Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

i.am.legend.Avatar border
TS
i.am.legend.
Merdeka Menurut Ente Seperti Apa Sih?
Merdeka Menurut Ente Seperti Apa Sih?


Hari ini, tepat 73 tahun Indonesia merdeka. Setelah ratusan tahun dalam kungkungan hemogoni negara-negara kolonial, akhirnya bangsa Indonesia dapat menikmati kebebasannya.

Merdeka, adalah sebuah kata yang penuh arti. Merdeka bisa berarti bebas berbuat apa saja, melalukan apa saja, mengekspresikan apa saja. Namun dalam sebuah negara yang berlandaskan pada hukum, sebuah arti kemerdekaan selalu punya pertanggungjawaban. Dan itu adalah arti sebenarnya untuk menggambarkan hak dan kewajiban.

Merdeka Menurut Ente Seperti Apa Sih?

Ekspresi kemerdekaan pada era sekarang ini, banyak diartikan sebagai ekspresi kebebasan yang semau gue. Tanpa berfikir panjang, banyak orang mengekspresikan kebebasan dengan sikap yang kebablasan. Melanggar aturan adalah bentuk kemerdekaan bagi mereka. Sementara banyak orang lain yang lebih bijaksana, mengekspresikan kebebasan itu dengan hal-hal yang lebih bermanfaat.

Didalam dunia maya, sebuah sosial media merupakan ajang melampiaskan kebebasan dan ekspresi. Dengan tulisan, mereka melampiaskan isi hati. Segala macam pendapat dikemukakan, seolah dunia maya adalah dunia tak bertepi. Karena merasa tak bertepi, maka mereka begitu bebas bergerak, hingga tanpa sadar mereka tergelincir dan jatuh disisi gelap yang tak pernah mereka sadari. Pada akhirnya sebuah penyesalan tak lagi berarti.

Kemerdekaan Indonesia yang telah diperoleh, bukanlah hal yang harus diutak-utik lagi. Mungkin banyak hal yang harus dibenahi, tapi bukan berarti merombak tatanan hidup yang sudah baik, jauh lebih baik daripada hidup sebagai bangsa jajahan.

Merdeka Menurut Ente Seperti Apa Sih?

Lalu, setelah kita selesai memperoleh kemerdekaan, adakah diantara kamu yamg merasa belum merdeka? Lantas seperti apa kemerdekaan menurut kamu?
=========

Tulisan hasil olah kata TS sendiri.
Gambar milik pihak ketiga, diambil dari Google.

0
1K
13
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.