thunderbolt123Avatar border
TS
thunderbolt123
52 Universe Yang Ada di Komik DC
Konsep Multiverse memang jadi konsep yang sudah lama terbangun di dunia komik DC. Multiverse merupakan konsep dimana universe (jagat raya) yang ditempati para karakter DC saat ini merupakan satu dari sekian banyak universe yang ada.

Jika Anda penggemar serial televisi The Flash, Anda pasti sudah familiar dengan konsep satu ini. Bagaikan cermin, 2 bumi yang berbeda bisa memuat karakter yang sama namun memiliki latar belakang yang sangat jauh berbeda.

Misalnya saja Superman (Kal-El), di bumi inti komik DC (EARTH-0), roket yang membawa bayi Kal-El jatuh di Amerika, sedang di bumi lain (EARTH-30), roket yang membawa bayi Kal-El diceritakan jatuh di Rusia. Bisa juga satu bumi dihuni oleh karakter yang sangat berbeda dibandingkan bumi yang lain. Tentu saja, dengan latar belakang yang berbeda, jalinan ceritapun akan jadi sangat berbeda. Inilah esensi dari konsep multiverse.

DC Comics sendiri telah beberapa kali mendaur ulang jumlah universe-nya. Bahkan paska mega event Flashpoint, untuk kesekian kalinya DC Comics kembali menata ulang universe yang ada dikomiknya.

Dan kali ini, duniahero.com akan menjelaskan 52 universe yang ada di komik DC. Disini saya hanya akan fokus menjelaskan berbagai bumi (earth) yang ada di semesta komik DC. Oh ya, saja juga sengaja membagi artikel ini jadi 4 bagian, biar enggak kepanjangan.

Let's check this out.

EARTH-0



Inilah dunia inti dari komik DC karena hampir seluruh cerita dari komik DC berpusat disini. EARTH-0 juga dikenal sebagai New Earth atau Prime Earth dan disebut-sebut sebagai batu pondasi dari struktur Multiversal.

EARTH-0 telah berhasil bertahan dari berbagai serangan, terutama dari serangan besar yang dilancarkan Darkseid dan konco-konconya. Di EARTH-0, para Superhero sedang berada dalam puncak kejayaannya.

EARTH-1



EARTH-1 merupakan dunia yang baru saja tercipta dan belum terbentuk dengan sempurna. Belum banyak superhero yang lahir dari dunia ini, para superhero seperti Batman, Superman, Wonder Woman juga Teen Titans masih terhitung sebagai pendatang baru dan masih meniti karirnya sebagai superhero.

Cerita dari EARTH-1 bisa Anda temukan di komik DC Earth One yang menghadirkan awal perjalanan para karakter populer DC seperti Batman, Superman, Wonder Woman dan Teen Titans. Yang jelas, awal mula perjalanan para superhero di EARTH-1 akan sangat berbeda dengan EARTH-0.

EARTH-2



Didunia ini, Superman, Batman dan Wonder Woman gugur demi menyelamatkan dunia dari serangan pasukan Parademon dan Steppenwolf. Pengorbanan the Trinity memang begitu heroik sekaligus menyedihkan disaat yang sama.

Walaupun pasukan Parademon berhasil dihentikan, namun EARTH-2 masih belum bisa bernafas dengan lega karena ancaman yang lebih berbahaya masih mengintai.

Superhero baru pun terlahir dan siap meneruskan perjuangan the Trinity. Jay Garrick yang baru berusia 21 tahun menjadi The Flash setelah mewarisi The Speed of God dari dewa Mercury, Alan Scott menjadi Green Lantern setelah mendapat kekuatan dari penjelmaan energi bumi.

The Flash dan Green Lantern, beserta superhero lain yang masih bertahan seperti Supergirl, Hawkgirl, Super Woman, Huntress, Doctor Fate, Red Tornado juga Batman dan Superman yang baru akhirnya membentuk kelompok Superhero.

Cerita dari EARTH-2 bisa Anda temukan di komik Earth 2 dan Earth 2: Society yang masih terbit sampai saat ini.

EARTH-3



EARTH-3 merupakan dunia yang cukup mengerikan, disini para manusia super yang seharusnya menjadi superhero yang baik malah jadi penjahat super yang bengis nan sadis, sedangkan para penjahat malah jadi superhero. Dunia ini memang kebalikan dari EARTH-0 atau EARTH-2.

Di EARTH-3, para manusia super seperti Ultraman (kebalikan Superman), Owlman (kebalikan Batman), Super Woman (kebalikan Wonder Woman), Jhonny Quick (kebalikan The Flash), Atomica (kebalikan The Atom), Power Ring (kebalikan Green Lantern), Deathstrom (kebalikan Firestrom), dan Grid (kebalikan Cycborg) membentuk kelompok yang dinamai Crime Syndicate of America. Kelompok ini menjelma menjadi salah satu kelompok penjahat paling berbahaya, bukan hanya di EARTH-3 namun juga diseluruh multiverse.

Yang lebih gilanya lagi, kelompok Crime Syndicate of America pernah datang ke EARTH-0 lewat gerbang yang dibuka oleh Pandora Box. Tentu saja kedatangan Ultraman dan kawan kawan bukan untuk bersiltaruhmi dengan para superhero dari EARTH-0, melainkan untuk menguasai dan menebar teror didunia tersebut.

Teror dari kelompok Crime Syndicate of America di EARTH-0 bisa Anda saksikan dalam mega event Forever Evil yang komiknya sudah diterbitkan pada tahun 2013 silam.

EARTH-4



Hanya ada satu manusia yang anugrahi kekuatan super di EARTH-4, yaitu Allen Adam yang juga dijuluki sebagai Captain Atom. Seperti halnya Captain Atom yang kita kenal, Allen Adam memiliki kekuatan luar biasa layaknya seorang dewa. Allen Adam diberkati "Quantun Sense" yang diakibatkan oleh neo-element tidak stabil yang disebut U-235. Namun Captain Atom tidak menggunakan kekuatannya untuk menjadi superhero.

Dunia ini memang tidak memiliki manusia super yang menjadi superhero, yang ada hanya sebuah kelompok penjaga perdamaian bernama Pax Americana yang beranggotakan Peacemaker, Bluebeetle dan Nightshade. Mereka adalah manusia biasa yang memiliki kemampuan impresif dan memakai kostum ala superhero. Disini, The Question menjadi kriminal yang paling dicari.

Cerita dari EARTH-4 bisa Anda temukan dalam komik Multiversity: Pax Americana yang ditulis oleh Grant Morrison dan sudah diterbitkan pada tahun 2014 silam.

EARTH-5



Dikenal sebagai Thunderworld, EARTH-5 merupakan rumah dari Captain Marvel, Captain Marvel Jr dan Mary Marvel yang dianugrahi kekuatan oleh penyihir agung SHAZAM. Para Marvel tidak berjuang sendiri, mereka senantiasa dibantu oleh pasukan Letnan Marvel.

Para superhero ini bahu membahu berjuang melindungi dunia mereka dari ancaman para penjahat, monster, alien dan dari kegilaan seorang ilmuan gila-tapi-jenius bernama Doctor Sivana.

Cerita dari EARTH-5 bisa Anda temukan dalam komik Multiversity: Thunderworld Adventures yang ditulis oleh Grant Morrison dan sudah diterbitkan pada tahun 2015 silam.

EARTH-6



EARTH-6 merupakan universe DC yang diciptakan oleh Stan Lee. Disini, Superman merupakan polisi kosmik yang diusir dari planet Krypton, Batman merupakan seorang pegulat sekaligus pembasmi kejahatan, Green Lantern memperoleh kekuatannya dari pohon Yggdrasil, Wonder Woman mendapatkan kekuatan dari dewa matahari bangsa Inca, dan SHAZAM yang memiliki perwujudan layaknya monster.

EARTH-7



Dunia ini agak mirip dengan EARTH-8, bisa dibilang para superhero di EARTH-7 merupakan parodi dari superhero lain. Dunia ini dihuni oleh para superhero seperti Crusader yang mirip Captain America, Doc Future yang mirip Reed Richard dari Fantastic 4, Devilfist yang mirip Hellboy, Microbot, Walkure, Golem dan Thundered, inkarnasi dari dewa petir.

Namun sayang, EARTH-7 menjadi korban pertama dari serangan monster Gentry yang berniat untuk menyerang seluruh Multiverse DC. EARTH-7 beserta para superheronya hancur, satu-satunya orang yang betahan hidup didunia ini adalah Thundered yang kemudian selamatkan oleh Nix Uotan.

Kehancuran EARTH-7 bisa Anda saksikan di komik Multiversity #1: Cosmic Neighborhood Watch yang ditulis oleh Grant Morrison dan sudah diterbitkan pada tahun 2014 silam.

EARTH-8



EARTH-8 merupakan parodi dari Marvel Universe. Dunia ini dihuni oleh the incredible Future Family (Fantastic Four), the “neo-human” G-Men (X-Men), Battlin' Bug (Spider-Man) dan the mighty Retaliators (the Avengers) yang beranggotakan American Crusader, Ladybug, Kite, Deadeye, Wundajin, Red Dragon juga Machine Head. Yang jadi villain didunia ini adalah Lord Havok (Doctor Doom).

Konflik antar superhero sering terjadi di EARTH-8, maka tak heran para superhero didunia ini sering bertarung satu sama lain. Ehm, Civil Wars.

EARTH-9



Segala sesuatu di EARTH-9 ini sangat dipengaruhi oleh para superhero dan para villain-nya, mulai dari ekonomi, geografi sampai politik. Atom merupakan superhero paling berpengaruh di EARTH-9, Green Lantern memiliki kemampuan untuk menghidupkan kembali orang yang sudah mati, Batman merupakan roh berbaju besi yang mendeklarasikan dirinya sebagai pejuang keadilan dan telah hidup selama berabad-abad, Flash merupakan bayi pertama yang lahir diluar angkasa, dan Superman merupakan manusia yang super cerdas.

EARTH-10



Disebut juga EARTH-X, dunia dimana para superhero inti DC menjadi pasukan Nazi. Disini, roket yang membawa bayi Kal-L mendarat ditanah yang dikuasai oleh Nazi pada tahun 1938. Tentu saja, bayi Kal-L akhirnya dibesarkan oleh Adolf Hitler.

80 tahun kemudian, paska Jerman menang dalam perang dunia II, Overman memimpin kelompok New Reichsman yang beranggotakan Leatherwing (Batman), Blitzen (Flash), Underwaterman (Aquaman), dan Brunhilde.

Freedom Fighter yang beranggotakan Uncle Sam, The Ray, Black Condor, The Human Bomb, Phantom Lady, Doll Man dan Doll Woman menjadi pihak yang menentang kedigdayaan Nazi juga kelompok New Reichsman.

Cerita dari EARTH-10 bisa Anda temukan dikomik Multiversity: Masterman yang ditulis oleh Grant Morrison.

Spoiler for Sumber:
Putranataditya
Putranataditya memberi reputasi
1
58K
242
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.