Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

LordFariesAvatar border
TS
LordFaries
Dukungan Ahokers untuk Jokowi-Ma'ruf, Menguatkan atau Merugikan?
Dukungan Ahokers untuk Jokowi-Ma'ruf, Menguatkan atau Merugikan?
Pemilihan Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin sebagai cawapres oleh Joko Widodo ternyata tak sepenuhnya mendapat penolakan dari pendukung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) atau lazim disebut Ahokers. Hal ini berbeda dengan isu yang berkembang di media sosial beberapa waktu lalu yang mengajak netizen untuk absen memilih alias golput pada Pilpres 2019.

Ajakan itu muncul dari sejumlah pihak terutama yang selama ini mendukung Ahok yang merasa kecewa dengan sikap Jokowi karena memilih Ma’ruf Amin sebagai calon wakilnya pada pilpres tahun depan. Ahokers merasa Ma’ruf adalah otak di balik fatwa penodaan agama yang akhirnya menyeret Ahok ke penjara.

Russel Miracle, seorang Ahoker yang juga aktif menjadi tim kampanye Ahok saat Pilgub DKI Jakarta 2017 menyatakan, posisi Ma'ruf Amin sebagai cawapres tak akan mempengaruhi dirinya dan kawan-kawannya mendukung Jokowi di Pilpres 2019.

“Tentu di Pilpres ini bukan lagi saatnya mengedepankan hal-hal subjektif masa lalu, tapi melihat kepentingan Indonesia ke depan," kata Russel, saat dihubungi Tirto, pada Jumat (17/8/2018).

Tim pemenangan Ahok bidang media ini pun menyebut pasangan Jokowi-Ma'ruf merupakan sebuah upaya untuk meleburkan ketegangan identitas di antara warga Indonesia.

“Kepentingan bangsa yang diemban Pak Jokowi sebagai sahabat Pak Ahok adalah bagaimana mempersatukan semua kepentingan dan kepuasan mereka yang ingin berbhinneka dan berbangsa secara syariah," kata Russel.

Russel memang tak menampik bahwa fatwa penistaan agama yang dikeluarkan Ma'ruf Amin dan kesaksiannya saat di pengadilan cukup memberatkan tim pemenangan Ahok di Pilgub DKI Jakarta, tapi menurutnya itu semua sudah selesai.

"Kiai Ma'ruf dulu memaafkan Pak Ahok saat bersitegang di pengadilan, Pak Ahok juga telah memaafkan Kiai Ma'ruf atas kesaksian dan fatwanya. Jadi semua sudah selesai," kata Russel.

Lagi pula, kata Russel, Ahok sudah menyatakan akan mendukung Jokowi-Maruf dan ingin masuk tim kampanye pasangan petahana ini. “Saya belum bertemu Pak Ahok lagi beberapa waktu ini, tapi dari teman-teman yang sudah bertemu dan bisa saya jamin kebenarannya, mereka menyampaikan sikap beliau begitu," kata Russel.

Mantan Wagub DKI Jakarta, Djarot Saeful Hidayat usai bertemu Ahok, Kamis kemarin (16/8/2018) di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, menyatakan mantan tandemnya dalam memimpin ibu kota tersebut memang mendukung Jokowi.

"Ahok kasih support meskipun tidak masuk tim kampanye gitu ya, tidak harus di panggung," kata Djarot, di Mako Brimob.

https://tirto.id/dukungan-ahokers-untuk-jokowi-ma039ruf-menguatkan-atau-merugikan-cTed

IRONI😁
tien212700
tien212700 memberi reputasi
0
1.6K
17
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.