Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kardusvsbaperAvatar border
TS
kardusvsbaper
Rame-Rame Twitter Hashtag #PrabowoSiapJadiImam
Rame-Rame Twitter Hashtag #PrabowoSiapJadiImam
Hukum shalat jumat bagi laki – laki ialah wajib karena shalat jumat seperti halnya shalat lima waktu. Pernyataan ini didasarkan dari sebual dalil yang bisa kita lihat di Al Quran yang sudah disepakati oleh para ulama. Tercantum dalam Al Quran firman Allah Swt surat Al Jumu’ah ayat 9 dengan penjelasan sebagai berikut :
“Hai orang – orang yang beriman, apabila diserukan untuk menunaikan shalat jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkan jual beli.” (QS. Al-Jumu’ah : 9)
Dalil diatas merupakan jelas bahwa setiap kaum laki-laki diwajibkan untuk melaksanakan shalat jumat. Akan tetapi, hal tersebut tidak berlaku bagi Prabowo Subianto.
Menurut kesaksian salah satu warga Hambalang yang menyaksikan langsung bahwa sosok Prabowo Subianto belum pernah terlihat untuk melaksanakan shalat Jumat.
"Selama bertahun-tahun saya tinggal di kawasan ini, belum pernah sekalipun saya melihat langsung Prabowo melaksanakan ibadah shalat jumat. Bukan hanya itu saja, dirinya juga mengaku belum pernah mendengar kegiatan amal yang dilakukan disekitar tempat tinggal beliau". Ujar salah satu warga yang enggan disebutkan namanya itu.
Ternyata, pengakuan salah satu warga Hambalang ini diperkuat dari salah satu kejadian pada saat Prabowo Subianto mencalonkan diri sebagai Calon Presiden pada tahun 2014 silam.
Pada saat itu, Prabowo melakukan kunjungan di Jawa Timur yaitu di Kepanjen Kabupaten Malang dengan agenda shalat jumat di Masjid Baiturrahman. Akan tetapi, dengan padatnya agenda yang dilalui membuat Prabowo terpaksa harus absen shalat jumat.
"Rencananya, beliau akan melakukan shalat Jumat di Masjid Baiturrahman tetapi akhirnya batal," kata Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Malang Subhan saat ditemui di salah satu hotel Kota Malang Jum'at (6/6).
Sampai di kota Malang, Prabowo singgah sebentar untuk transit di OJ Hotel sebelum melanjutkan perjalanan ke Pasuruan dengan naik helikopter.
"Rencananya menggunakan perjalanan darat, tetapi untuk efisiensi waktu akhirnya menggunakan helikopter," tuturnya.
Saat ditemui wartawan di Kota Malang, Prabowo sendiri enggan diwawancarai. Keluar dari hotel, Prabowo langsung masuk ke mobil didampingi Ketua DPD Partai Gerindra Jatim Supriyatno dan ajudan dari pusat.
"Tidak perlu wawancara ya," kata Prabowo saat meninggalkan hotel.
Pemimpin kaum muslimin yang terbaik adalah yang berbuat kebajikan dan menjaga shalat. Selama ia masih menjaga shalat walau berbuat zhalim, ia tetap ditaati. Begitu berbahayanya jika pemimpin tersebut meninggalkan shalat.
Dari Ummu Salamah radhiyallahu ‘anha, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
سَتَكُونُ أُمَرَاءُ فَتَعْرِفُونَ وَتُنْكِرُونَ فَمَنْ عَرَفَ بَرِئَ وَمَنْ أَنْكَرَ سَلِمَ وَلَكِنْ مَنْ رَضِىَ وَتَابَعَ

“Suatu saat akan datang para pemimpin, mereka melakukan ma’ruf (kebajikan) dan kemungkaran (kejelekan). Siapa yang benci (dalam hati) akan kemungkaran yang dilakukan oleh pemimpin, maka ia sudah bebas dari dosa dan hukuman. Barangsiapa mengingkarinya, maka dia selamat. Sedangkan (dosa dan hukuman adalah) bagi yang ridha dan mengikutinya.” Kemudian para shahabat berkata, “Apakah kami boleh memerangi mereka?” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab,
لاَ مَا صَلوْا

“Jangan selama mereka mengerjakan shalat.” (HR. Muslim no. 1854).
Keadaan ini berlaku bagi orang yang melihat kemungkaran pada pemimpin dan ia tidak mampu mengingkari dengan lisan dan tangannya, maka ia mengingkari dengan hatinya. (Lihat Syarh Shahih Muslim, 12: 212).
Hadits ini menunjukkan bahwa siapa yang tidak mampu mengingkari kemungkaran, maka ia tidak berdosa ketika ia diam. Akan tetapi yang terkena dosa dan hukuman tatkala ridha, tidak mengingkari dalam hati atau mengikuti kemungkaran pemimpin tersebut. Dan juga terdapat pelajaran berharga, tidak boleh keluar dari ketaatan pada pemimpin karena melihat kezhaliman atau kefasikan yang pemimpin perbuat, selama tidak merubah aturan (kaedah) Islam.


Quote:

Sumber Berita : http://wartakota.tribunnews.com/2018...abowo?page=all

Yuk Yuk Gaes, Ramein...

emoticon-Wowemoticon-Wowemoticon-Wow
0
4.5K
72
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.