Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

relawan.jokowiAvatar border
TS
relawan.jokowi
Banyak Cara Memerah ASI, Ini Cara Yang Benar
TEMPO.CO, Jakarta - Ada tiga cara sederhana untuk memerah ASI (air susu ibu), yaitu dengan tangan, dengan pompa payudara manual dan dengan pompa payudara elektrik. Namun, memerah ASI juga bisa dilakukan dengan kombinasi perah tangan dan alat pompa payudara.

bu harus ingat untuk tidak memerah ASI sambil menyusui, sebaiknya pastikan bayi mendapatkan semua ASI yang diperlukan terlebih dahulu. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memerah ASI untuk memastikan Anda memerah dengan cara yang benar. Untuk memerah ASI dengan tangan, tentu saja hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencuci tangan. Setelah cuci tangan, letakkan ibu jari dan telunjuk 3-5 centi meter dari puting di bagian atas dan bawah.

“Tekan ke arah dinding dada secara perlahan. Jangan seperti memerah sapi, sakit soalnya,” jelas dr. Ranti A. Hana, Spesialis Anak dari Rumah Sakit Budhi Jaya, di Jakarta Pusat, Minggu 12 Agustus 2018. Tekan terus sampai aliran ASI yang keluar sudah berkurang. Lalu, pindahkan ibu jari dan telunjuk ke samping kiri dan kanan, dan tekan dengan cara yang sama. Setelah aliran ASI melambat, perah payudara yang lain. Hal ini biasanya memakan waktu sekitar 20-30 menit.

Memerah ASI dengan tangan biasanya dianjurkan karena tidak membutuhkan biaya tambahan. Namun, ibu bisa juga memerah ASI dengan menggunakan pompa payudara. Bila memerah dengan tangan dilakukan sebelum menggunakan pompa payudara, hal tersebut akan membantu merangsang MER (Milk Ejection Reflex).

Sedangkan, jika dilakukan setelah menggunakan pompa payudara, memerah dengan tangan dapat mengosongkan payudara dengan mengeluarkan ASI yang tidak diperah dengan pompa. “Pemilihan pompa juga sesuai dengan kebutuhan masing-masing,” kata dr. Ranti.

https://cantik.tempo.co/read/1116793...kan-yang-benar

kami suka asi....
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 19 suara
Bagaimana Cara Memerah Asi Favorit Anda
Dengan Tangan
84%
Memakai Pompa Manual
11%
Memakai Pompa Otomatis
5%
1
8.2K
18
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.3KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.