Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

darrenkiranaAvatar border
TS
darrenkirana
Mengenal Lebih Dekat: Neptunus | All About Neptune


emoticon-Kaskus Banget

Halo agan sista sekalian! Balik lagi sama ane dengan trit tentang planet - planet di tata surya sekaligus merupakan trit terakhir ane tentang planet emoticon-Frown. Mungkin kebanyakan dari ente baru pertama kali baca thread astronomi ane, jadi dsini ane cuman merangkumkan doank, gak sampe detail2 amat, yah itung2 kulit nya udh dicover lah gan hehe, tanpa basa basi lagi langsung aja gan, cekibrot!

Spoiler for "The Return of Neptune" by John Singleton Copley:

Neptunus seperti planet - planet lain nya, dinamai setelah nama dewa Romawi yang kalau di mitologi Yunani adalah Poseidon. Neptunus sendiri adalah dewa laut, anak dari Saturnus dan kakak dari Jupiter dan Pluto. Dinamai Neptunus, karena warna planet tersebut yang menyerupai laut dan juga bulan terbesar Neptunus dinamai setelah anak dari Neptunus yaitu Triton.

Spoiler for Adam(kiri), Verrier(tengah), Galle(kanan):

Neptunus merupakan planet urutan ke delapan di tata surya kita 4,5 juta km dari matahari, sangat jauh dan hanya bisa dilihat menggunakan teleskop. Uranus ditemukan pada tahun 1846 dan penemuanya ini pun bukan kebetulan belaka. Dahulu saat ilmuwan sedang mempelajari Uranus, mereka menemukan sesuatu yang aneh, orbit nya tidak sesuai dengan yang diprediksikan. Ahli matematika Perancis, Urbain Le Verrier menyimpulkan kejadian tersebut dikarenakan keberadaan planet ke delapan, ia memprediksikan keberadaan planet kedelapan dengan matematika mekanika orbital, ia mengirim surat dengan hasil prediksinya ke observatorium di Berlin, lalu ahli astronomi Johann Galle membaca surat nya dan langsung menemukan planet ke delapan malam itu juga, ironis nya seorang ahli matematika inggris bernama John Couch Adam juga memprediksi kan hal yang sama, tetapi Le Verrier lebih cepat dua hari. Bayangin gan telat dua hari buat nama ente dicatat di buku sejarah, lebih sakit dari telat nembak gebetan emoticon-Frown.

Spoiler for Pluto:

Namun seiring waktu, orbit Neptunus juga tidak sesuai dengan yang diprediksikan, ini membuat dunia gempar untuk mencari planet ke sembilan yaitu Pluto. Tetapi, Pluto terlalu kecil untuk menggangu orbit Neptunus. Saat Voyager melewati Uranus dan Neptunus, ia menemukan bahwa massa planetnya berbeda dengan apa yang diukur dari Bumi, saat massa yang baru digunakan di persamaan mekanika orbital, prediksinya menjadi akurat. Akan tetapi Pluto ditemukan secara tidak sengaja yang membuat Neptunus menjadi satu satunya planet di tata surya kita yang ditemukan sepenuhnya dengan matematika, makanya gan belajar mat yg bener mana tau nemuin planet emoticon-Big Grin.

Spoiler for Composition:

Neptunus memiliki banyak kesamaan dengan Uranus, ia juga merupakan "ice giant" dengan intinya yang terbuat dari batu - batuan dan es, mantel nya yang terbuat dari air, amonia dan es metana dan atmosfirnya dari hidrogen, helium dan gas metana. Salah satu perbedaan yg mencolok adalah ukuran nya yang lebih kecil dari Uranus tetapi memiliki massa yang lebih besar yaitu 17 kali massa Bumi yang membuat planet ini lebih padat ketimbang Uranus, dan tidak ketinggalan warna birunya yang lebih gelap ketimbang Uranus yang belum diketahui penyebabnya.

Spoiler for Great Dark Spot:

Neptunus memiliki awan yang terbuat dari metana, amonia dan hidrogen sulfida yang berbentuk seperti ditarik oleh angin yang dikarenakan kecepatan angin di Neptunus mencapai 2000 kph yang mana lebih cepat daripada kecepatan suara di Bumi, ini dikarenakan suhu atmosfir yang dingin sehingga mengurangi gesekan dan membebaskan angin bergerak hingga 2000 kph. Voyager juga pernah menemukan badai raksasa di permukaan Neptunus yang dinamai "Great Dark Spot" tetapi beberapa tahun kemudian saat teleskop Hubble digunakan untuk mengamati Neptunus, badai tersebut hilang, ilmuwan memperkirakan bahwa itu hanyalah topan, memungkinkan kita untuk melihat tembus kedalam atmosfirnya.

Spoiler for Neptune's Ring:

Neptunus memiliki medan magnetik, tetapi seperti Uranus, sumbu medan magnetiknya tidak sejajar dengan sumbu rotasi nya. Neptunus memiliki 3 cincin utama, 2 diantaranya kecil dan satunya lebar. Neptunus juga memiliki lebih dari satu lusin satelit alami, dan yang terbesar adalah Triton dengan diameter 2700 km. Triton mengorbit Neptunus dengan terbalik atau disebut juga "retrograde motion", hampir semua yang kita ketahui tentang Triton diambil dari Voyager 2 yang hanya numpang lewat pada tahun 1989 dan hanya 40% dari permukaanya yang terlihat.

Spoiler for Triton's Surface:

Permukaan Triton dilapisi Nitrogen beku, Carbon dioxida beku dan air beku, dan permukaan nya sangat datar dan hanya memiliki sedikit kawah yang menjadi pertanda bahwa telah terjadi sesuatu beberapa waktu lalu yang melapisi ulang permukaan nya, kemungkinan besar terjadi dari cryovolcano, gunung berapi yang menyemburkan air dan amonia sebagai pengganti magma. Triton juga terlihat mempunyai air mancur panas (Geyser) nitrogen bersemburan di permukaan nya yang membuat Triton sebagai salah satu dari sedikit objek di tata surya yang aktif secara geologis.

Masih banyak yang belum diketahui dari Neptunus karena jarak nya yang sangat jauh dan juga kita hanya pernah melewati nya sekali dengan sangat cepat, yaitu wahana Voyager 2. Dan juga sampai saat ini menurut ane manusia masih lebih fokus untuk meneliti planet yang dapat dihuni untuk masa depan umat manusia, makanya Uranus dikesampingkan dulu yak hahah.

emoticon-Bingung emoticon-Bingung emoticon-Bingung

Akhir kata mohon maaf bila ada salah informasi, bisa di komeng gan apa yang salah biar ane selidiki, maklum gan ane jg manusiaemoticon-Malu. Ane jujur lebih menghargai yang ngebaca sampe abis ketimbang yang komen gk penting (junker) emoticon-Malu (S).
Kalo berkenan
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star
Oh ya kalo mau nambahin jg boleh gan, ditunggu yah di komeng2 dibawah!!



Quote:

Quote:

Diubah oleh darrenkirana 10-08-2018 05:21
2
10.4K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread11.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.