Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dybala.maskAvatar border
TS
dybala.mask
Seni Bambu Proyek Anies Tenggelam oleh Monumen Selamat Datang
Seni Bambu Proyek Anies Tenggelam oleh Monumen Selamat Datang

Jakarta - Karya seni instalasi bambu Joko Avianto yang dibuat atas permintaan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) menuai beragam reaksi. Salah satunya dari kalangan seni.

Kurator seni Asikin Hasan yang pernah mengkurasi karya Joko Avianto dan tiga seniman lainnya di ajang Frankfurt Book Fair 2015 itu menuturkan karya seni ruang publik, fokus utamanya adalah ruang itu sendiri.

"Menurut saya ruang di sekitar Bundaran HI itu terlalu banyak elemen rupa. Banyak yang simbolik, fungsional, dan lain-lain. Elemen rupanya itu sudah terlalu ramai, sangat ramai malahan," tuturnya ketika dihubungi detikHOT, Kamis (16/8/2018).

Baca juga: Kurator Seni Nilai Instalasi Bambu Proyek Anies 'Kurang Umum' di Bundaran HI

Seni Bambu Proyek Anies Tenggelam oleh Monumen Selamat Datang
Seni Bambu Proyek Anies Tenggelam oleh Monumen Selamat Datang Foto: Instagram Anies Baswedan

Di kawasan Bundaran HI, ada Monumen Selamat Datang yang menjadi landmark dari Ibu Kota. Monumen berupa patung sepasang manusia yang sedang menggenggam bunga dan melambaikan tangan itu memang dibuat untuk menyambut tamu-tamu kenegaraan saat Asian Games pada 1962 silam.

Monumen tersebut, lanjut Asikin, sudah kuat dan menjadi poros bagi semua elemen rupa yang ada di kawasan Bundaran HI. "Hampir tidak ada elemen apapun yang mampu mengalahkan posisinya, yang lain akan tenggelam. Seni bambu itu tenggelam dengan posisi sentral di Bundaran HI," tuturnya mengkritik.

Lantaran kondisi Bundaran HI yang sudah terlalu ramai seharusnya tidak ditambahi. "Problem ruang itu menjadi masalah bagi seni di ruang publik, yang semestinya mempertimbangkan problem elementer lain," kata Asikin.

Baca juga: Seni Bambu Proyek Anies Baswedan Kuat Sampai Enam Bulan

"Sekarang ini banyak bangunan, belum lagi macet. Itu kan jalan utama, dan karyanya tidak memberi nilai apa-apa," lanjut dia lagi.

Sementara itu, Joko Avianto saat dihubungi detiHOT menuturkan sejak pertama kali dipanggil Anies sudah memperlihatkan blueprint MRT di dekat Monumen Selamat Datang. Joko pun mendesain karya bambu sesuai blueprint tersebut.

Instalasinya pun dibuat berdasarkan pandangan dari utara ke selatan dan monumen Selamat Datang juga mengarah ke utara.

""Itu menyambut tamu asing, atlet asing yang berlaga di Indonesia. Kalau saya menghormati titik orientasi itu, jadi arahnya ke patung itu. Kalau patung Jenderal Sudirman juga ke utara, sementara Arjuna Wiwaha ke Selatan. Saya langsung kayak gitu, berhadapan," tuturnya.

Karya seni bambu ciptannya pun mewakili keberagaman seperti suku bangsa Indonesia. "Sebenarnya agak naif, tapi sudah terintegrasi dan ada di karya saya pesannya. Saya ambil dari pasukan Majapahit yang kayak bendera dikibarkan, diarak," ujarnya.

Sang seniman menyebut kekuatan karya seninya itu bisa sampai enam bulan. Namun menurutnya, setiap bulannya ia bakal terus memantau kekuatan bambu-bambu tersebut.

https://hot.detik.com/art/4169098/se...selamat-datang

Tenggelam karena kurang menarik, kena cuaca hujan/panas ambrol tuh duit yg sia2 emoticon-Cape d... (S)

Seni Bambu Proyek Anies Tenggelam oleh Monumen Selamat Datang
Seni Bambu Proyek Anies Tenggelam oleh Monumen Selamat Datang

Seni Bambu Proyek Anies Tenggelam oleh Monumen Selamat Datang

emoticon-Takut emoticon-Takut
Diubah oleh dybala.mask 16-08-2018 06:24
0
9.4K
67
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.