepada pihak Jokowi akan meningkat. Sebab, terpilihnya Ma’ruf Amin sebagai cawapres telah menimbulkan simpati masyarakat.

“Saya pikir apa yang ditunjukkan dan dipilih oleh Pak Jokowi ini menimbulkan simpati pada masyarakat banyak. Dukungan terhadap Jokowi secara hitung-hitungan juga sudah menguat sejauh ini,” jelasnya

Selain itu, ia juga berharap agar Jokowi dapat berperan lebih aktif terhadap kasus-kasus pelanggaran kebebasan beragama yang terjadi di masyarakat saat ini.

0
899
14
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.