Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gaaliihhAvatar border
TS
gaaliihh
Apa Bedanya Pusing dan Sakit Kepala?





SELAMAT DATANG GAN & SISTA SEKALIAN. SEMOGA GAN  & SISTA SEHAT SELALU

emoticon-Blue Guy Peace


 Hallo gan & sista di seluruh dunia maupun di akhirattt emoticon-Hai , sudah sekian lama nih ane ga bikin thread di kaskus lagi karena faktor kerjaan & jadwal kuliah yang padatt, tp pada kesempatan kali ini ane coba bikin thread lagi nih , semoga thread ini bisa bermanfaat bagi agan & sista yang ganteng dan cantik cantikkk emoticon-Cipok, langsung aja gannn


Apa si beda nya Pusing dengan Sakit Kepala ?

Dulu agan & sista pasti waktu kecil  pernah muter muterrr kayak gangsingg nahh ketika agan & sista berhenti muter muter pastii ngrasain benda benda yg ada di sekitar agan & sista semua seperti melayang layang dan muter muter sehingga ketika agan & sista mau berjalan itu susah dan geleyengan sehingga agan & sista pun akhirnya  terjatuh. Tapi  kenapasih kita bisa pusing ? dan apa bedanya Pusing dengan sakit kepala?
 
Singkat nya kalo pusing, diakibatkan karena ada suatu sensor yg mengatur keseimbangan ditelinga terganggu ,, terus sensor apa itu ? 
Jadi didalam telinga kita ada suatu sensor yg dinamakan labyrinth semicircular canals  gann yang mempunyai fungsi untuk membantu dalam imbangan kedudukan dan keseimbangan. 
  • Terdapat 3 salur separa bulat iaitu salur superior,salur posterior dan salur lateral
  • Terdapat labyrinth membranous di dinding tulangnya
  • Perilimfa di anatara tulang dengan lapisan selaput
  • Endolimfa di dalam ruang selaput
  • Terdapat ampulla di setiap penghujung salur separa bulat

    Ini merupakan bagian yang ada di labyrinth semicircular canals



Spoiler for labyrinth semicircular canals:



tapi kenapa pusing bisa terjadi?

Jadi didalam telinga kita ada suatu cairan yang disebut endolymph , cairan ini akan terus bergerak mengikuti kemana kita akan bergerak , kemudian didalam telinga kita ada bulu atau rambut halus yang mempunyai fungsi sebagai sensor supaya kita kita semua dapat tau ketika kita menghadap kekiri berjalan ke kanan maupun kita sedang duduk ditempat favorit agan & sista semua.  Maka ketika kita berputer dengan cepat , cairan yang ada di bagian ini pun akan berputar juga, dan ketika kita berhenti berputar mendadak maka cairan ini masih akan berputar beberapa saat, hal inilah yang akan membuat otak kita merasa masih berputar dan jadilah pusing.

tapi apakah Sakit Kepala sama penyebabnya dengan Pusing?

Jawabanya , TIDAK

Sakit kepala terjadi karena adanya tekanan dari otot dan pembuluh darah di kepala kita yang mengakibatkan kepala kita seperi ada yang menonjok-nonjok,kepala seperti di ikat dengan tali dengan kuat bahkan mata kita seperti ditusuk tusuk dengan jarum. 

Sebenarnya sakit kepala sendiri terbagi dari 3 jenis :

  1. Faktor Sakit Kepala Tegang
    • Stres atau tekanan (baik secara fisik maupun kejiwaan), serta kegelisahan.
    • Dehidrasi.
    • Kelaparan.
    • Kurang istirahat atau kelelahan.
    • Sinar matahari yang terik.
    • Suara berisik.
    • Aroma tertentu.
    • Postur tubuh yang buruk.
    • Kurang aktif atau tidak banyak berolahraga.
    • Terlalu banyak mengonsumsi kafein, minuman beralkohol, atau merokok.
    • Kondisi lainnya, seperti flu, gangguan pada gigi, atau ketegangan pada mata.


  2. Faktor Sakit Kepala Migrain
    • Faktor hormon. Perubahan hormon menyebabkan sebagian wanita merasakan migrain pada masa menstruasi.
    • Anak-anak yang memiliki berat badan berlebih memiliki risiko terkena serangan migrain lebih sering.
    • Faktor gen. Sekitar setengah pengidap migrain memiliki kerabat dekat yang juga mengalami migrain.
    • Perubahan sementara pada zat kimia, jaringan saraf, otak dan pembuluh darah.
    • Konsumsi makanan dan minuman tertentu. Kafein, coklat, keju bumbu penyedap msakan (misal: MSG), dan alkohol dapat memicu migrain.
    • Faktor pemicu lainnya, seperti stres dan kelelahan turut bisa memicu migrain pada sebagian pengidap.


  3. Sakit Kepala Cluster
    • Jenis kelamin pria. Laki-laki lebih sering terkena sakit kepala cluster dibandingkan perempuan.
    • Usia. Meskipun sakit kepala cluster dapat terjadi pada usia berapa pun, kondisi ini umumnya muncul pada usia 20-50 tahun.
    • Kebiasaan merokok. Kebanyakan penderita sakit kepala cluster adalah orang yang memiliki kebiasaan merokok. Walaupun demikian, menghentikan kebiasaan merokok juga tidak menjamin dapat menurunkan risiko munculnya sakit kepala clsuter.
    • Konsumsi minuman beralkohol. Alkohol dapat memicu terjadinya serangan sakit kepala pada orang-orang yang memang berisiko terhadap kondisi ini.
    • Riwayat keluarga. Seseorang berisiko mengalami sakit kepala cluster apabila memiliki anggota keluarga dengan riwayat tersebut.



    Sebenernya sakit kepala sudah ada sejak jaman dahulu gann, unik nya kalo pada jaman dahulu pengobatan sakit kepala sangat ekstrim , dimana orang yang sakit kepala akan dilubangi kepalanya agar darah kotor yang terinfeksi  dapat keluar sehingga sakit kepalanya itu hilang tetapi banyak juga yang menyebabkan nyawa juga hilang ganemoticon-Mewek
    Spoiler for Otak Akibat metode pelubangan otak:

    Metode penyembuhan sakit kepala yang melubangi bagian kepala dinamakan metode Trepanation gan, metode ini sudah ada sejak 7.000 Tahun Lalu . Buktinya bisa didapatkan dari banyaknya fosil tengkorak manusia berlubang simetris di Peru yang diduga umurnya memang setua itu  Trepanation sendiri  terkenal ketika bangsa-bangsa Eropa zaman pertengahan menjalankan praktiknya. Trepanation adalah metode untuk mengatasi sakit kepala orang-orang kuno dulu, caranya adalah dengan melubangi tengkorak. Ya, dengan berbekal alat-alat mengerikan, tengkorak dilubangi sedemikian rupa. Kita mungkin menganggapnya menyakitkan dan memang seperti itu prosesinya, tapi ajaibnya cara ini katanya selalu berhasil. Bahkan si pasien konon mendapatkan sederet manfaat lainnya.  Ngeri yak gan? untung aja kita hidup di jaman yang sudah ada obat obatan serta lebih maju,ga bisa dibayangin deh kalo kita masih hidup dijaman itu emoticon-Mewekmungkin sekian dulu gan thread ane, semoga dapat bermanfaat buat agan & sista semua di seluruh jagad rayaa , dan jangan lupa kasihemoticon-Toast jika thread ini bermanfaat dan follow juga IG ane : @GalihDwiPangestuu . Sampai jumpaemoticon-Jempol



    sumber : Channel YT : Kok bisa? dan berbagai sumber lainya


Diubah oleh gaaliihh 11-08-2018 12:52
0
4.5K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.