Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rinaldikarzaAvatar border
TS
rinaldikarza
Tokoh dan Relawan Jokowi-Ma’ruf Siap Hadang Serangan Keji dan Hoaks
Tokoh dan Relawan Jokowi-Ma’ruf Siap Hadang Serangan Keji dan Hoaks
Pasangan Capres-cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin(ist)


Jakarta – Guna mengantisipasi dan menghadang serangan keji dan hoaks yang dialamatkan kepada pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Koalisi Indonesia Kerja (KIK) yang terdiri dari gabungan parpol pengusung dan pendukung siapkan sejumlah strategi pemenangan Pilpres 2019.

Adapun strategi yang kini tengah rancang adalah menyiapkan sejumlah figur-figur yang mampu meredam dan menangkal serangan keji dan hoaks yang kerap menimpa Jokowi-Ma’ruf dalam pelaksanaan Pilpres 2019.


Menurut Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, serangan yang menimpa Jokowi-Ma’ruf berupa hoaks atau kampanye hitam cenderung berlebihan dan keji. Untuk itu perlu dipersiapkan figur-figur yang mampu menangkal dan melindungi pasangan ini laksana tameng. “Ada yang menjadi tamengnya Pak Jokowi, tamengnya Kiai Ma’ruf, menghadapi berbagai serangan lawan, bahkan seringkali terlalu keji serangan itu disampaikan,” ucap Hasto sebelum pertemuan dengan sejumlah relawan Jokowi di Posko Cemara, Selasa (14/8/2018).


Hasto mengungkapkan nantinya para tameng pelindung Jokowi-Ma’ruf harus paham dengan skala prioritas kerja, matang dalam aspek-aspek strategis komunikasi politik. Namun yang terpenting adalah memiliki jiwa kenegarawan. “Terlalu agresif juga kurang bagus ya. Kita ini karena bangsa Timur ya sangat memahami kebudayaan kita. Punya semangat juang. Ini kan dari kalangan muda dan Pak Jokowi 57 tahun dibandingkan Pak Prabowo 67 tahun. Ini memiliki karakter yang berbeda,” sebut Hasto.

Para Relawan Akan Hadang Serangan Keji dan Hoaks



Sementara itu terkait pertemuan dengan perwakilan relawan Jokowi-Ma’ruf, Hasto menyampaikan bahwa sejumlah organ relawan ini akan disebar ke seluruh Indonesia dan fokus terhadap dua hal. “Relawan terbentuk di seluruh Tanah Air, di mana ada yang fokus pertama di udara membangun narasi keindonesiaan kita dengan prestasi Pak Jokowi, tetapi juga Nawacita II untuk dijabarkan lebih baik lagi,” ungkapnya.



Sedangkan fokus kedua menurut Hasto adalah di darat. Para relawan ini nanti akan bertugas untuk bertempur di darat dengan menggalang berbagai elemen masyarakat. “Kemudian juga di darat berdasarkan segmen pemilih ada yang fokus, bahkan untuk difabel pun ada yang berkonsentrasi ke sana. Ada yang berkonsentrasi untuk kaum perempuan, untuk kaum muda, generasi milenial,” jelas Hasto.



Sementara itu salah satu perwakilan relawan dari Seknas JOKOWI M Yamin menyatakan kesanggupan untuk menjadi tameng Jokowi-Ma’ruf. “Tentu siap dong, relawan lebih militan. Kita akan ofensif di udara maupun di darat,” ujarnya.



Selain itu Yamin juga mengatakan akan ada koordinasi antara relawan dan KIK. Intinya, Jokowi harus dua periode. “Kita kan sama-sama mau menangkan Pak Jokowi, koalisi pasti mau, relawan pasti mau. Pasti sama sama ingin memenangkan Pak Jokowi. Dirumuskan perlahan-lahan. Pertama koordinasi, soal isu penting. Ofensif,” jelasnya.



Yamin menjelaskan pertemuan yang diikuti sekitar 20 perwakilan relawan tersebut akan kembali digelar dengan melibatkan lebih banyak unsur relawan dari berbagai daerah. “Ini baru permulaan nanti akan ada ratusan relawan yang akan diundang. Kita masih bersepakat relawan melakukan kegiatan sendiri dan tim kampanye sendiri. Kita akan samakan frekuensi. Ada sekitar 108 relawan di seluruh Indonesia. Kita akan konsolidasi relawan di daerah-daerah,” tandas Yamin.


Dalam rapat pertemuan dengan sejumlah perwakilan relawan, hadir pula sembilan sekjen parpol pengusung maupun pendukung Jokowi-Ma’ruf, yakni Sekjen NasDem Johnny G Plate, Sekjen Perindo Ahmad Rofiq, Sekjen Partai Golkar Lodewijk Fredrich Paulus, dan Sekjen PKPI Verry Surya Hendrawan.

Sumber

0
1.4K
19
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.