Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 4 Waktu yang Tepat Untuk Minum Teh Hijau dan Merasakan Manfaatnya Secara Maksimal

allenkAvatar border
TS
allenk
4 Waktu yang Tepat Untuk Minum Teh Hijau dan Merasakan Manfaatnya Secara Maksimal

Teh hijau adalah salah satu minuman kesehatan dan kecantikan yang cukup populer. Namun apakah Anda tahu bahwa ada waktu yang tepat untuk menikmati teh hijau agar nutrisi yang tersedia dapat terserap oleh tubuh dengan baik?

Tidak seperti ajenis teh lain, teh hijau tidak melalui proses oksidasi yang membuatnya lebih sehat. Teh hijau juga kaya dengan mineral, vitamin, dan memiliki sifat anti-radang dan menurunkan resiko untuk penyakit jantung serta jenis kanker tertentu.

Minuman ini juga dianggap sebagai alternatif minuman sehat sejak jaman kuno. Dipercaya memiliki khasiat kuat yang dapat menurunkan kolesterol jahat & trigliserida dalam tubuh. Selain itu, teh hijau juga mengandung antioksidan seperti flavonoid dan polifenol yang bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh.

Mengutip laman Web Boldsky, berikut ini adalah waktu yang tepat minum teh hijau agar mendapatkan manfaat terbaiknya.

1. Jangan minum terlalu pagi

Minum teh hijau dengan perut kosong di pagi hari abisa menimbulkan efek buruk pada hati karena kandungan katekin yang tinggi di dalamnya. Hal ini berdasarkan sebuah riset yang dilakukan pada suplemen diet dengan ekstrak teh hijau. Teh hijau memiliki senyawa yan disebut katekin, sehingga jumlah teh hjiau yang dikonsumi harus dimonitor. Konsentrasi katekin yang lebih tinggi dapat menyebabkan kerusakan hati. Minum teh hijau di pagi hari sekitar jam 10 hingga jam 11 malam atau di awal malam.

2. Minum di sela-sela waktu makan

Anda bisa meminum secangkir teh hijau di sela-sela waktu makan, misalnya 2 jam sebelum atau sesudahnya untuk memaksimalkan asupan nutrisi & penyerapan zat besi. Jika Anda seorang penderita anemia, hindari minum teh hijau bersama dengan makanan. Menurut National Cancer Institute, katekin antioksidan yang ada dalam teh hijau menghambat penernaan dan penyerapa zat besi dari diet Anda.

3. Minum sebelum olahraga

Teh hijau dapat membakar lebih banyak lemak karena ada kafein di dalamnya. Kafein dapat meningkatkan energi dan vitalitas sehingga Anda bisa berolahraga lebih lama.

4. Dua jam sebelum tidur

Teh hijau bukanlah minuman sebelum tidur. Sebab ada kandungan kafein yang justru mengganggu tidur. Teh hijau juga mengandung asam amino yang disebut L-Theanine yang membuat terjaga dan berkonsentrasi lebih baik. Itu sebabnya, merupakah ide buruk jika diminum sebelum tidur. Sebaiknya minumlah di awal atau dua jam sebelum tidur, karena ini adalah metabolisme terendah dan teh hijau dapat meningkatkannya. 

Sumber: Rumah Cantik Lariska
nona212
nona212 memberi reputasi
1
3.9K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.